Menikah 48 Jam, Facebook Rugi Miliaran

Posted by Sangat Unik


Hadiah pernikahan yang tidak menyenangkan dari bursa saham. Harga saham Facebook melorot 25 persen pada Senin, 21 Mei 2012. Nilai sudah jatuh hanya pada hari kedua penjualan sebagai perusahaan publik. 
Waktu kemunduran ini bersamaan dengan ketidakhadiran perusahaan finansial raksasa Morgan Stanley's sebagai pendukung. Perusahaan ini menyeimbangkan pasar untuk memastikan harga tidak menurun pada Jumat, hari pembukaan penjualan saham Facebook. 
Senin lalu, saham perusahaan asal California ini jatuh dari US$33,67 ke US$4,64 di menit-menit pertama perdagangan. Menurun 12 persen dari penutupan pada Jumat sekitar 24,4 persen dan dari lonjakan sebesar US$45 per saham. 
Bagian saham Zuckerberg turun hampir US$2 miliar dari fluktuasi dan penutupan pada harga US$34. Hanya dua hari setelah Mark Zuckerberg menikah dengan kekasih lamanya, Priscilla Chan. 
Debut bersejarah Facebook pekan lalu begitu bermasalah sehingga Nasdaq mengatakan pada Senin lalu untuk mengubah prosedur IPO. Saham melonjak di antara jutaan pembeli. Kondisi ini menimbulkan pertanyaan terhadap seluruh sistem untuk mendefinisikan nilai Facebook sebenarnya. 
Hampir 581 juta saham diperjualbelikan pada Jumat dalam sekitar 5 jam saat saham mulai dibuka. Pada Senin, volume pun membludak dengan lebih dari 52 juta transaksi saham dalam 15 menit. 
"Itu hanya kesepakatan buruk. Kebetulan itu menjadi kesepakatan terbesar Nasdaq. Yang perlu digarisbawahi, mereka merusak itu," ujar co-manager Themis Trading di Chatham, New Jersey, Amerika Serikat seperti dilansir dari Dailymail.co.uk.
Pada Senin pagi, Nasdaq mengatakan perubahan yang mereka lakukan akan mencegah peristiwa Jumat lalu terjadi lagi. Gangguan ini mencegah pialang mengetahui penyelesaian transaksi mereka selama beberapa jam. Analis mengatakan hiruk-pikuk awal membuat para investor berhati-hati mengenai saham ini. 
Setelah IPO pada Jumat, Zuckerberg tetap melajang dengan menguasai saham terbesar sekitar 503,6 juta saham. Dia mengontrol perusahaan dengan 56 persen saham hak suara. Zuckerberg diyakini telah menerima kesepakatan bernilai sekitar US$20 miliar. 
Menurut pengacara perceraian, menikah menjadi langkah bisnis yang cerdas. Apabila pasangan ini telah menandatangani perjanjian pranikah, maka mereka telah setuju berbagi aset. Jika mereka bercerai, saham Facebook menjadi salah satu harta dalam bagian kesepakatan.
Apabila mereka melanjutkan status quo, Nyonya Zuckerberg berpotensi mengambil aset lebih besar. Menurut pengacara itu, perebutan harta itu termasuk miliaran saham Facebook. 
Jika tidak membuat kesepakatan, hukum perceraian California memiliki prinsip "persamaan kepemilikan". Artinya, apapun dan berapapun yang diterima setiap pihak selama pernikahan, akan dibagi 50-50.
source: http://teknologi.vivanews.com/news/read/315658-menikah-48-jam--facebook-rugi-miliaran