Pisang pun Bisa Menggantikan Fungsi Keyboard Komputer

Posted by Sangat Unik

Setelah 2 tahun mengadakan penelitian, dua mahasiswa,  Jay Silver beserta Eric Rosenbaum dari MIT Media Lab berhasil menciptakan alat yang memungkinkan semua benda bisa berfungsi layaknya keyboard komputer. Bahkan, pisang pun bisa menggantikan fungsi keyboard komputer dengan alat canggih yang di beri nama MaKey MaKey tersebut.
pisang keyboard
MaKey MaKey tidak membatasi benda apapun untuk menggantikan fungsi keyboard pada komputer, kecuali benda yang bersifat gas seperti udara. Fungsi keyboard bisa digantikan oleh benda padat maupun benda cair. Dalam video di bawah di perlihatkan bagaimana pisang dan anak tangga di rumah bisa digunakan untuk bermain piano digital, serta air dalam bak digunakan untuk memainkan game di komputer. Alat ini selain menganalisa sentuhan, juga mampu mengubahnya menjadi perintah bagi komputer layaknya Anda memerintah komputer melalui keyboard.
pacman
Alat ini memiliki papan yang terdiri dari 6 input: atas/bawah/kiri/kanan, space bar, dan mouse klik-kiri. Jika posisi papan dibalik bagian atasnya, maka enam tombol tambahan keyboard tambahan, gerakan mouse, dan mouse klik-kanan dapat diakses.

Cara kerja MaKey MaKey adalah menghubungkan suatu benda dengan menggunakan alligator clip, selama benda tersebut memiliki aliran listrik walaupun hanya sedikit, maka benda tersebut bisa menjadi alat input untuk menggantikan fungsi keyboard sebagai alat input komputer. Bisa dikatakan temuan ini adalah teknologi yang mampu mengubah benda apapun menjadi sebuah touchpads.
Simak video dibawah tentang MaKey MaKey yang merupakan proyek kolaborasi antara SparkFun dan Jay Silver beserta Eric Rosenbaum dari MIT Media Lab, Cambridge, AS.

source: http://www.gadgetflazz.com/pisang-pun-bisa-menggantikan-fungsi-keyboard-komputer/