17 Aplikasi Mobile Berbahaya di Android Store

Posted by Sangat Unik


Bagi Anda pengguna smartphone Android, ada 17 aplikasi mobile yang perlu Anda waspadai karena dapat merugikan pengguna.

Google yang selalu membersihkan berberapa aplikasi berbahaya yang ada di Android Store atau yang dikenal dengan Google Play, ternyata masih saja kecolongan dengan aplikasi yang dapat merugikan pengguna. Keadaan genting ini, dimana masih terdapat 17 aplikasi mobile yang terdapat di marketplace resmi namun ternyata berbahaya tersebut ditemukan oleh Trend Micro Mobile App Reputation.

Secara keseluruhan, Trend Micro telah menemukan 17 aplikasi mobile berbahaya yang masih bebas didownload dari Google Play: 10 aplikasi yang menggunakan AirPush-berpotensi menghadirkan iklan yang mengganggu dan terlihat menonjol bagi pengguna dan 6 aplikasi yang berisi kode malware Plankton.


Di antaranya, satu aplikasi yang secara eksplisit menggambarkan dirinya sebagai aplikasi mata-mata yang telah ditandai sebagai ancaman oleh Trend Micro karena berpontensi untuk disalahgunakan. Ancaman ini dikenal dengan nama ANDROIDOS_PDASPY.A.

Sebagian besar aplikasi ini telah didonload ribuan kali. Aplikasi PDASpy diatas akan muncul untuk didonload lebih dari 100.000 kali. Secara kolektif, aplikasi yang terdeteksi tersebut telah didonload lebih dari 700.000 kali. Pengguna yang tidak mengaktifkan aplikasi mobile security pun dapat terganggu dengan adanya iklan (AirPush) atau aplikasi (Plankton) yang berbahaya karena terkoneksi dengan C&Cs.

Kami menemukan aplikasi ini sebagai bagian dari upaya Mobile App Reputation (MAR). Kami terus memantau keduanya, baik aplikasi resmi maupun dari pihak ketiga. Untuk kedua aplikasi terbaru yang di-upload dan aplikasi populer untuk kemudian diperiksa. Kami mengamati tidak hanya perilaku yang berbahaya, tetapi juga pemanfaatan bandwidth dan baterai secara rutin.

source: http://www.inibaru.com/2012/05/17-aplikasi-mobile-berbahaya-di-android.html