Penyebab Email, Facebook, Twitter di Hack

Posted by Sangat Unik


Berbagai alasan Penyebab facebook kena hack, email kena hack, twitter kena hack. Apa sih sebenarnya yang terjadi?
Yuk, mari kita telaah lebih dalam lagi, apa yang sebenarnya terjadi:
Kita mulai dari diri kita sendiri:

  • Terkadang kita kurang terliti dan kurang hati-hati dalam menyikapi sesuatu, disertai dengan andrenalin yang tinggi yang ada pada diri kita, sehingga menyebabkan kita tedor dan lupa atas apa yang kita lakukan.
  • Kurang waspada dan jeli dalam melihat sesuatu, sehingga membuat segala sesuatu menjadi buta, tuli & tak berasa.
  • Kurang merasa memiliki dan kurang menjaga apa yang kita miliki, sehingga kita membuat mudah dan menganggap enteng segala sesuatu.

Dari penjelasan diatas, beberapa hal yang menyebabkan email, facebook, twitter, dsb kena hack adalah:
  1. Kurang jeli memperhatikan URL Address (Alamat URL), misalkan:http://www.facekook.comhttp://facebook.website.com, padahal URL yang sebenarnya adalah http://www.facebook.comNah jika anda mengklik situs tersebut, maka anda sudah masuk jebakan batman, karena mungkin bisa saja isi dari website dapat mengandung scam / phising / fakelogin / virus / malware, dsb & Account Anda Raib!
  2. Tergiur dengan tipuan yang menggoda, sehingga terjebak pada kesalahan yang fatal, misalkan: “Foto Bugil Artis ABCDE, silakan klik link berikut: http://www.andaterjebak.com“, “Video Mesum Aktor CDEFGH, Baru Loh, silakan klik: http://www.artisvideoporno.com“, “Hadiah besar menanti, Blackberry gratisan: http://www.webpalsugratisan.com“, dan masih banyak tipuan & trik yang lainnya. Sudah pasti tahu apa yang akan terjadi bila mengklik situs tersebut, maka bisa jadi akan bertemu link scam / phising / fake login / virus / malware /spam & Account Anda Terhack apabila anda melakukan penginputan user & password email di situs tersebut!
  3. Tidak pernah berfikir bahwa ada “Backdoor, Trojan, Spyware, Keylogger” dalam komputer yang digunakan saat ini, sehingga lupa untuk melakukan checking terhadap aplikasi & service yang sedang berjalan saat ini. Misal: Windows -> Tekan “CTRL+ALT+DEL“, kemudian muncul Taskmanager, checklah aplikasi & service yang berjalan, apabila ada aplikasi / service yang mencurigakan silakan di “End Process / End Task”. Linux: Tinggal ketik “ps- aux”, kemudian kill -9 aplikasi yang mencurigakan. Hapuslah autorun melalui regedit di windows atau hapus crontab di Linux.
  4. Kebanyakan tidak mengetahui bahwa password email, facebook, twitter, dsb haruslah BERBEDA. Jika password keseluruhan account yang kita miliki sama, maka akan mempermudah sang hacker untuk memasuki account kita yang lainnya. Namun yang paling penting adalah JAGALAH PASSWORD EMAIL DENGAN BAIKkarena email merupakan akar dari account yang lainnya. Misal: Password email “h4Ck3r$3jAt1“, password facebook “f@c3b()()kk03“, pasword twitter “b3rk#!c@u“, yang terpenting adalah harus berbeda & mudah di ingat.
  5. Email dianggap sesuatu yang kedua, karena sangat gampang untuk membuat email,hingga password email lupa karena hampir tidak pernah membuka email yang dibuat. Password email saja lupa, apalagi “Secret Question” nya, ketika dalam kasus Facebook, Twitter terkena hack, maka akan sangat sulit untuk merecovernya kembali.
  6. Malas untuk melakukan update account profile / account setting terhadap email, facecook, twitter, dsb. Sehingga informasi mengenai “Alternate Email, Secret Question, Alamat, No. Telp” kadang di isi sembarangan bahkan kadang tidak di isi. Inilah account yang sudah kena hack tidak akan pernah kembali lagi kepada pemiliknya.
  7. Tidak ada waktu untuk melakukan perubahan secara berkala terhadap password, passwordnya selalu sama dari awal pembuatan sampai saat ini. Inilah yang dapat menyebabkan password masih bisa dipakai andaikan password sudah masuk dalam log sang hacker walaupun lognya sudah 1-2 tahun yang lalu.
  8. Mengisi password secara sembarangan, mudah untuk ditebak & password yang lemah, misal: “abcdef”, “12345″, “21101986″, “201282″, “ayulovejelek”. Biasanya kebanyakan orang mengisi password dengan “Tanggal Lahir, Namadepan & Belakang, Hari Spesial, Nama Pacar, No. HP, Keluarga“. Password harus dibuat minimal terdapat “Alfabet Character, Angka, Symbol & Panjangnya Minimal 10 Character” hal ini bertujuan untuk memperkuat password, password harus sesuatu yang berbeda yang mudah di ingat oleh kita sendiri dan untuk mempersulit ketika ada aktifitas BruteForce terhadap Account.
  9. Hal yang paling sering adalah “Lupa Logout & Lupa Clear Browsing History” setelah kita melakukan aktifitas browsing di internet sehingga kebanyakan sang hacker menggunakan cookies yang sebelumnya untuk mengambil alih account & tentu saja account akan hilang ditelan malam. Kebanyakan hal ini terjadi di warnet atau tempat public internet.
  10. Salah satu yang paling  rentan & karena malas untuk mengisi password, sehingga yang digunakan adalah “Remember Password, sebaiknya walaupun itu laptop pribadi, pc pribadi, sebaiknya kita tinggalkan kebiasaan ini, karena cukup mudah untuk mengambil account apabila ada “remember password”. Terdapat tools yang juga bisa merecover password yang disave di Browser.

