Jika Agan memiliki salah satu dari konsol PlayStation (PSX, PS2, PS3 dan PSP) maka Agan telah melihat skema tombol yang tercetak pada kontroler/stik. Alih-alih memiliki ABC XYZ seperti apa yang Nintendo lakukan dengan kontroler mereka, Sony terjebak dengan skema warna-warni dan banyak lagi dikenali.
PlayStation desainer Teiyu Goto menjelaskan mengapa.
Siapakah Goto Teiyu itu? Yah tidak lain dialah bapak dari PlayStation, ia adalah orang di balik desain untuk PlayStation, PlayStation 2 dan PlayStation 3!
Jadi mengapa hanya bentuk dan warna? Dalam sebuah wawancara dengan majalah game Famitsu Jepang, itu semua agar Playstation tetap terlihat sederhana.
"Itu ... cukup sulit," katanya. "Perusahaan game lain menggunakan huruf alfabet atau warna tombol. Kami menginginkan sesuatu yang mudah diingat, yang mengapa kami menggunakan ikon atau simbol, dan saya akhirnya membuatnya dengan kombinasi segitiga-lingkaran-X-persegi. Saya memberi setiap simbol makna dan warna."
- Segitiga: ini mengacu pada sudut pandang, Seperti sebuah panah penunjuk arah, dan saya membuatnya hijau.
- Persegi: mengacu pada selembar kertas, saya mmbuatnya seperti mewakili menu atau dokumen dan membuatnya pink.
- Lingkaran dan X: merupakan 'ya' atau 'tidak' dalam pengambilan keputusan dan saya membuat mereka merah dan biru masing-masing. Orang berpikiran bahwa warna2 tersebut cocok, dan aku harus memperkuat kepada manajemen bahwa itulah yang saya inginkan. "
Pasti banyak yang berpikiran kenapa O dan X memiliki makna sebaliknya di game2 buatan eropa / amerika, itu karena perbedaan kebudayaan saja. Di Jepang, lingkaran berarti ya, dan X berarti tidak ada. Perbedaan makna tersebut hanya karena perbedaan budaya semata.
source: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6103565