Baikonur Cosmodrome, Fasilitas Peluncuran Luar Angkasa Tertua yang Masih Digunakan

Posted by Sangat Unik

Baikonur Cosmodromebaikonur cosmodrome (bahasa rusia:Космодром Байконур), juga dipanggil tyuratam, adalah fasilitas peluncuran luar angkasa tertua dan terbesar yang masih beroperasi di dunia. Awalnya dibangun oleh pihak soviet dan kini berada di bawah pengawasan rusia, meski terletak di kazakhstan. Letaknya sekitar 200 km di sebelah timur laut aral, di tepi utara syr darya, dekat kota tyuratam, di bagian timur-selatan negara tersebut.


 
Nama baikonur dipilih agar pihak barat tertipu dan mengira lokasinya berada di dekat baykonur, sebuah kota pertambangan di wilayah gurun pasir dekat dzhezkazgan, sekitar 320 km di sebelah timur laut lokasi sebenarnya. Kordinat geografisnya adalah 45.6° lu 63.3° bt .

Baikonur adalah tempat pengoperasian utama untuk program luar angkasa soviet yang ambisius sejak akhir 1950-an hingga 1980-an dan dilengkapi dengan fasilitas lengkap untuk meluncurkan angkutan luar angkasa berawak dan tak berawak. Baikonur memainkan peranan penting dalam pengoperasian stasiun luar angkasa internasional.

Fasilitas ini awalnya dibangun pada pertengahan 1950-an sebagai pusat rudal jarak-jauh. Sebuah pemukiman kecil kemudian dibangun untuk keperluan sekolah, tempat tinggal para pekerja. Pada 1966 ia ditingkatkan statusnya menjadi sebuah kota bernama leninsk, yang kemudian diubah menjadi baikonur pada 1995.

Banyak penerbangan bersejarah yang berasal dari baikonur: Satelit buatan pertama pada 4 oktober 1957, penerbangan mengorbit berawak pertama oleh yuri gagarin pada 1961, dan penerbangan dengan awak wanita pertama, valentina tereshkova pada 1963.

sejarah baikonur cosmodrome

kosmodrom baikonur merupakan salah satu kosmodrom yang dimiliki rusia sebagai warisan uni soviet. Kosmodrom ini dibangun dengan tujuan sebagai tempat peluncuran misil tercanggih soviet saat itu yang memiliki jangkauan hingga ribuan kilometer. Untuk meluncurkan misil terbaru itu, soviet membutuhkan lokasi peluncuran baru yang luas, jauh dari permukiman, serta memudahkan kontrol dan kendali atas berbagai wahana yang diluncurkan.

Melalui sebuah misi rahasia, dicarilah lokasi baru itu. Selain luas, syarat lain yang juga harus dimiliki lokasi kosmodrom baru itu adalah dekat dengan sumber air dengan debit yang besar. Fungsinya untuk media pendingin saat peluncuran wahana serta memiliki waktu kering yang lama sepanjang tahun.

Terpilihlah stepa luas di dekat kota kecil tyuratam di kazakhstan yang berada di jalur rel kereta api yang menghubungkan moskwa di rusia dengan tashkent di uzbekistan. Lokasi itu terletak di dekat sungai syr darya dan memiliki waktu kering sekitar 300 hari setahun. Keberadaan jalur kereta itu di kemudian hari menjadi sangat penting untuk mengangkut segala logistik yang diperlukan guna pembangunan kosmodrom serta sarana pengangkut peralatan militer serta para pekerja kosmodrom.

Tempat peluncuran misil baru itu didesain oleh pendiri program antariksa soviet, sergei pavlovich korolev, dan mulai dibangun pada 2 juni 1955. Bersamaan dengan pembangunannya, dibangunlah berbagai industri penunjang kosmodrom, mulai dari pabrik semen hingga industri propelan roket. Berbagai fasilitas penunjang pekerja kosmodrom pun disiapkan, termasuk fasilitas pendidikan dan kesehatan untuk keluarga pekerja kosmodrom. 
Beberapa saat setelah dilakukan uji penerbangan yang pertama, lokasi kosmodrom yang dirahasiakan itu terdeteksi oleh pesawat mata-mata milik amerika serikat. Namun, keberadaan kosmodrom ini baru diketahui dunia secara luas pascaruntuhnya uni soviet, saat terjadi perebutan antara rusia dan kazakhstan atas kepemilikan kosmodrom tersebut. Kini wilayah baikonur disewakan oleh kazakhstan kepada rusia hingga 2050.

Hanya dalam waktu dua tahun sejak pertama kali dibangun, kompleks peluncuran misil balistik pertama selesai dibangun. Satelit buatan pertama pun diluncurkan dari area ini pada 4 oktober 1957. Selanjutnya, keberhasilan peluncuran satelit itu diikuti oleh peluncuran berbagai wahana antariksa lainnya, termasuk wahana berawak serta pembangunan berbagai landasan peluncuran lainnya yang disesuaikan dengan misil yang digunakan.

