FBI Ungkap 'Kedekatan' Steve Jobs dengan Narkoba

Posted by Sangat Unik

Federal Bureau Investigation (FBI) merilis file menarik mengenai mendiang Steve Jobs, sang pendiri Apple. File berukuran 191 halaman tersebut adalah bagian dari penelitian latar belakang Steve Jobs pada tahun 1991.

Penelitian dilakukan karena Jobs dipertimbangkan untuk masuk di lembaga Export Council yang dibawahi presiden Amerika Serikat kala itu, George H.W Bush. Isinya antara lain menunjukkan Jobs pernah mengkonsumsi narkoba dan punya sikap yang disebut distorsi realitas.

File dari FBI itu memasukkan hasil wawancara dengan Jobs dan orang-orang yang kenal dengannya. Memang tidak menampilkan hal-hal yang benar-benar baru tentang Jobs. Dalam buku biografi yang ditulis Walter Isaacson, sudah disebutkan dia pernah memakai narkoba dan punya sifat distorsi realitas.

"Beberapa individu yang mempertanyakan kejujuran Jobs menyatakan bahwa Jobs selalu memelintir kebenaran dan mendistorsi realitas untuk mencapai tujuannya," demikian tertulis dalam materi FBI itu. 

Jobs ternyata juga pernah jadi korban pemerasan dengan ancaman bom. Tahun 1985, seorang pria yang tidak teridentifikasi namanya pernah mengancam akan meledakkan bom di rumah berbagai individu termasuk Jobs, kecuali ia dibayar USD 1 juta dolar.

Rekaman file FBI ini bisa diungkap ke publik setelah orang yang jadi subyek investigasi telah meninggal dunia. Hal ini diatur dalam Freedom of Information Act. 

Jobs sendiri akhirnya diangkat menjadi anggota Export Council sampai tahun 1993. Memang meski sifat-sifatnya banyak dipertanyakan, Jobs dinyatakan punya kualitas sebagai orang yang visioner dan karismatik.

Ya, beberapa orang yang diwawancarai FBI menilai Jobs adalah orang yang narsis serta perlu dipertanyakan etik dan moralitasnya. Misalnya, dia pernah mengabaikan begitu saja putri pertamanya, Lisa Brennan.

Jobs kedapatan memakai narkoba dari tahun 1970 sampai tahun 1974. "Ini semasa dia masih di SMA dan kuliah dan dia kebanyakan memakai substansi itu sendirian," demikian tertera dalam laporan tersebut,.



source: http://www.detikinet.com/read/2012/02/13/102806/1840793/398/fbi-ungkap-kedekatan-steve-jobs-dengan-narkoba/?i991102105