Menegangkan! Pilot Dobrak Kokpit Sebelum Germanwings Jatuh

Posted by Sangat Unik

Menegangkan! Pilot Dobrak Kokpit Sebelum Germanwings Jatuh

Temuan mengejutkan muncul dari tragedi jatuhnya pesawat maskapai murah Jerman, Germanwings. Pilot diduga tak bisa masuk ke ruang kokpit karena pintu yang rusak.
Proses investigasi penyebab kecelakaan saat ini masih terus dilakukan. Kotak Hitam (blackbox) berisi rekaman percakapan dari ruang kokpit masih terus dipelajari tim.
Kepala Biro Investigasi Kecelakaan Prancis (BEA), Remi Jouty mengutip laman Time, Kamis, 26 Maret 2015 mengatakan pihaknya memang telah berhasil mendapatkan bunyi dan suara dari rekaman tersebut.
Namun, tambah Jouty, pihaknya belum sedikitpun mendapatkan kejelasan penyebab jatuhnya pesawat yang menewaskan 150 penumpang tersebut.
Kabar mengejutkan justru datang dari seorang penyidik yang meminta tak disebutkan namanya. Laman New York Times melaporkan salah satu pilot terdengar meninggalkan ruang kokpit sesaat sebelum kecelakaan terjadi.
Saat kembali ke ruang kokpit, sang pilot terdengar menggedor pintu kokpit secara keras. Sayang, upayanya itu dikabarkan tak berhasil.
"Orang yang berada di luar terdengar mengetuk pintu, namun tidak ada jawaban," ungkap laporan New York Times. "Lalu dia mengetuk pintu dengan keras, namun tak ada jawaban. Tak pernah ada jawaban lagi."
Mengutip ucapan penyidik, sang pilot terdengar tengah berusaha mendobrak pintu kokpit. "Anda bisa mendengar dia sedang mencoba menghancurkan pintu itu," katanya.
Penyidik yang tak mau disebutkan namanya karena proses investigasi masih berlangsung itu menyebut, tak tahu alasan salah satu pilot meninggalkan ruang kokpit.
Dia juga tak berspekulasi mengapa pilot satu lagi tak berusaha membukakan pintu. Serta berusaha menghubungi menara kontrol ketika kecelakaan terjadi.
Merujuk pada standar penerbangan Amerika Serikat, jika seorang pilot meninggalkan ruang kokpit, tanggung jawab ada di tangan pilot lainnya. Namun belum bisa dipastikan apakan standar yang sama dipakai maskapai penerbangan Eropa.
Sementara itu, pejabat Prancis tetap bungkam dengan hasil penelitian kotak hitam Germanwings. Mereka masih mengatakan penyebab kecelakaan pesawat masih misterius.
"Pada saat ini belum ada penjelasan," kata Jouty. "Satu hal yang tak terbayangkan adalah pilot secara sadar membawa pesawat ke daerah pegunungan." 

source: http://www.dream.co.id/news/menegangkan-pilot-germanwings-coba-dobrak-kokpit-1503266.html