7 Makanan Sehat Pendongkrak Stamina

Posted by Sangat Unik


Jangan biarkan stamina Anda menurun saat bekerja dengan mengonsumsi makanan sehat berikut ini!

Seringkali Anda mengalami rasa lemah dan tak bertenaga saat bekerja. Rasa ini kerap menyerang Anda menjelang tengah hari. Anda tidak perlu khawatir lagi, karena hal ini merupakan kondisi yang wajar dan hampir dialami semua orang. Beberapa hal yang sering menjadi pemicunya adalah, Anda melupakan sarapan, atau makan makanan berkarbohidrat tinggi tanpa diimbangi dengan protein yang cukup. Cara terbaik untuk mendongkrak stamina Anda adalah dengan menggabungkan makanan kaya serat, tinggi protein, dan rendah lemak.
Berikut contoh makanan sehat yang bisa membantu meningkatkan stamina Anda saat bekerja.
Kenari Dan Almond
Untuk membantu mengendalikan gula darah Anda, makanlah segenggam almond sekitar 23 biji almond di pagi hari. Sedangkan pada jeda antara waktu makan, cobalah ambil segenggam kenari, untuk membantu meningkatkan mood dan kemampuan otak Anda saat bekerja. Menurut University of Pittsburgh, asam lemak omega-3 yang ditemukan pada kenari dapat meningkatkan kinerja area otak tertentu yang dapat membawa suasana hati menjadi lebih tenang dan seimbang. Cara pengolahan kenari yang baik adalah, dengan menggoreng 2 cangkir kenari menggunakan 2 sendok makan minyak zaitun, 1 sendok teh kayu manis dan 1 sendok cabai rawit dalam oven dengan suhu 375 derajat F, dan hidangkan.
Susu Rendah Lemak
Susu rendah lemak dapat memberi Anda energi instant. Di samping itu, kandungan proteinnya dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Untuk meningkatkan energi di pagi hari, selain susu rendah lemak, Anda juga bisa menambahkan satu sendok yogurt ke dalam semangkuk oatmeal. Gabungan dari makanan prebiotik dan probiotik memberikan kontribusi untuk kesehatan pencernaan, meningkatkan kekebalan tubuh, dan mencegah perut kembung.
Dapatkan Susu Rendah Lemak Terbaik Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anda DI SINI!
Buah Alpukat Dan Minyak Zaitun
Mengonsumsi Alpukat akan menghilangkan rasa lapar dengan segera. Alpukat baik Anda konsumsi disaat Anda merasa lemah menjelang tengah hari. Alpukat juga kaya akan kalium, yang membantu mengatur fungsi ginjal dan tekanan darah. Selain kaya akan kalium, kandungan folat pada alpukat, juga dapat membantu tubuh memproduksi dan memelihara sel-sel baru.
Kandungan asam lemak tak jenuh tunggal pada buah alpukat dapat membuat Anda merasakan kenyang lebih lama. Selain alpukat, Anda bisa menggunakan minyak zaitun untuk mengolah masakan Anda. Kandungan asam oleat pada minyak zaitun berfungsi membantu menekan rasa lapar di antara waktu makan Anda.
Telur Rebus
Telur rebus hanya mengandung 80 kalori, protein yang tedapat dalam telur rebus dapat mengurangi nafsu makan Anda selama berjam-jam. Makanan tinggi protein dapat menjaga perut Anda tetap kenyang selama 3 hingga 4 jam jika dibandingkan mengonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi. Protein dicerna lebih lama daripada karbohidrat, sehingga dapat membantu Anda merasakan kenyang lebih lama. Agar lebih nikmat, taburi telur rebus Anda dengan paprika, merica dan garam.
Blueberri
Setelah makan siang, manjakan diri Anda dengan whipped cream rendah lemak dengan taburan blueberi di atasnya. Secangkir bluberi mengandung 80 kalori dan bebas lemak. Blueberry bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi Anda selama bekerja.
Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada seekor tikus di Tufts University, tikus yang diberi makan blueberry dalam kurun waktu empat bulan, mengalami peningkatan memori dan kewaspadaan mental. Blueberry adalah salah satu makanan yang kaya antioksidan dan dapat mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas dan memicu pertumbuhan sel-sel baru pada otak.
Dark Chocolate
Jika Anda merasa stres setelah bekerja di sore hari, makanlah dark chocolate untuk mengurangi stres Anda. Dark chocolate dapat memicu pelepasan endorfin yang akan menenangkan suasana hati Anda. Selain itu, dark chocolate juga mempengaruhi serotin, yaitu neurotransmiter yang bersifat menenangkan. Flavonoid, merupakan antioksidan yang banyak terdapat pada dark chocolate. Flavonoid juga dapat membantu mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.
Buah Jeruk
Ketika Anda merasakan kantuk saat jam kerja Anda, aroma buah jeruk akan meningkatkan kembali kesadaran dan kewaspadaan Anda. Buah jeruk dapat memberikan energi yang cepat karena mengandung gula alami yang dapat dicerna hanya dalam waktu 30 menit. Banyak sekali buah-buahan mengandung karbohidrat kompleks dan kaya serat, sehingga memberikan energi lebih lama untuk Anda, dari sekedar makan permen atau makanan olahan lainnya.
Jangan biarkan pekerjaan Anda menurunkan kualitas kesehatan Anda. Tingkatkan konsentrasi dan stamina Anda saat bekerja dengan mengonsumsi makanan di atas, dan jangan lupa untuk rajin berolahraga agar kesehatan Anda tetap terjaga.
source: http://duniafitnes.com/nutrition/7-makanan-sehat-pendongkrak-stamina.html