Beberapa hal tersebut yang membuat account terkena hack, akan saya berikan Clue kepada Pembaca Delta Net yang setia:
  1. Manusia adalah VULNERABILITY (Sebuah Kelemahan / Kerentanan) yang TIDAK PERNAH BISA DI PATCH! Jika sang hacker sudah pusing & tidak berhasil untuk menghack system. Maka sasarannya adalah MANUSIA itu sendiri, karena Manusia memiliki kelemaan yang tidak pernah bisa di PATCH, kecuali atas se ijin Yang Maha Kuasa 
  2. Setiap saat dan setiap waktu setiap ada Bug di sebuah system, developer akan bertindak untuk melakukan PATCH. Oleh sebab itu TIDAK AKAN PERNAH MUDAH UNTUK MELAKUKAN HACK ACCOUNT DIDALAM SYSTEM THE BIG 5 (GOOGLE, YAHOO, MICROSOFT, FACEBOOK, TWITTER). Jadi sebaiknya berhati-hatilah apabila ada jasa penawaran untuk melakukan hacking “Yahoo, Facebook, Gmail, Twitter” dsb, apalagi meminta bayaran & via online. Yang pasti duit anda akan raib begitu saja.
Untuk pembaca setia Delta Net Kabunan, tetap waspada, teliti, hati-hati dalam menyikapi sesuatu & JANGAN MUDAH TERTIPU oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Karena jujur saja, banyak Inbox yang masuk di email saya yang meminta bantuan untuk recover password, hack password, facebook kena hack, yahoo kena hack, hotmail kena hack, gmail kena hack, dan ada juga yang tertipu karena melakukan pembayaran tetapi barang  tidak dikirimkan. (Untuk Yang Merasa: Mohon Maaf Apabila Semua Belum Sempat Saya Balas) dikarenakan banyak hal penting lainnya yang harus dikerjakan.
Keep Save, Keep Watch, Keep Learn & Dont Forget We Have Unpatched Vulnerability 



source: http://www.deltanetkabunan.com/2011/07/penyebab-email-facebook-twitter-di-hack.html