Sepuluh Pemain Liga Primer Inggris Yang Bakal Hengkang Menjelang Musim 2012/13

Posted by Sangat Unik

Perhelatan Euro 2012 memang telah di depan mata. Tapi, begitu juga dengan bursa transfer awal musim yang kerap menghadirkan kejutan.
Terutama pada musim panas nanti, sejumlah bintang terbesar Liga Primer Inggris agaknya bakal menghadapi dilema terkait masa depan mereka.
Jamie Dunn dari GOAL.com Internasional menganalisa 10 pemain bintang yang hingga kini belum bisa memastikan dimana mereka akan bermain musim depan.


EMMANUEL ADEBAYOR - MANCHESTER CITY
Opsi Tujuan Berikutnya: Tottenham




Setelah mentransformasi lini depan Tottenham, dengan mencetak 17 gol dan menjadi salah satu kunci penting Spurs dalam mengamankan zona Liga Champions, mudah melihat mengapa Harry Redknapp ingin mempertahankan Emmanuel Adebayor, yang masih dalam status pinjaman, di White Hart Lane.
Striker Togo itu tidak memiliki masa depan cerah di Manchester City dan pimpinan klasemen itu tampaknya tidak akan menuntut biaya transfer ekstra besar untuk melepas mantan punggawa Arsenal.
Namun, perihal gaji mungkin akan menjadi masalah dalam mempermanenkan status Adebayor. Saat ini Tottenham hanya membayar sebagian gaji mingguan striker 28 tahun dan belum bisa memastikan apakah Adebayor mau menurunkan permintaannya demi hijrah ke klub London Utara.

NICKLAS BENDTNER - ARSENAL
Opsi Tujuan Berikutnya: Sunderland



Keputusan Arsene Wenger menjadikan Robin van Persie sebagai striker utama menutup peluang Nicklas Bendtner tampil di skuad utama.
Masa pinjaman yang lama di Sunderland memungkinkan striker Denmark memamerkan kebolehannya setiap minggu. Dan, meskipun hanya mampu mencetak delapan gol, striker 24 tahun telah menunjukkan bahwa ketajaman instingnya di depan gawang belum sirna.
Kendati Bendtner menikmati masa pinjamannya bersama Sunderland, seperti halnya yang terjadi pada Adebayor, Martin O’Neill dan para petinggi klub mungkin akan menyoroti masalah gaji. Mengingat durasi kontraknya di Arsenal bakal berakhir dua tahun mendatang, teka-teki dimana dia akan bermain musim depan belum bisa terjawab.

DIMITAR BERBATOV - MANCHESTER UNITED
Opsi Tujuan Berikutnya: Bayer Leverkusen, Borussia Dortmund, Paris Saint-Germain



Dia pernah melakoni musim produktif di Liga Primer, namun Dimitar Berbatov kini tidak lagi menjadi sosok penting dalam perjuangan Manchester United, setelah Sir Alex Ferguson lebih memilih Danny Welbeck dan Chicharito di lini depan.
Kontrak bomber Bulgaria kadaluarsa di akhir musim dan mantan punggawa Tottenham hampir dipastikan hengkang dari Old Trafford untuk mencari pelabuhan baru.
Namun, mengingat keengganan Ferguson berpisah dari Berbatov dengan cuma-cuma, setelah merogoh kocek hingga £30 juta ketika mendatangkannya dulu, United mungkin akan memperpanjang kontraknya selama satu tahun guna mendapat hasil yang sepadan dari investasi mereka.

JOE COLE - LIVERPOOL
Opsi Tujuan Berikutnya: Lille, West Ham



Salah satu ‘korban’ transisi Liverpool, yang melakukan sejumlah transfer meragukan, Joe Cole kini berlabuh di Lille dengan status pinjaman, dan harus bermain bersama pemain-pemain hebat seperti Eden Hazard.
Mantan playmaker Chelsea bisa jadi akan tetap berada di Prancis hingga musim depan, karena dia memiliki opsi untuk memperpanjang masa pinjamannya. Lagipula, peluangnya kembali berkarir di Inggris sangat tipis.
West Ham masih penasaran mengembalikan Cole ke klub masa kecilnya, namun itu tergantung keberhasilan The Hammers kembali ke ajang Liga Primer, di mana final play-offdivisi Championship semakin dekat.


DIDIER DROGBA - CHELSEA
Opsi Tujuan Berikutnya: Shanghai Shenhua



Sebagai ujung tombak Chelsea selama bertahun-tahun, Didier Drogba terus mengancam barisan pertahanan lawan dan menjadi bagian penting dalam perjalanan musim penuh lika-liku di Stamford Bridge. Dia mencetak gol untuk kemenangan Chelsea atas Liverpool di ajang Piala FA dan memimpin barisan depan The Blues dalam menghadapi Barcelona sebelum melangkah ke final Liga Champions.
Akan tetapi, menyusul wacana klub untuk mengurangi pemain-pemain yang mulai menua, Drogba bisa jadi akan berstatus bebas transfer pada musim panas nanti, terlepas dari kualitas yang dimiliki bomber Pantai Gading.
Tentunya banyak klub yang akan mengantre untuk mendapatkan jasa Drogba, termasuk klub Cina Shanghai Shenhua yang ikut ditangani oleh mantan punggawa The Blues, Nicolas Anelka.


