Meja Adolf Hitler Laku Rp 3,8 Miliar

Posted by Sangat Unik

Sebuah meja kuningan bertuliskan inisial 'AH' laku dijual rumah lelang di Amerika Serikat seharga US$ 423 ribu atau sekitar Rp 3,8 miliar. Meja siapakah itu? Ya, siapa lagi kalau bukan pemimpin Nazi, Adolf Hitler.

Seperti dikutip dari AFP, Jumat (9/12/2011), meja tersebut digunakan Hitler pada saat penandatanganan Pakta Munich. Satu set meja itu termasuk tempat tinta dan ukiran burung elang sempat diprediksi akan terjual setidaknya setengah juta dollar.

Juru bicara rumah lelang Alexander Autographs tersebut mengakui bahwa harga meja itu tidak mencapai harga yang diharapkan. Namun lelang tetap berhasil dicapai dengan harga tawaran tertinggi sehingga penjualan pun disepakati.

"Untuk semua bagian meja itu dijual seharga US$ 423.000," kata presiden rumah lelang, Bill Panagopulos.

Menurut juru bicara lelang, Andreas Kornfeld, pembeli meja antik tersebut adalah seorang kolektor di pantai barat AS. Diperkirakan meja tersebut didesain sendiri oleh Hitler.

Sebuah foto sejarah menampilkan Hitler, Perdana Menteri Italia Benito Mussolini, Perdana Menteri Inggris Neville Chamberlain, dan Perdana Menteri Edouard Daladier berkumpul di meja kuningan tersebut selama penandatanganan Pakta Munich pada tanggal 30 September 1938.

Pakta Munich itu menyerahkan Sudetenland, bagian berat etnis-Jerman Cekoslowakia ke Jerman yang dimaksudkan untuk memenuhi tuntutan ambisi ekspansi Hitler. Namun pakta tersebut yang menyebabkan invasi Jerman ke Polandia dan memicu Perang Dunia II.



source: http://www.detiknews.com/read/2011/12/09/124306/1786998/1148/wow-meja-adolf-hitler-laku-rp-38-miliar?991101mainnews