Mau Nonton Euro 2012, Hati-hati Kena Tipu

Posted by Sangat Unik

Tenda kamping Euro 2012 di iklan anytrip.com.
Anda yang punya rencana menyaksikan langsung gegap gempita Euro 2012 Polandia –Ukraina harus hati-hati berburu akomodasi untuk menginap karena para penjahatcyber sudah mulai bergentayangan. Salah-salah pesan, gelontoran uang booking yang anda transfer menguap entah kemana. 

Seperti diberitakan Euro-2012news, internet fraudmenjadi sorotan luas belakangan ini memperpanjang daftar masalah tuan rumah dalam menyediakan akomodasi yang terjangkau bagi suporter asing. 

Mahalnya harga hotel dan hostel di kota-kota yang akan menggelar pertandingan, dimanfaatkan para penjahat dunia maya untuk mencari mangsa. Insiden internet fraud yang baru-baru ini terungkap adalah penipuan di balik iklan perkemahan khusus untuk menampung suporter berbudget pas-pasan.

Di sejumlah kota seperti Donetsk dan Kiev, pemerintah kota setempat memang membangun area-area perkemahan khusus Euro 2012 untuk mengantisipasi membeludaknya suporter yang tidak kebagian penginapan di hotel maupun hostel. 

Sementara para penjahat ini menawarkan harga mulai 30 sampai 40 euro per malam untuk satu tenda dengan pilihan fasilitas bervariasi.Tapi pemerintah setempat mencium ketidakberesan. Lokasi yang mereka tawarkan ternyata fiktif. “Semua pemandangan bagus di website semuanya benar-benar penipuan,” kata Ketua persiapan Euro 2012 Kharkiv Alexander Nechiporenko. 

Departemen anti-cybercrime setempat kini terus menyelidiki siapa pelaku-pelaku yang bertanggung jawab memasang informasi palsu tentang perkemahan itu, selain itu mereka juga mencari siapa saja yang sudah menjadi korban.

Pemerintah Kharkiv tidak mau lepas tangan. Mereka berjanji akan membantu para korban terutama para turis asing. Mereka akan ditampung di hotel tambahan dan kamar hostel yang sengaja dibangun untuk pagelaran Euro 2012. 

Yang perlu diketahui, panitia Euro di kota yang terkenal dengan industri kendaraan tempurnya ini tengah menyiapkan area camping Euro 2012 di suatu tempat di jantung kota. Namun tempat itu sudah dibooking oleh fans Belanda. De Oranje akan melangsungkan tiga pertandingan di penyisihan grup di kota ini. 

“Membangun area kamping adalah masalah serius. Fans Belanda beberapa kali datang ke sini untuk melakukan survei air, dan lahan sebelum mereka setuju. Dan tentu saja jika sudah ada kesepakatan tertulis, kami akan menyiapkan semua fasilitas seperti suplai listrik, toilet dan yang lainnya,” kata Alexander. 

Tradisi menjadi ‘manusia tenda’ untuk mendukung timnas juga biasa dilakukan suporter Jerman and Denmark. Sebab itu kemungkinan besar panitia akan membuka dua area perkemahan lain di Kharkiv. “Mereka sudah menanyakan lokasi, tapi itu baru prospek,” Nechiporenko menggarisbawahi.

Sebelum memilih akomodasi, pendiri perusahaan agen perjalanan Monte Travel Martin Roiter menyarankan kepada para suporter untuk menyempatkan waktu melakukan cross check, terutama jika advertising dipasang oleh perseorangan.

“Infrastruktur sampai saat ini belum dibangun. Ini sangat tidak nyaman,” Roiter menjelaskan seraya menambahkan lebih aman mencari kamar di hostel murah atau hotel yang sudah memiliki nama. 

Di Kiev, kamping area sudah disiapkan di sebuah lahan berjarak 8,5 km dari stasiun kereta api atau 45 km dari bandara udara Borispol. Sedangkan jarak ke komplek olahraga Olympiysky di mana kompetisi Euro-2012 digelar berjarak 15 km dari area kamping ini. 

Seperti yang tertera di iklan, suporter bisa menyewa tenda sekira 60 euro per malam, (biasanya di event intrnasional lain hanya 12-14 euro), dengan fasilitas tempat tidur, bantal dan kantong tidur. Namun untuk sanitasi, panitia hanya menyediakan toilet bersama.

Sarana lain yang disediakan adalah tempat parkir mobil, dan kantin-kantin yang menjual snack dan minuman ringan serta lapangan volley pantai. Pengelola juga akan memasang layar besar, untuk suporter yang tidak bisa menyaksikan pertandingan di stadion. Sayang tidak ada akses internet tersedia.



source: http://euro.okezone.com/read/2012/02/15/4/576078/mau-nonton-euro-2012-hati-hati-kena-tipu