6 Makanan Laut yang Baik Untuk Kesehatan

Posted by Sangat Unik

Makanan laut atau seafood masih dipandang menjijikkan bagi sebagian orang. Padahal makanan laut sangat kaya akan yodium dan sejumlah besar nutrisi lainnya. Tetapi, mari kita periksa kandungan gizi dari makanan laut di bawah ini satu per satu, seperti yang dilansir di Ourvanity.com.


1. Laminaria. Ini adalah sejenis ganggang yang tumbuh pada kedalaman 50-60 kaki di dasar laut. Laminaria mengandung mineral jauh lebih besar daripada garam, kalium, magnesium, fosfor, besi, aluminium, yodium, brom dan sebagainya. Bahkan, kandungan mineralnya masih lebih banyak jika dibandingkan dengan sayuran atau buah-buahan lainnya. Laminaria merupakan sumber vitamin A, C, dan B. Makanan ini disarankan untuk orang dengan gangguan fungsi ginjal dan metabolisme.


2. Udang. Sama seperti kepiting, udang kaya akan protein, mineral, dan hampir tidak mengandung lemak. Udang memiliki kandungan yodium 100 kali lebih besar daripada daging sapi. Daging udang juga mengandung vitamin B12 yang sangat diperlukan untuk pengembangan hemoglobin dan pemeliharaan sistem saraf.


3. Tiram. Makanan laut ini memiliki kandungan vitamin B dan D yang tinggi dan baik untuk struktur tulang. Kandungan seng dalam tiram berguna untuk sistem kekebalan tubuh.


4. Kerang. Kerang kaya akan selenium (untuk melindungi organisme dari kanker), natrium, kalium, kalsium, magnesium, yodium, boron, kobalt, dan mangan. Cobalt adalah stimulan untuk proses pembentukan darah, berperan aktif dalam sintesis vitamin B12, dan mengaktifkan beberapa formasi fermentasi.


5. Teripang. Makanan ini mengandung tembaga dan besi ribuan kali lebih besar daripada ikan. Bahkan, teripang memiliki kandungan yodium ratusan kali lebih besar daripada makanan laut lainnya. Ini juga sangat kaya akan vitamin C, B12, B1, dan B2.


6. Cumi-cumi. Daging cumi-cumi memiliki kandungan vitamin C, B, nutrisi yang membantu pencernaan dan meningkatkan nafsu makan.


Makanan laut memiliki berbagai manfaat kesehatan. Ini adalah beberapa makanan laut yang kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh. Apakah Anda suka masakan hasil olahan makanan laut?.

source: http://choliknf1998.blogspot.com/2012/05/6-makanan-laut-yang-baik-untuk.html