Tweet Pertama Ada 10 Tahun Lalu

Posted by Sangat Unik

http://koreanindo.files.wordpress.com/2010/05/twitter-bird-pic3.jpg
Situs mikroblogging yang mendapatkan posting lebih dari 1 miliar tweet dalam sepekan itu ternyata menerima tweet pertama sepuluh tahun lalu, atau lima tahun sebelum Twitter resmi berdiri pada Juli 2006.

Pendiri Twitter, Jack Dorsey mengkisahkan bagaimana dia pertama kali mencoba untuk mengirim tweet melalui ponsel pintarnya. "Ketika saya masih muda saya terobsesi dengan peta," kata Dorsey yang ketika itu berusia 14 tahun.

Dia kemudian mempelajari bagaimana menulis perangkat lunak untuk mengirim pesan di mana lokasi si pengirim pesan berada. Pada 2001, Dorsey bekerja di sebuah perusahaan pengiriman dan ketika itu dia menyadari bahwa sebelumnya dia punya "mimpi" tentang bagaimana mewujudkan pengiriman pesan yang sederhana dan melewati batas ruang dan waktu.

"Jadi saya menulis beberapa kode untuk ponsel Blackberry saya dan membuat daftar email teman-teman," katanya. Kemudian software itu dia gunakan ketika sedang berada di Golden Gate Bison Park. Waktu itu, Dorsey mengirim pesan "Saya berada di taman bison". "Itulah tweet pertama saya," katanya.

Tapi sayangnya ketika itu pesan tersebut tidak seketika itu juga dibaca teman-teman Dorsey karena dia mengirim ke surat elektronik. Sekarang teknologi yang diterapkan Twitter lebih cepat dan dapat check-in di suatu lokasi melalui layanan seperti Foursquare dan Gowalla.

Lalu mengapa Twitter baru hadir lima tahun setelah 2001? Dorsey mengatakan di Amerika Serikat baru menerapkan teknologi pesan singkat antar operator ponsel pada 2006.
Sumber