ASAMOAH GYAN - SUNDERLAND
Opsi Tujuan Berikutnya: Al Ain



Situasi yang melibatkan Asamoah Gyan merupakan salah satu bagian dari sepakbola moderen. Menjadi pemain termahal yang didatangkan Sunderland dengan nilai £13 juta, bintang internasional Ghana berhasil menarik minat mantan pelatih Sunderland Steve Bruce dan berhasil mencetak 11 gol di musim pertamanya.
Namun, Gyan akhirnya bermain untuk klub Uni Emirat Arab musim ini setelah tergoda dengan kesepakatan pinjaman yang menggiurkan. Alhasil, Bruce dan Sunderland kehilangan daya gedor mereka.
Masa pinjaman Gyan di Al Ain akan berakhir musim panas nanti, namun manajemen klub agaknya cukup percaya diri mempertahankan bintang asal Ghana tersebut. Selain itu, belum bisa dipastikan apakah Martin O’Neill masih berminat membujuk Gyan kembali ke Stadium of Light.

VICTOR MOSES - WIGAN
Opsi Tujuan Berikutnya: Arsenal, Liverpool, Newcastle United



Sebagai bagian penting dari Wigan yang sukses menuai pujian berkat permainan atraktifnya, musim ini Victor Moses menarik minat sejumlah klub usai membuat kejutan hijrah ke DW Stadium dari Crystal Palace, 2010 lalu.
Wigan telah mengamankan posisi mereka di Liga Primer setelah memetik kemenangan atas Blackburn, namun Roberto Martinez mengakui dirinya mungkin akan tetap kehilangan penyerang penuh talenta itu.
Moses tidak akan kehilangan peminat jika dia memaksa hengkang pada musim panas nanti. Wigan sendiri dikabarkan siap mendengarkan tawaran dengan perkiraan biaya transfer £10 juta.


CARLOS TEVEZ - MANCHESTER CITY
Opsi Tujuan Berikutnya: AC Milan, Inter, Paris Saint-Germain, Santos



Sepertinya kita tidak akan pernah tahu persis apa tepatnya yang terjadi antara Carlos Tevez dan Roberto Mancini pada malam bersejarah di Munich, namun kejadian-kejadian setelahnya terus menyimpan kejutan.
Januari lalu, Mancini mengklaim bahwa Tevez tidak akan bermain lagi untuk Manchester City dan nyaris hijrah ke AC Milan. Sementara, striker Argentina juga diminati oleh Inter Milan dan beberapa klub Amerika Selatan lainnya.
Tentu saja, yang terjadi kemudian adalah Tevez kembali beraksi untuk pimpinan Liga Primer di saat yang tepat untuk memperebutkan mahkota juara. Meski demikian, masa depan Tevez di Etihad Stadium selepas Mei nanti toh belum bisa dipastikan.


ROBIN VAN PERSIE - ARSENAL
Opsi Tujuan Berikutnya: Barcelona, Juventus, Manchester City, Real Madrid



Jika peraih penghargaan Pemain Terbaik versi PFA dan FWA musim ini, Robin van Persie, memutuskan meninggalkan Arsenal akhir musim nanti, kita tentunya akan kembali menyaksikan saga transfer yang mirip dengan yang terjadi pada Cesc Fabregas.
RVP dan Arsenal serta Arsene Wenger dipastikan bakal bertemu pada musim panas nanti. Klub London Utara tentunya bakal berjuang habis-habisan menawarkan kontrak baru yang menarik bagi striker Belanda, jika tidak ingin melihat van Persie hijrah ke klub lain tanpa imbalan apapun, musim depan.
Tentu saja, Arsenal akan kembali mendapat pukulan besar jika harus kehilangan kapten mereka hanya satu tahun setelah kepergian Fabregas. Namun, mengingat Arsenal belum bisa dipastikan tampil di Liga Champions musim depan, van Persie tampaknya juga masih sulit menetapkan pilihan.


YAKUBU - BLACKBURN
Opsi Tujuan Berikutnya: Reading, Southampton



Pertarungan Blackburn menjauhi zona degradasi membuat ketajaman Yakubu di depan gawang semakin impresif. Meskipun kerja kerasnya belum bisa membantu Blackburn, bintang Nigeria tentu akan menarik sejumlah peminat pada bursa transfer musim panas nanti.
Klub promosi Southampton dan Reading kabarnya tertarik mendatangkan mantan striker Everton ini, yang masih bisa dibeli dengan biaya cukup kecil, terlepas dari torehan 17 golnya musim ini.

source: http://www.goal.com/id-ID/news/2279/editorial/2012/05/10/3092149/fokus-sepuluh-pemain-liga-primer-inggris-yang-bakal-hengkang