5 Pulau Paling Unik di Dunia

Posted by Sangat Unik

Berbicara tentang keindahan alam, pulau adalah salah satu yang wajib disebutkan. Karena banyak pulau yang menjadi tujuan wisata karena keindahan ataupun karena keunikannya. Di pulau juga kita bisa bermain di pantainya, bermain dengan ombak, atau menjelajah bukit, karang, keindahan taman lautnya, atau hal-hal unik dari pulau tersebut. Namun, ada beberapa pulau di dunia yang tergolong unik yang salah satunya terdapat di Indonesia. Berikut adalah 5 pulau yang paling unik di dunia yang dengan keunikannya menjadi tujuan wisata.


1. Samosir: Pulau Terbesar di Dalam Pulau.

Inilah salah satu pulau terunik sekaligus kebanggaan Indonesia. Pulau Samosir diyakini sebagai pulau terbesar yang terdapat dalam sebuah pulau. Luas pulau samosir ini sebear 630km dimana luas ini hampir sebesar luas asli negara Singapura yaitu 714 km2. 630 km2. Pulau ini terletak di tengah Lake Toba, danau besar di Pulau Sumatra. Pulau Samosir ini adalah pulau di tengah Danau Toba. Pulau ini diyakini sebagai pulau terbesar dalam sebuah pulau dengan luas 630 km. Pulau Samosir ini tercipta sekitar 30.000 tahun yang lalu saat terjadi letusan dahsyat gunung api. Sedang danau Toba sendiri tercipta 75.000 tahun lalu yang juga akibat letusan gunung api.


2. Dubai’s Large-Scale Sand Art; Kepulauan Buatan Terbesar di Dunia.
Pulau ini berada di Dubai. Negara yang super kaya itu membangun sejumlah proyek spektakuler berupa pulau-pulau buatan di lepas pantai. Tak hanya sampai di sana mata dunia dibuat kagum oleh Dubai. Negara itu juga menata pulau-pulau buatannya itu menjadi bentuk seperti pohon palem raksasa. Kepulauan ini menjadi proyek reklamasi tanah terbesar di dunia sekaligus kepulauan buatan terbesar di dunia. Pulau-pulau itu adalah Palm Jumeirah, Palm Jebel Ali dan Palm Deira. Kepulauan ini dibuat oleh Sheikh Mohammed Bin Rashid Al Maktoum. Pulau ini dibuat untuk menyedot wisatawan untuk berkunjung ke Dubai.

3. Tristan da Cunha; Pulau Paling Terisolir di Dunia
Pulau ini berada di selatan Samudra Atlantik, tepatnya yakni 2.816 km dari Afrika Selatan dan 3.360 km dari Amerika Selatan. Pulau ini dikeliling oleh pegunungan dan laut. Sehingga, akses ke pulau ini sangat sulit. Karakter alamnya pun sangat sulit ditembus, seperti angin yang sangat kencang. Kondisi geografisnya itu menjadikan pulau ini sangat terisolir dari dunia luar dan dinobatkan sebagai pulau paling terisolir di dunia. Pulau ini berada dalam kedaulatan Saint Helena, Inggris. Penduduknya hanya sekitar 270 orang. Pulau ini ditemukan oleh pelaut Portugis bernama Ilha de Tristan da Cunha pada tahun 1506.


4. Gunkanjima; Pulau Hantu di Tengah Laut.
Pada awal 1900-an, Gunkanjima merupakan pulau yang makmur karena kekayaan batu baranya yang dikelola oleh Mitsubishi Corporation. Bahkan, banyak masyarakat yang merantau ke pulau itu untuk alasan ekonomi. Sehingga pulau itu sangat padat. Namun, saat tambang batu bara yang terus dikeruk itu habis, pulau Gunkanjima pun ditutup. Pulau yang tak memiliki tumbuhan hijau ini lama kelamaan kemudian mati. Lima puluh tahun kemudian, pulau ini mirip pulau hantu. Sehingga sejak tahun 1974-2009, pulau ini dinyatakan tertutup dari pengunjung. Namun baru-baru ini ditetapkan sebagai pulau unik yang dibuka untuk wisatawan. Pulau ini pun didaftarkan sebagai Situs Warisan Dunia Unesco.

5. Peacock; Pulau Suci.
Pulau mungil ini disebut pulau suci karena adanya kompleks Candi Suci Umananda di atas tanah pulau ini. Candi ini dibangun pada tahun 1594 oleh Raja Ahom Assam. Pulau mungil ini berada di tengah Sungai Brahmaputra yang luas di Provinsi Assam, India. Selain candi Umananda, terdapat candi-candi lain di Propinsi Assam. Salah satu candi yang paling banyak dikunjungi adalah candi pemujaan Dewa Siwa. Untuk beribadah di kuil Candi Umananda, setiap orang harus menyeberangi sungai dengan perahu sederhana atau layanan feri yang tersedia dari jam 7 pagi sampai 5 sore.

source: http://sciencemythologi.blogspot.com/2012/02/5-pulau-paling-unik-di-dunia.html