Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Posted by Sangat Unik

Manfaat puasa untuk kesehatan tubuh ternyata sangat banyak dan mungkin tidak pernah terpikirkan oleh Anda sebelumnya. Berpuasa juga tidak akan memperburuk kesehatan tubuh. Hal ini diperkuat dari hasil penelitian oleh Profesor Fisiologi Universitas Chicago, Aj Carlson.
      Fase tersulit selama berpuasa ialah di hari-hari awal puasa dimulai, dimana tubuh akan mengeluarkan sejumlah besar racun melalui aliran darah, pori, dan organ pembuangan lain. Proses pengeluaran racun ini terlihat dari menebalnya lapisan lidah, serta nafas yang berbau di hari-hari pertama puasa.
      Mineral penting dan vitamin dalam tubuh akan membantu proses pembuangan racun dan jaringan tua. Saat beban racun tubuh berkurang, efisiensi sel akan ditingkatkan sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan, sekaligus menghemat energi.
Berikut keuntungan-keuntungan yang didapatkan tubuh dari berpuasa :
  • Selama berpuasa, tubuh akan mengistirahatkan sistem pencernaan. Energi yang cukup besar untuk melakukan proses pencernaan ini akan disimpan untuk menyembuhkan diri dan memperbaiki sel tubuh. Energi akan digunakan untuk membersihkan racun dari usus, darah, serta menyembuhkan sel-sel tubuh dari berbagai penyakit.
  • Puasa mampu mengatasi kecanduan kafein, rokok, nikotin, narkoba, dan alkohol. Menurunkan kadar kolesterol, mengurangi gangguan pencernaan seperti sembelit dan kembung. Puasa juga membantu penderita diabetes untuk merubah gaya hidup dan pola makan menuju lebih sehat.
  • Konsentrasi pun dapat meningkat seiring dilakukannya kegiatan berpuasa yang lebih teratur. Dan puasa juga dapat meningkatkan energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Puasa mampu meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan kesehatan fisik dan mental serta meremajakan tubuh.
  • Menambah sel darah putih, dimana sel darah putih berfungsi untuk menangkal serangan penyakit. Dengan bertambahnya sel darah putih, otomatis dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Berpuasa mampu menyeimbangkan kadar asam dan basa dalam tubuh, memperbaiki fungsi hormon, meremajakan sel-sel tubuh, serta meningkatkan fungsi organ tubuh.
      Begitu banyak manfaat puasa bagi kesehatan tubuh. Untuk itu tidak ada salahnya untuk menjalankan puasa di bulan Ramadhan, tanpa harus takut akan sakit ataupun lemas.
Selamat berpuasa.

source: http://melindahospital.com/modul/user/detail_artikel.php?id=787_Manfaat-Puasa-Bagi-Kesehatan-Tubuh