12 Pemain jadi Sorotan di 2011

Posted by Sangat Unik

Sepanjang tahun 2011, sejumlah pemain menghiasi headline media. Baik itu terkait transfer pemain, performa pemain di lapangan, hingga sikap kontroversial yang bisa menimbulkan pembicaraan banyak khalayak.
Berikut ini Okezone akan membahas 10 pemain yang paling banyak dibicarakan publik dunia sepakbola sepanjang tahun 2011.

1. Fernando Torres


Kepindahan Fernando Torres dari Liverpool ke Chelsea menjadi topik terhangat di awal tahun 2011. Torres yang dianggap legenda oleh Liverpudlian, ternyata mengeluarkan keputusan yang kontroversial dengan bergabung ke Stamford Bridge. Biaya transfer pemain berjuluk El Nino ini juga sangat besar yaitu 50 juta pounds dan merupakan salah satu transfer terheboh di jendela transfer musim dingin 2011.

Setelah berhasil berkostum The Blues, Torres dituntut untuk menunjukan ketajamannya. Seperti apa yang telah dilakukannya bersama The Reds. Tapi hingga menjelang akhir musim 2010-2011, dia hanya mampu mencetak tiga gol saja dan gagal membawa The Blues menjuarai Premier League. Kemandulannya pun menjadi sorotan publik hingga musim ini.

2. Luis Suarez


Setelah kehilangan Torres di awal tahun 2011, Liverpool dengan cepat mencari penggantinya. Adalah Luis suarez yang berhasil memikat hati Kenny Dalglish untuk didatangkan ke Anfield. The Reds pun berhasil memenuhi ambisinya dengan merekrut Suarez dari Ajax Amsterdam.

Hebatnya lagi, Dalglish mendapatkan Suarez dengan bandrol yang cukup murah, yaitu 23 juta pounds dengan durasi kontrak liima setengah tahun. Suarez langsung tancap gas dan cepat beradaptasi dengan Steven Gerrard Cs. Bahkan tak jarang dia menjadi penentu kemenangan The Reds. Dengan memakai kostum nomor 7 milik Robbie Keane, Liverpulian,-julukan Fans Liverpool berharap kehadiran Suarez bisa menggantikan peran Fernando Torres.

Striker asal Uruguay itu memang telah menjadi andalan baru Liverpool. Namun sayang, torehan kesuksesannya dinodai aksi tak sportif dari dirinya. Tepatnya pada laga Big Match antara Liverpool kontra Manchester United pada Sabtu (16/10/2011) lalu. Laga tersebut menyisakan masalah bagi Luis Suarez yang dianggap Patrice Evra telah melakukan tindakan rasisme.

Seusai pertandingan itu, Evra mengaku mendapat hinaan bernada rasisme dari penyerang asal Uruguay tersebut. Kabarnya hinaan yang berbunyi ‘Negro’ tersebut terjadi sebanyak 10 kali selama pertandingan berlangsung.

“Federasi telah mengetahui insiden yang ditudingkan ini saat Liverpol menghadapi Manchester United di Anfield. FA akan menindaklanjuti hal ini,” tulis pernyataan FA, seperti dikutip The Daily Star, Minggu (16/10/2011). Secara resmi Rabu (21/12/2011) FA menjatuhkan hukuman dilarang bermain selama delapan pertandingan plus denda 40 ribu pounds. FA juga mempersilahkan kepada Suarez untuk mengajukan banding dalam jangka waktu 14 hari ke depan.

3 Cesc Fabregas


Si anak hilang, itulah julukan Cesc Fabregas yang diberikan Barcelona kepadanya. Fabregas yang merupakan lulusan La Masia, ternyata memilih menghabiskan kariernya ke ranah Inggris bersama Arsenal. Selama hampir tujuh tahun dia mencari pengalaman berharga dengan The Gunners.

Sejak 2010, Barcelona menginginkan anak hilang itu untuk kembali memperkuat klub yang pernah dibelanya selama masih muda. Tak jarang, banyak mantan rekan seangkatannya seperti Andres Iniesta dan Lionel Messi membujuk playmaker serba bisa itu kembali ke pangkuan publik Nou Camp.