Salah satu kompleks peluncuran yang cukup dikenal adalah untuk peluncuran roket zenit yang berada pada situs 45 dan selesai dibangun pada 1980-an. Dari landas luncur ini diluncurkan ratusan satelit komunikasi milik sejumlah negara dengan menggunakan roket zenit. Semula, kompleks ini memiliki dua landas luncur, tetapi salah satunya hancur akibat peluncuran yang gagal pada 1990.

Tak hanya untuk peluncuran wahana antariksa tanpa awak, dari kosmodrom ini juga diluncurkan berbagai wahana antariksa berawak milik soviet untuk mengeksplorasi angkasa luar. Yuri alekseyevich gagarin, manusia pertama yang melakukan perjalanan luar angkasa mengelilingi bumi, pun berangkat dari kosmodrom ini. Dengan menggunakan vostok 1 pada 12 april 1961, kosmonot kebanggaan soviet itu pun mampu kembali ke bumi dengan selamat.

Baikonur Cosmodrome 1foto komplek baikonur cosmodrome dilihat dari satelit


Baikonur Cosmodrome 2kika ingin masuk ke komplek baikonur cosmodrome, kita harus diperiksa terlebih dahulu


Baikonur Cosmodrome 3
semua mobil memiliki nomor wilayah 94, wilayah luar rusia, di kota itu sendiri banyak mobil dengan nomor kazakhstan


Baikonur Cosmodrome 4fasilitas penyimpanan oksigen, outputnya dianggap berlebihan, itulah mengapa mereka memakainya hanya dua kali setahun, hanya pada periode dingin.


Baikonur Cosmodrome 5sebuah struktur bangunan untuk pengujian rudal dengan berbagai beban


Baikonur Cosmodrome 6bangunan rn "energia" (mik-112). Dibangun pada tahun 1966-1967 untuk membuat rudal soviet untuk terbang ke bulan n-1. Tinggi konstruksi ini 80m, luas daerah 254x112m. Ketika program penerbangan ulang selesai, bangunan 112 dirampok orang barbar dari penduduk setempat. Pada pagi hari mei 12, 2002 atapnya jatuh ke bawah dan menimpa pesawat luar angkasa soviet "buran", roket carrier "energia" dan delapan orang.


Baikonur Cosmodrome 7


Baikonur Cosmodrome 8artinya "bersama ke mars"


Baikonur Cosmodrome 9di kawasan ini juga ada bangunan militer yang terbengkalai


Baikonur Cosmodrome 10kota baikonur
 

Baikonur Cosmodrome 11  di kawasan ini juga ada museum luar angkasanya, di etalase kita bisa melihat makanan para kosmonot saat berada di luar angkasa


Baikonur Cosmodrome 12


Baikonur Cosmodrome 13
perlengkapan kosmonot beratnya bisa mencapa 25 kg


Baikonur Cosmodrome 14
Pada biosatellite "Kosmos-110", dibuat untuk penerbangan menuju ke angkasa dengan hewan pada tahun 1966, ada mengirim dua basteran Veterok dan Ugolyok. Penerbangan itu berlangsung 23 hari dan rekor ruang angkasa masih dipegang untuk anjing di ruang angkasa.


Baikonur Cosmodrome 15
The space launching site model.


Baikonur Cosmodrome 16
replika pesawat luar angkasa "buran" jika ingin tahu lebih jelas


Baikonur Cosmodrome 17
disini ada 8 model percobaan pesawat buran, untuk berbagai percobaan


Baikonur Cosmodrome 18
kabin pilot pesawat buran


Baikonur Cosmodrome 19


Baikonur Cosmodrome 20
kecepatan kereta ini sangat rendah, butuh waktu 40 menit untuk mencapai tempat peluncuran


Baikonur Cosmodrome 21
ini launch site nomor 1, merupakan yang tertua di baikonur


Baikonur Cosmodrome 22
pengisian bahan bakar roket soyuz-u yang akan diluncurkan ke luar angkasa


Baikonur Cosmodrome 23
saat pelepasan tiang dari roket, terjadi penguapan oksida yang keluar


Baikonur Cosmodrome 24
Pada 28 April 2010 pada jam 23:15 waktu setempat, mereka berhasil menerapkan peluncuran rudal "Soyuz-U" dengan kendaraan kargo transportasi "Progress M-05M" yang akan membawa kargo sekitar 2600kg untuk di International Space Station (ISS).


Baikonur Cosmodrome 25
Meluncur. Perlahan-lahan, kemudian lebih cepat dan lebih cepat. suara memekakkan telinga dari mesin yang menggetarkan tanah.


Baikonur Cosmodrome 26


Baikonur Cosmodrome 27


Baikonur Cosmodrome 28
sesudah peluncuran


Baikonur Cosmodrome 29
kereta yang membawa bahan bakar


Baikonur Cosmodrome 30
perangkat untuk peluncuran roket

source: http://menguasaidunia.blogspot.com/2011/03/baikonur-cosmodrome-fasilitas.html