Berapa Harga Produksi iPad 2?

Posted by Sangat Unik


Sudah pada tau dong gadget keluaran baru dari Apple yaitu iPad 2. Harga iPad 2 untuk memori 32 GB Wifi adalah USD AS 599. Tapi, tau gak berapa ongkos produksi sebenarnya untuk membuat iPad 2 ?
iSuppli (yang menjual komponen-komponen iPhone, iPod, iPad) memperkirakan harga asli produk seri kedua iPad ini hanya USD AS 326,6 per unitnya atau kalau di rupiahkan menjadi sekitar Rp 2,9 juta saja. Selisihnya dengan iPad 1 hanya 6,6 dollar AS, di mana iPad versi pertama membutuhkan biaya produksi USD AS 320 per unitnya.

Jika dilihat dari 3 komponen penting yang ada di dalamnya, seharusnya harga iPad 2 yang sewajarnya adalah seperti yang disebutkan oleh iSuppli. Apa sajakah 3 komponen termahal dari sebuah iPad 2?
Yang termahal dari seluruh komponen iPad 2 adalah komponen layar beserta sistem layar sentuhnya yaitu senilai USD 127. Harga ini memang jauh lebih mahal ketimbang layar iPad 1 yang hanya 95 dollar AS. Tentu saja karena spesifikasi layar terbaru ini lebih baik.

Yang termahal kedua ialah baterai. Pada iPad 2, baterai yang dipakai seharga 25 dollar AS, sedangkan baterai pada iPad 1 hanya 21 dollar AS. Maklum, baterai iPad 2 memang lebih tipis dan menggunakan tiga sel. Pada baterai iPad 1 hanya dua sel.

Sementara itu komponen ketiga yang termahal adalah prosesor A5 seharga USD 14 per chip-nya. Harga ini jelas lebih mahal daripada chip A4 yang digunakan pada iPad 1, yaitu sekitar 75 % lebih mahal.
Total keseluruhan yang harus dikeluarkan Apple untuk membayar tiga komponen ini adalah sebesar USD 166.

Mengapa harga jualnya bisa semahal seperti yang disebutkan diatas? Bisa saja hal itu disebabkan karena pengaruh dari biaya-biaya lain yang bersifat subjektif. Yaitu iklan, promosi, pajak, dan lain-lain.


source: http://haxims.blogspot.com/2011/07/berapa-harga-produksi-ipad-2.html#ixzz1RR7wnMNT