Tapi upaya itu sempat tertahan, karena Arsenal masih menginginkan jasanya. Fabrgeas sendiri sebetulnya sudah mengisyaratkan untuk hengkang dari Emirates Stadium, karena tak kunjung mendapatkan gelar bersama The Gunners.

Setelah proses transfer yang alot akhirnya memuncak di musim panas 2011 lalu. Pihak Arsenal dengan berat hati melepas kepergian gelandang berusia 24 tahun itu. Biaya transfer sebesar 35 juta Pounds pun cukup unik cara pembayarannya. Kabarnya Fabregas juga ikut menyumbang biaya transfernya ke Arsenal.

Ternyata usaha Fabregas untuk lepas dari belenggu Meriam London tidak sia-sia. Baru menginjak kaki setengah musim di Nou Camp, dia langsung kebanjiran gelar bersama El Barca. Total hingga akhir tahun 2011 dia telah mempersembahkan tiga gelar, yaitu Piala Super Spanyol, Piala Super Eropa, dan yang masih hangat dalam benak pecinta sepakbola adalah Piala Dunia Antar Klub 2011.

Dan, Barca masih menjanjikan banyak gelar lagi di tahun 2012 ke Fabregas, sebab beberapa even masih diikuti Blaugrana, mulai dari La Liga, hingga Liga Champions.

4. Neymar da Silva


Usianya di tahun 2011 ini masih 19 tahun, tapi perhatian publik terhadapnya bak seorang legenda sepakbola yang sudah lama melintang. Berita tentang Neymar bintang Santos ini selama tahun 2011 terus menghiasi headline surat kabar olahraga di berbagai negara.

Hal itu tak lepas dari kelihaiannya mengolah si kulit bundar di lapangan dengan gaya street footbalnya. Dia menjadi sorotan banyak klub. Mulai dari Juventus, Chelsea, Real Madrid, dan Barcelona, telah kepincut dengan pemain kelahiran Sao Paolo ini.

Bahkan superioritas Neymar melebihi bintang Real Madrid saat ini, Cristiano Ronaldo. Hal itu dilontarkan mantan pelatih Santos Dorival Junior menyebut Neymar akan jadi the next Lionel Messi.

“Sejujurnya bagi saya dia (Neymar) hanya di bawah Messi. Dia superior dibandingkan Ronaldo dalam berbagai hal. Dia jauh lebih tajam dibandingkan Ronaldo, lebih menentukan dan jenius. Seiring berjalannya waktu, dia akan mencapai level Messi,” kata Junior, sebagaimana dikutip Goal, Selasa (21/6/2011).

Seiring penampilannya yang memukau, tinggal dua klub yang bersaing memperebutkan tanda tangannya, yaitu Real Madrid dan Barcelona. Bahkan beberapa kabar menyebutkan bahwa Neymar telah resmi menjadi milik salah satu dari dua raksasa Spanyol itu.

Seperti dikabarkan ESPN Kamis (2/11/2011) bahwa Neymar telah resmi membela Real Madrid. Bahkan total transfer sebesar 53 juta pounds yang keluar dari kantong Madrid, diharapkan bisa membawa Neymar untuk berkostum El Real.

Tapi ke semua kabar tersebut ditepis olehnya, Neymar ternyata memperpanjang kontrak barunya bersama Santos hingga 2014. “Sungguh sebuah kehormatan dua klub besar menginginkan saya. Namun, kami semua harus membuat pilihan dalam hidup. Dan hari ini, saya menjatuhkan pilihan saya kepada Santos,”ungkap Neymar seperti dikutip dari Goal.

5. Alessandro Del Piero


Kabar soal bakal pensiunnya Del Piero dikonfirmasi langsung presiden Juventus, Andrea Agnelli usai rapat pemegang saham di Turin. Agnelli mengatakan, Ale -sapaan akrab Del Piero- bakal pensiun usai kontraknya berakhir pada musim panas 2012.

Kelanjutan karier Del Piero usai pensiun dari Juve memang belum jelas apakah dia akan gantung sepatu atau melanjutkan kariernya di luar negeri. Kontrak Alessandro Del Piero yang akan habis Juni 2012 tidak akan diperpanjang. Sontak kabar tersebut mengundang spekulasi dari berbagai pihak.

