5 Pemain Bola Ternama yang Menderita Asma

Posted by Sangat Unik

Kekuatan pemain sepakbola selain kaki sebagai komponen utama, sempurnanya organ dalam tubuh juga menjadi penunjang utama. jantung dan pernafasan adalah diantaranya. Namun siapa sangka beberapa pesepakbola tersohor justru mengalami masalah dengan pernafasannya atau menderita Asma. Berikut bintang sepakbola yang menderita asma.

1. Paul Scholes (Manchester United/Inggris)
Gelandang yang baru saja memutuskan gantung sepatu bersama klubnya Manchester United dan timnas Inggris didiagnosis menderita asma pada usia 21 tahun. Penyempitan saluran pernafasan tersebut sempat mengancam karier profesionalnya. Terutama setelah ada larangan dari FIFA penggunaan salbutamol, sejenis obat dalam inhaler (obat hirup) bagi pemain sepakbola. Beruntung FIFA melunak dan memperbolehkan penggunaan inhaler, sehingga karier si blonde terus berlanjut hingga usia 36.

2. David Beckham (LA Galaxy/Inggris)
Pemain seangkatan Scholes semasa di akademi sepakbola Manchester United ini juga menderita asma. Meski sempat disembunyikan dari pemberitaan, asma yang diderita suami Victoria Beckham ini akhirnya terkuak. Tepatnya saat final Piala MLS (Liga Sepak Bola AS) melawan Real Salt Lake pada 2009, ketika secara tidak sengaja ada yang melihat Becks menghirup inhaler. Juru bicara Becks, SimonOliveira tidak membatah apa yang diderita mantan kapten timnas Inggris tersebut.




3. Robbie Fowler (Mantan pemain Liverpool/Inggris)
Bagi publik sepakbola Liverpool, Robbie Fowler adalah salah seorang legenda. Kecepatan dan naluri membunuhnya di dalam kotak penalti membuktikan dia seorang striker andal. Hingga tidak sedikit gelar yang telah diberikannya bagi The Reds. Seperti halnya Scholes dan Beckham, Fowler juga memiliki masalah dengan asma. Hanya saja, terapi dan latihan khusus dari dokter pribadinya membatu Fowler bisa tampil layaknya pemain tanpa masalah serius dalam kesehatannya.

4. Frank Lampard (Chelsea/Inggris)
Yang tak kalah mengagetkan adalah asma yang diderita, kapten Chelsea, Frank Lampard. Penampilan yang energik dan stamina prima telah menutupi kelainan saluran pernafasannya. Bahkan sebagian besar dari pemain Chelsea pun sempat tak perncaya jika sang kapten menderita asma.

5. Max Timisela (Persib/Indonesia)
Lompat dari Inggris, ternyata Indonesia juga memiliki bintang sepakbola yang menderita asma akut. Max Timisela, pemain Persib dan Timnas Indonesia di era 70-an ini juga menderita penyempitan saluran pernafasan. Teknik tingginya yang bisa bermain di beberapa posisi ini membuat kekuarangannya bisa ditutupi. Hanya kejadian memilukan harus dialami saat timnas Indonesia akan bermain di Sydney melawan timnas Australia. Ketika akan memasuki lapangan, tiba-tiba turun hujan, hingga Max kembali lagi ke bangku cadangan digantikan pemain lainnya lantaran asmanya kambuh.(**)
Max Timisela 

source: Kaskus Lover