Indonesia Mendominasi Penggunaan Twitter

Posted by Sangat Unik



Logo Twitter
Kalau beberapa waktu lalu saya membicarakan tentang YouTube, maka hari ini saya ingin membicarakan tentang satu lagi hal besar yang berawal dari sebuah pemikiran sederhana. Yang saya ingin bicarakan disini adalah Twitter.
Situs microblogging ini saat ini berkembang begitu pesat dan dengan sangat signifikan menembus angka 200juta pengguna di seluruh dunia dan bahkan menurut salah satu situs media sosial di Amerika yang bernama Mashable, kicauan orang di twitter per harinya bisa mencapai 350juta tweet.

Logo Twitter
Sebelum membicarakan lebih lanjut, mari kilas balik ke bulan Maret 2006 tepatnya pada tanggal 21 Maret 2006. Ketika seorang pemuda bernama Jack Dorsey kelahiran 19 November 1976 yang lahir di St. Louis, Missouri mulai berpikir bagaimana agar ia dapat membuat sebuah perangkat lunak atau sebuah website yang dapat digunakan untuk berbagi status atau bercakap-cakap singkat  seperti layaknya menulis status di status layanan Instant Messenger AOL yang kala itu sedang popular.

Jack Dorsey Si Pencipta Twitter
“Bagaimana jika kita dapat berbagi status kita dengan semua teman-teman anda dengan cara yang sangat mudah sehingga teman-teman kita tahu apa yang sedang dilakukan tanpa harus menulis blog entry atau Live Journal Entry?” Itu pemikiran pertama yang mengawali tercetusnya Twitter.
Jack kemudian bekerja pada solusi pengiriman berbasis web dan dia mendapat ide lagi untuk memasukkan konsep SMS ke dalam konsep pesan status interaktif.
Evan Williams seorang mantan eksekutif Google yang berjasa mewujudkan ide-ide dan pemikiran Jack tadi dengan menyediakan dana investasi untuk melahirkan Twitter.
Dan kini, Twitter adalah satu-satunya situs microblogging yang sukses mendapatkan lebih dari 200juta pengguna hanya dalam waktu 5 tahun sejak dipublikasikan. Pembatasan jumlah karakter status yang hanya 140 karakter justru membuat orang semakin keranjingan Twitter karena mau tidak mau mereka harus terus menerus posting tweet mereka agar dapat tetap bercakap-cakap di timeline bersama teman-teman di twitternya.
Twitter pun berkembang fungsinya dari yang tadinya situs jejaring sosial untuk berbagi status atau apa yang sedang anda lakukan hari ini menjadi sarana promosi bisnis. Lihat saja profile para pelaku bisnis yang saat ini rata-rata mencantumkan akun twitternya di profil bisnisnya. Hal ini tentu saja karena Twitter begitu mudah digunakan, hanya dengan membuat akun twitter dan tidak membuatnya menjadi private jika anda ingin menggunakannya sebagai media promosi bisnis, maka orang akan dengan mudah mem-follow dan anda pun tidak perlu repot-repot meng-confirm maka orang yang memfollow anda tadi sudah bisa melihat timeline anda. Dengan demikian, anda tinggal mengupdate timeline anda dengan tagline promosi bisnis yang sedang anda jalankan maka orang sudah akan bisa melihatnya.
Selain itu para selebritis pun menjadikan Twitter sebagai media penunjang utama untuk mempromosikan dirinya dan menjalin kedekatan dengan fans-fansnya lewat timeline-timeline mereka. Lihat saja Lady Gaga, Justin Bieber, serta para selebritis lainnya yang mengakui kalau Twitter adalah hal utama yang menaikkan popularitas mereka karena dengan Twitter para fans mereka maupun khalayak umum lainnya bisa tahu lebih banyak tentang mereka.

Tampilan Twitter Justin Bieber

Tampilan Twitter Lady Gaga
Di Indonesia pun twitter berkembang dengan pesat. Lihat saja presentasi sumbangan tweets dari seluruh dunia dimana Indonesia mendapat posisi ketiga dengan presentase sumbangan tweet sebesar 15%. Brazil menduduki urutan pertama dengan presentase 27%,kemudian Amerika, di urutan kedua dengan presentase 25%. Dan setelah Indonesia di urutan keempat dan kelima adalah Inggris 7% dan Belanda 4%. Untuk jumlah pengguna twitter di Indonesia pun jumlahnya mencapai lebih dari 5 juta pengguna. Dan untuk jam-jam tertentu Indonesia merajai postingan Tweet dengan jumlah mencapai 1,6 juta tweets. Terlebih lagi dengan besarnya jumlah pengguna blackberry di Indonesia yang juga semakin meningkat jumlahnya, tentu saja jumlah akun Twitter di Indonesia dan jumlah sumbangan tweets dari Indonesia tentu saja akan semakin besar presentasenya. Hal ini dikarenakan rata-rata pengguna Twitter di Indonesia mengakses Twitter via Blackberry seperti via aplikasi Uber Twitter dan Twitter For Blackberry. Untuk trending topic pun sudah tidak asing lagi kalau trending topic dari Indonesia menjadi trending topic utama di Indonesia bahkan di seluruh dunia seperti ketika ada skandal artis tanah air mencuat, skandal itu pun menjadi trending topic utama di Twitter.
Harus diakui bahwa Twitter memang telah memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk berkomunikasi via internet dengan cara yang simple dan mudah. Bravo untuk Jack Dorsey.

source: http://hiasanrumah.wordpress.com/2011/07/19/indonesia-mendominasi-penggunaan-twitter/