Bagaimana tidak pasalnya selama ini Del Piero merupakan ikon Bianconeri yang telah menjadi legenda. Para Juventini tak ada yang rela jika musim depan mereka tidak melihat aksi top skor sepanjang masa Juventus ini. Di sisi lain berita ini tentu mengundang banyak pertanyaan media, akan ke mana pemain berjuluk il Pinturicchio ini berlabuh.

Ada beberapa klub yang menyatakan ketertarikannya, terutama tawaran dari beberapa klub Inggris, seperti Tottenham Hotspur, Manchester United, hingga ke salah satu klub Jepang. Bahkan Del Piero digosipkan akan menemukan labuhannya ke beberapa klub di Major League Soccer (MLS), seperti LA Galaxy.

David Beckham pun menyambut antusias apabila Del Piero akan mencoba pengalaman barunya dengan bergabung ke Galaxy.

Jadi kemanakah sang pembawa bendera Juve ini akan berlabuh di tahun depan. Apakah dia akan tetap menjadi pembawa bendera Juve atau dia meletakkan bendera Juve di hatinya sambil mencari bendera lain untuk dipegang?

6. Wayne Rooney


Striker Manchester United, Wayne Rooney juga menjadi bahan perbincangan banyak pihak di tahun 2011 ini. Sikapnya yang kurang lihai mengontrol emosi di dalam pertandingan, membuat dirinya melakukan tindakan yang kurang terpuji.

Pelanggaran kerasnya terhadap pemain Montenegro, Miodrag Dzudovic saat Inggris melakoni pertandingan terakhir kualifikasi Euro 2012. Membuatnya terpaksa mendapatkan kartu merah oleh wasit. Bukan itu saja, dia juga mendapat larangan tampil di tiga laga Timnas Inggris.

Praktis dia tidak bisa tampil di laga penyisihan Euro 2012 dan berharap Inggris bisa lolos di babak penyisihan jika dia ingin merasakan panasnya Euro 2012.

Namun, Kecemasan publik Inggris akibat hukuman larangan tiga pertandingan yang diterima Wayne Rooney di perhelatan akbar Euro 2012 akhirnya sirna. Bomber Setan Merah itu akhirnya bisa bermain dalam satu laga pada babak penyisihan grup, setelah UEFA menerima banding yang diajukan Federasi sepakbola Inggris (FA).

Hanya saja, tiga hukuman larangan bertanding di kancah Eropa masih berlaku untuk Rooney selama empat tahun bila mantan pemain Everton tersebut kembali terbukti mengulang kesalahan serupa. Karena itu, Rooney harus tetap bersikap sportif selama bertanding di level Eropa, termasuk saat memperkuat Manchester United di pentas Europa League.

Berarti Rooney tidak bisa turun saat The Three Lions berhadapan dengan Prancis dan Swedia. Rooney baru bisa berlaga saat Inggris dengan Ukraina selaku tuan rumah di pertandingan pamungkas grup D.
 
7. Carlos Tevez


Inilah si Pemberontak dari Manchester, Carlos Tevez. Julukan tersebut cocok disandang oleh striker Manchester City ini. Dia telah menjadi bulan-bulanan media akibat aksi penolakannya untuk bermain saat City dikalahkan Bayern Munich 2-0 di kancah Liga Champions Rabu (29/9/2011) silam.

Alhasil dia kena damprat pelatih Roberto Mancini, Bomber Argentina itu dihukum tidak boleh memperkuat klubnya maksimal dua pekan ke depan. Meski belakangan, dia membantah dan menyatakan penolakannnya tersebut hanya kesalahpahaman semata, namun hal itu tak lantas menyelamatkannya dari hukuman.

“Manchester City mengkonfirmasi bahwa Carlos Tevez diskors hingga ada pengumuman lebih lanjut, maksimal selama dua pekan,” tulis pernyataan kubu City melalui situs resmi klub, Kamis (29/9/2011).

Namun pada bulan Okteber Manchester City telah melaksanakan investigasi internal. Kendati tidak bisa membuktikan Carlos Tevez secara langsung menolak bermain, City tetap akan menambah hukumannya menjadi total enam pekan.

City beralasan Tevez terbukti menolak meneruskan pemanasan sebagaimana yang diinstruksikan manajer City, Roberto Mancini. City menganggap penolakan melakukan pemanasan ini sebagai bentuk ketidakmauan Tevez turun bertanding.

