Mereka Berharap Peringatan 9/11 Tanpa Politisasi

Posted by Sangat Unik

Mereka Berharap Peringatan 9/11 Tanpa Politisasi

Peringatan 11 tahun peristiwa serangan 11 September 2001 yang meruntuhkan landmark Amerika Serikat, World Trade Center, segera dilangsungkan.

Namun, berbeda dengan tahun sebelumnya, peringatan 9/11 tahun ini bertepatan dengan pemilihan presiden yang bakal digelar November mendatang. Terkait hal itu, beberapa pihak berharap tidak ada unsur kampanye atau politis untuk peringatan serangan yang menelan 3.000 korban jiwa itu.

Debra Burlingame, saudara dari Charles, pilot yang pesawatnya dibajak hingga jatuh di Pentagon, menyatakan bahwa peringatan tahun ini diharapkan tanpa unsur politis meski kehadiran politisi di upacara peringatan akan membuat suasana lebih berarti.

"Ini adalah hari yang penting, saat kita akan mengingat para korban yang tewas dan bagaimana peristiwa itu terjadi," kata Burlingame.
Menurut Burlingame yang bakal memimpin peringatan 9/11 ini, Presiden Monumen Nasional 9/11 Joe Daniels menginginkan peringatan 9/11 tahun ini bakal mengutamakan keterlibatan keluarga korban dibanding para pejabat politik. "Intinya, Daniels berharap peringatan tahun ini bebas dari unsur politis menjelang pemilu presiden," katanya.
Sementara, para kerabat korban pun setuju atas keputusan tersebut, sebagaimana yang tertulis di editorial Media Boston Globe. "Ini adalah waktunya untuk memperingati 11 September tanpa unsur politis," tulisnya.
Rupanya, keputusan ini ditetapkan menyusul ketegangan yang terjadi antara pihak yayasan monumen nasional dengan Gubernur New York dan New Jersey. Gubernur New York Andrew Cuomo (Partai Demokrat) dan Gubernur New Jersey Chris Christie (Partai Republik) bermaksud memberi dana bantuan peringatan 9/11. Namun, yayasan menolaknya.
Meski diundang pada peringatan 9/11 tahun ini, kedua gubernur tersebut tidak diperkenankan memberi pidato mereka di tengah-tengah acara. "Melarang gubernur New York dan New Jersey untuk berpidato adalah keputusan penting," kata salah satu pemimpin dari perkumpulan keluarga korban, Jim Riches, yang anaknya
tewas di WTC.

source: http://berita.liputan6.com/read/436434/mereka-berharap-peringatan-9-11-tanpa-politisasi