10 Shopping Mall Terbesar di Dunia

Posted by Sangat Unik

Di kota Anda pasti ada mall, bukan? Nah, beberapa mall di dunia memiliki ukuran yang sangat besar. Nah, apa saja mall terbesar di dunia? Berikut adalah 10 mall terbesar di dunia versi blog saya.

10) King of Prussia Mall, Amerika Serikat
King of Prussia Mall merupakan mall terbesar di Amerika Serikat dan merupakan salah satu mall terbesar di dunia. Mall ini dikembangkan oleh PT Kravco, atau yang sekarang bernama Kravco Simon. Mall ini dibuka pada tahun 1962. Mall ini merupakan mall terbesar di Amerika Serikat berdasarkan bruto leasable area, yakni seluas 2,8 juta kaki persegi. Banyak tenant-tenant kelas atas seperti Cartier, Tiffany & Co, Louis Vuitton, H&M ditemukan di mall ini. 

9) SM City North Edsa, Filipina
Dibuka oleh Perdana SM Holdings pada tahun 1985, SM City North Edsa memiliki lima lantai yang membanggakan lebih dari 100 gerai ritel dan restoran, bersama dengan 12 bioskop, bowling dan sebuah arena ski. Sebuah IMAX theater juga akan dibangun di mall ini. SM City North Edsa memiliki luas 3 juta kaki persegi berdasarkan bruto leasable area.

8) Beijing Mall, Republik Rakyat Cina
Beijing Mal dibuka pada tahun 2005 dan memiliki leasable area mencapai 3,4 juta kaki persegi. Mal di pinggiran ibukota Republik Rakyat Cina ini memiliki empat lantai dengan parkir untuk 8000 kendaraan, ditambah dengan pantai buatan. 

7) Berjaya Times Square, Malaysia 
Mall yang dibangun di sekitar hotel dan pusat konvensi ini dibuka pada tahun 2005 dengan bruto leasable area mencapai 3,4 juta kaki persegi. Selain lebih dari 1000 toko ritel, mal ini mencakup 12 story high roller coaster, ditambah kolam renang, arena ski dan "Cosmo's World," taman bermain anak-anak. Mal ini terletak di Kuala Lumpur.

6) SM Megamall, Filipina
SM Megamall terletak di kota Mandaluyong, Filipina, dibuka pada tahun 1991 dan memiliki bruto leasable area mencapai 3,6 juta kaki persegi. Mall ini terdiri atas 2 bangunan, yakni Mall A dan Mall B. Mall ini berencana akan membangun sebuah IMAX theater dan memperluas bangunan.

5) West Edmonton Mall, Kanada
Sebagai mall terbesar di Amerika Utara, West Edmonton Mall memiliki lebih dari 800 toko, bersama dengan berbagai atraksi seperti taman, arena ski, kasino dan berbagai wahana lainnya. Mall ini didirikan pada tahun 1981 dan memiliki bruto leasable area mencapai 3,8 juta kaki persegi.

4) SM Mall of Asia, Filipina
SM Mall of Asia terdiri atas 4 bangunan dan memiliki bruto leasable area mencapai 4,2 juta kaki persegi. Didirikan pada tahun 2006, SM Mall of Asia memprakarsai IMAX theater pertama di Filipina. Mal ini juga memiliki sebuah bola dunia raksasa di pintu gerbang parkir mal. 

3) Dubai Mall, Uni Emirat Arab
Dubai Mall merupakan mal terbesar di Uni Emirat Arab, sekaligus di Timur Tengah dan salah satu mal terbesar di dunia. Mal ini dibuka pada tahun 2008 dan memiliki lebih dari 1,200 toko. Walaupun bruto leasable area mal ini hanya sekitar 3,37 juta kaki persegi, luas mal ini mencapai lebih dari 12 juta kaki persegi. Mal ini terletak di bawah menara tertinggi di dunia, Burj Khalifa.

2) Golden Resources Mall, Republik Rakyat Cina
Dibuka pada tahun 2004 dan memiliki bruto leasable area mencapai 6 juta kaki persegi, Golden Resources Mall merupakan mal terbesar kedua di dunia. Mall ini memiliki lebih dari 1,300 toko, banyak tenant-tenant global didirikan di mal ini seperti Nike dan DKNY. Lokasi mal yang berada di luar jantung kota telah menyebabkan kemacetan lalu lintas yang mengecewakan wisatawan asing.

1) South China Mall, Republik Rakyat Cina
Dibuka pada tahun 2005 di kota Dongguan, Cina, South China Mall merupakan mal terbesar di dunia. Mal ini memiliki bruto leasable area mencapai 7,1 juta kaki persegi dan memiliki lebih dari 1,500 pertokoan. Mal ini memiliki berbagai atraksi seperti roller coaster, kanal, tower ride, dan berbagai wahana lain. Sayangnya, hampir sebagian mall belum berisi pertokoan. Beberapa bagian dari mal ini bahkan seperti tidak berpenghuni.

source: http://mtromania.blogspot.com/2011/06/10-shopping-mall-terbesar-di-dunia.html