Mancini sendiri sudah dengan tegas menyatakan tak akan pernah memainkan Tevez lagi selama dirinya masih menjadi menajer City. Apabila kelak hukuman Tevez berakhir dan dia kembali diperbolehkan berlatih, maka Tevez hanya akan berlatih bersama tim cadangan City.

Tapi belakangan ini secercah harapan kembali datang ke Tevez, jelang pembukaan transfer Januari nanti, keberuntungan menghampirinya. Klub raksasa Italia, AC Milan ingin mendapatkan jasanya. Tapi sayang, saat ini negosiasi belum memunculkan kata sepakat, sebab City yang menginginkan untuk menjual Tevez, tidak sepaham dengan upaya Rossoneri yang hanya ingin meminjamnya.

8. Cristiano Ronaldo


Musim ini, Ronaldo terus mengasah permainannya sambil menciptakan rekor-rekor baru yang dihasilkannya di tahun keduanya bersama Real Madrid.

CR7 memecahkan rekor sebagai penyerang tersubur di La Liga sepanjang masa. Tepatnya pada Mei 2011 lalu, Ronaldo mencatatkan sejarah baru di pentas persepakbolaan Spanyol. Kekecewaan gagal menyabet gelar juara Liga dan Champions di musim lalu pun terbayarkan dengan pencapaian sensasional CR7 yang mentasbihkan diri sebagai El Pichichi atau topksor La Liga musim lalu.

Torehan 40 golnya selama satu musim La Liga membuatnya memecahkan rekor mantan bintang Los Blancos di era 1989-90, Hugo Sanchez dan penyerang Athletic Bilbao Telmo Zarra (1950-51) dengan raihan 38 gol.

Selain mencatatkan diri sebagai topskor sepanjang masa La Liga, Ronaldo juga sempat memecahkan beberapa rekor lain di musim ini. Mantan bintang Manchester United itu diketahui sempat dua kali mencatatkan diri sebagai pemain yang mencetak gol terbanyak dalam satu pertandingan. Kedua rekor itu diciptakannya saat memborong empat gol saat Racing Santander (23/10/2010) serta Sevilla (7/5/2011).

Satu rekor lain dibukukannya dalam hal mencetak hattrick. Sepanjang musim ini, Ronaldo berhasil enam kali melesakkan tiga gol dalam satu pertandingan. Total, sepanjang La Liga musim ini, tercatat 14 pertandingan yang diwarnai hattrick.

So, mungkin saat ini rekor pribadi menjadi andalan dirinya untuk bisa bersaing memperebutkan Ballon d’Or di tahun depan, di mana saat ini dia sedang bersaing dengan Lionel Messi dan Xavi Hernandez dari Barcelona.

9. Lionel Messi


Seperti halnya Cristiano Ronaldo, Lionel Messi juga di musim ini tampaknya tak pernah berhenti mencatatkan namanya dalam buku sejarah Barcelona. Bersama Blaugrana, dia terus meraih beberapa pengharagaan dan juga gelar prestisius.

Untuk rekor pribadi, Messi yang bermain full pada laga di Camp Nou menggoreskan penampilan ke-292 untuk El Barca. Tepatnya saat El Barca mencukur Levante 5-0 Minggu (4/12/2011) lalu, sekaligus memberikan kenangan tersendiri bagi Messi. Jumlah tersebut membuat Messi menyamai rekor Philip Cocu sebagai pemain asing dengan caps (penampilan) terbanyak di Barcelona.

Sementara untuk masalah menjebol gawang lawan, rekor Messi juga tak kalah mentereng. Sejauh ini, dia telah mencetak 17 gol, di mana 16 gol di antaranya dicetak di Camp Nou. Ini berarti Messi sudah menyamai rekor 16 gol (di kandang) yang diraihnya pada musim 2009-2010.

Nyaris tanpa cacat, Messi bermain indah dalam dua tahun terkahir ini sehingga dia kembali masuk sebagai kandidat Ballon d’Or ketiga kalinya secara beruntun, sekaligus membuatnya berpeluang mencatatkan rekor sebagai pemain pertama sejak Michael Platini yang sukses menyabet trofi Ballon d’Or tiga kali beruntun. Messi diketahui merupakan pemenang trofi Ballon d’Or dua tahun terakhir, yakni 2009 dan 2010.

