Google Doodle Kenang Bapak Sastra AS

Posted by Sangat Unik

detail berita
Mark Twain adalah seorang penulis berkebangsaan Amerika Serikat (AS). Ia terkenal melalui karya besarnya, "The Adventure of Huckleberry Finn" dan "The Adventure of Tom Sawyer".

Header Google menampilkan lukisan tentang anak-anak yang sedang mengecat pagar. Lukisan tersebut mengilustrasikan kcerita dari kedua karya besar Mark Twain tersebut.

Mark Twain lahir di Hannibal, Missouri, pada 30 november 1835 dan bertepatan dengan melintasnya komet Halley di dekat orbit Bumi. Ia didaulat sebagai bapak bagi kesusastraan Amerika, dan novel karyanya, "The Adventure of Huckleberry Finn" merupakan salah satu bacaan wajib untuk banyak sekolah di seluruh penjuru Amerika.

Ia pernah bekerja sebagai seorang juru cetak, nahkoda kapal di Sungai Missisippi, penambang emas, sampai akhirnya ia menjadi seorang jurnalis di koran Orion. Pada masa awal kepenulisannya, Mark Twain menulis dengan gaya humor ringan, namun perlahan-lahan tulisan tersebut berkembang menjadi cerita tentang kekosongan hidup, kemunafikan, dan tindakan-tindakan kejam yang dapat dilakukan manusia.

Tulisannya banyak mengangkat kritik sosial dan sejarah dan menjadi inspirasi bagi banyak penulis setelah masanya.

Google Doodle dibuat oleh Google untuk memperingati kejadian-kejadian istimewa, seperti ulang tahun tokoh-tokoh ternama dan hari-hari besar dunia. Google Doodle pertama kali dibuat pada tahun 1998 dan mendapat hak patennya pada tahun 2010.

Tokoh-tokoh yang pernah dibuatkan Google Doodle antara lain Andy Warhol, Albert Einstein, Leonardo da Vinci, Rabindranath Tagore, Louis Braille, Percival Lowell, Edvard Munch, Nikola Tesla, Béla Bartók, René Magritte, Michael Jackson, Akira Kurosawa, H. G. Wells, Samuel Morse, Hans Christian Orsted, Mohandas Gandhi, Dennis Gabor, Antonio Vivaldi, Jules Verne dan lain-lain. 



source: http://techno.okezone.com/read/2011/11/30/55/536052/google-doodle-kenang-bapak-sastra-as