Ajax 45 - 55 Manchester United

Posted by Sangat Unik

Foto: Ilustrasi Okezone


Ajax Amsterdam tengah dalam motivasi tinggi jelang laga kontra Manchester United di leg pertama 32 besar Europa League, dini hari nanti. The Amsterdammers siap membuat United kesulitan di Amsterdam Arena.

Juara empat kali Liga Champions Ajax ditakdirkan bersua United, tim yang juga harus ‘terdegradasi’ ke Europa League menyusul kegagalan mereka bersaing di pentas Liga Champions musim ini.

Namun, meski berlaga di kompetisi yang katanya ‘kelas dua’ ini, atmosfer kompetitif jelas bakal tercipta. Ya, baik Ajax maupun United telah menegaskan bahwa mereka akan tetap bermain serius di Europa League.

Laga dini hari nanti menjadi pertemuan pertama kedua tim setelah terakhir kali bentrok pada 35 tahun silam. Ajax pastinya mengusung misi balas dendam setelah kalah dari United di UEFA Cup (sekarang Europa League) musim 1976/1977.

Saat itu, Ajax yang sempat unggul 1-0 di Amsterdam, harus menerima kenyataan kalah lantaran kalah 2-0 di Old Trafford. Lou Macari dan Sammy McIlroy menjadi pencetak gol yang mengantar United menang agregat 2-1.

Akan tetapi, untuk saat ini misi tersebut nampaknya sulit direalisasikan Ajax. Pasalnya, skuad besutan Frank De Boer tampil inkonsisten di panggung Eredivise musim ini, meski di laga terakhirnya Ajax menang 2-0 atas NAC Breda.

Di laga nanti, Ajax yang untuk sementara masih tercecer di urutan enam klasemen sementara ini akan kehilangan dua jenderal lapangan tengahnya, Theo Janssen dan Eyong Enoh yang terkendala cedera.

Namun, Ajax mendapat kabar gembira menyusul kesiapan tampil dua bek tengah andalannya, Toby Alderweireld dan Jan Vertonghen yang telah pulih dari cedera tampil melawan NAC Breda.

Sementara di kubu lawan, United juga datang tanpa diperkuat sejumlah pilarnya. Ryan Giggs, Dimitar Berbatov dan Patrice Evra sengaja diistirahatkan Ferguson. Begitu juga dengan Nemanja Vidic, Anderson, Anders Lindegaard, Michael Owen dan Darren Fletcher yang masih dibekap cedera.

Meski demikian, Fergie masih bisa tersenyum lantaran beberapa pemain lain sudah pulih dan siap tampil. Tom Cleverley, Nani dan dua bek muda Chris Smalling dan Phil Jones disebut-sebut bakal kembali menjadi andalan Fergie pada laga yang akan disiarkan langsung RCTI mulai pkl 01:00 WIB.

Kepercayaan United kian membuncah menyusul performa konsisten mereka di pentas domestik Premier League di tahun 2012 ini. United tercatat telah memenangi lima dari delapan laga yang mereka mainkan, di mana tiga kemenangan penting berhasil diraih, yakni melawan Manchester City, Arsenal dan Liverpool.

Duel ini juga dipastikan jadi panggung pembuktian Christian Eriksen, striker muda Ajax yang tengah diminati United. Sir Alex Ferguson pun tak menyangkal bila dirinya tertarik untuk meminangnya ke Old Trafford.

“Pemain muda itu mendapat banyak perhatian. Anda tahu, dia adalah pemuda dari Denmark (Eriksen). Kita lihat nanti bagaimana permainannya dan jelas semua mata pasti akan memperhatikannya,” ujar Fergie di situs resmi klub.

Head to head:
UEFA Cup (29/9/1976): Manchester United 2 – 0 Ajax Amsterdam
UEFA Cup (15/91976 ): Ajax Amsterdam 1 – 0 Manchester United

source: http://bola.okezone.com/read/2012/02/16/282/576993/ajax-45-55-manchester-united