Prestasi terbaru, Messi menjadi pemain terbaik di Piala Dunia antar Klub 2011 di Jepang. Kemudian yang paling hangat dia baru saja dinobatkan menjadi sebagai olahragawan terbaik Argentina 2011. Jadi rekor apalagi yang akan dicatatkan Messi di musim depan? Kita lihat saja nanti aksi La Masias dari Argentina ini.

 10. Zlatan Ibrahimovic


Tahun ini, Zlatan Ibrahimovic mempersembahkan buku auto biografinya yang berjudul “I Am Zlatan Ibrahimovic” ke khalayak ramai. Seperti layaknya auto biografi pasti bakal memunculkan spekulasi, termasuk buku yang dikeluarkan Ibra ini.

Tepat sekali perikiraan media, Ibra membeberkan petualangannya sebagai pesepakbola. Eks Inter Milan ini secara gamblang menceritakan gaya kepemimpinan pelatih Barcelona, Josep Guardiola. Seperti diketahui, Ibra pernah dilatih oleh pria berkepala plontos itu.

Ibracadabra mengkritik gaya kepemimpinan Guardiola bahkan dia mengaku pernah berseteru dengan pelatih yang sudah memiliki gelar 13 untuk Azugrana ini. Sehingga mengakibatkan, dirinya hengkang dan memilih AC Milan sebagai labuhan karier Ibra berikutnya.

Menanggapi isi pesan dari buku auto biografi Ibra. Guardiola hanya menanggapinya dengan sikap yang dingin dan agak seditkit tidak peduli dengan mengatakan kalimat penyejuk yang diharapkan bisa meredam situasi.

“Tidak ada yang harus saya komentari. Tidak ada permasalahan pribadi saya dengan dirinya. Saya hanya berterima kasih kepadanya, atas segala yang ia berikan dalam tm ini (Barcelona). Pada saat itu, kami berhasil mencapai 99 poin di La Liga,” tandas Guardiola.
 
11. Mario Balotelli


Roberto Mancini boleh jadi harus banyak menahan pil sabar mengasuh Mario Balotelli yang diadopsinya dari Inter Milan musim panas 2010 lalu. Meski sudah tahu tabiatnya, Mancini toh berani mengambil risiko.

Akibatnya, dia berulang kali harus mengelus dada melihat strikernya itu berulah di saat bertanding, latihan atau ketika di luar lapangan. Setelah mendarat di Manchester City, Ballo kerap terlibat keributan dengan sesama pemain.

Dia pernah cari gara-gara dengan Aleksandar Kolarov saat latihan Agustus lalu, dengan memukul dan menendang free kick dummy.Aksi itu dilakukan seperti sebuah intimidasi kepada Kolarov. Maklum Balotelli pernah berseteru dengan bek Serbia itu. Perseteruan pemain yang akrab disapa Super Mario itu dengan sang pelatih, jangan ditanya. Mancini beberapa kali marah dengan pemain berdarah Ghana ini.Salah satu paling mencolok adalah ketika Balotelli mencari sensasi di depan gawang LA Galaxy saat City tur pra musim di AS.

Tidak hanya di atas lapangan, di rumahnya pun Balotelli sanggup menjadi sorotan, setelah pesta kembang api di kediamannya hampir membuat rumahnya terbakar. Terakhir dia dikabarkan memakai baju Sinterklas dan membagi-bagikan uang. Dan yang terhangat adalah dia terlibat percekcokan dan hampir saling pukul dengan Micah Richards, saat latihan. Masalahnya, Balotelli kesal dengan umpan-umpan yang dilepaskan Richards.

12. Ryan Giggs


Winger gaek Manchester United muncul dengan skandal rumah tangganya yang menghebohkan. Seorang wanita bernama Imogen Thomas mengaku memiliki hubungan khusus dengan suami Stacey itu. Belum surut, kabar yang tak kalah mengagetkan mencuat. Skandal Giggs dengan Natasha istri adik kandungnya Rhodry terbongkar.


source: http://news.okezone.com/read/2011/12/27/349/547704/12-pemain-jadi-sorotan-di-2011