Ini Alasan Tidak Meminum Soda

Posted by Sangat Unik

Ilustrasi.
Studi terbaru dari Journal of Internal Medicine juga mengaitkan kebiasaan meminum soda dengan serangan stroke.

Di tengah siang yang terik, sekaleng minuman bersoda rasanya akan nikmat sekali. Itulah yang acap ditampilkan dalam iklan-iklan minuman bersoda. 

Tapi, percayalah, semua minuman bersoda, yang diet sekalipun, memiliki dampak buruk. Berikut, alasan mengapa kita harus meninggalkan mengonsumsi minuman bersoda.

1. Soda membuat gemuk.
Baik regular ataupun yang diet, minuman ringan bersoda terkait erat dengan obesitas. Dalam senuah studi, orang yang meminum diet soda diketahui 70 persen lebih banyak mengalami kenaikan berat badan ketimbang orang sama sekali tidak mengonsumsi minuman ringan.

2. Soda meningkatkan risiko penyakit serius.
Penumpukan lemak di lingkar perut yang disebabkan kebiasaan meminum soda berhubungan erat dengan penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Studi terbaru dari Journal of Internal Medicine juga mengaitkan kebiasaan meminum soda dengan serangan stroke.

3. Regular Soda bisa akibatkan kanker.
Sebuah riset dari University of Minnesota School of Public Health menemukan, meminum dua atau lebih minuman bersoda per pekan meningkatkan risiko kanker pankreas dua kali lipat.

4. Soda buruk buat gigi.
Untuk gigi, gula yang terkandung dalam minuman soda bukan musuh terburuk. Yang menjadu musuh terburuk adalah kandungan asam yang tinggi: phosphoric, malic, citric, dan tartaric acid yang berbahaya bagi enamel gigi.

5. Buruk untuk tulang.
Selain gigi, tingginya tingkat asam juga buruk bagi tulang. Sebabagi pembanding, jika masih mengonsumsi minuman bersoda, kita perlu meningkatkan asupan kalsium harian, 20 mg tiap 350 ml soda.



source: http://www.beritasatu.com/kesehatan/32388-ini-alasan-tidak-meminum-soda.html