April, Artefak Kapal Titanic Dilelang untuk Umum

Posted by Sangat Unik

Kapal Titanic (Foto: factpedia-dluhansa.blogspot)

Sekumpulan artefak langka yang ditemukan di bangkai kapal pesiar Titanic akan dilelang pada 11 April 2012. Ini dilakukan dalam rangka 100 tahun tenggelamnya kapal tersebut.

Sebanyak 5.000 buah Koleksi artefak kapal pesiar Titanic akan dijual dalam bentuk lelang. Koleksi asrtefak termasuk gelang berlian, jam saku, video penyelaman menuju situs kapal ini, gambar 3D kapal Titanic, dan satu-satunya peta survei situs tenggelamnya kapal pesiar mewah ini.

Sebelumnya, sebuah perunggu papan nama dan tiga barang lain yang ada di perahu penyelamat kapal Titanic telah terjual di New York pada 2006. Lelang artefak Titanic ini dimaksudkan untuk melindungi dan melestarikan peninggalan kapal legendaris tersebut untuk generasi mendatang.

Galangan kapal Harland & Wolff dari di Belfast, Irlandia Utara, meluncurkan Titanic pada 31 Mei 1911. Kapal ini dijuluki "Queen of the Ocean" dan "kapal yang tak dapat tenggelam", tetapi pada 15 April 1912, Titanic tenggelam di Samudra Atlantik setelah menabrak gunung es pada pelayaran perdananya dari Southampton, Inggris menuju New York City, Amerika Serikat. Demikian dilansir Ibtimes, Minggu (19/2/2012).

Situs kecelakaan Titanic, dimana kapal ini tenggelam sejauh 12.400 meter di perairan Atlantik Utara kini dianggap sebagai situs arkeologi oleh undang-undang perlindungan arkeologi Amerika Serikat. Namun karena lingkungan, secara bertahap situs ini dapat menghilang.

"Titanic perlahan dimakan oleh mikroba pemakan besi di dasar laut dan tidak lama lagi akan hilang dan tinggal kenangan," tutur Mark Seller, ketua lelang artefak Titanic. "Karena itu, lebih baik melelang artefak-artefak yang ada di dalamnya agar kenangan kapal legendaris ini tidak terlupakan," tutupnya.

source: http://travel.okezone.com/read/2012/02/18/407/578210/april-artefak-kapal-titanic-dilelang-untuk-umum