Honda Pecat Dovizioso dan Simoncelli?

Posted by Sangat Unik


Bos tim Honda, Shuhei Nakamoto takkan mengulang komposisi tiga pembalap di tim utama untuk musim depan. Itu semua dilakukan Honda atas alasan efisiensi.

Nakamoto menyebut anggaran Honda akan dikurangi untuk tahun depan. Ia meyakini hanya Casey Stoner dan Pedrosa akan tetap menjadi pembalap utama Honda pada 2012.

"Ini saat-saat sulit. Krisis ekonomi belum selesai," kata Nakamoto kepada majalahMotosprint.
Pabrikan asal Jepang ini mementaskan tiga pembalap di tim utama Repsol Honda yakni Casey Stoner, Dani Pedrosa dan Andrea Dovizioso. Mereka juga masih punya Marco Simoncelli yang membalap untuk tim satelit San Carlo Honda Gresini. Meski begitu, motor yang dipakai Simoncelli sama dengan trio Honda lainnya.

Di tim satelit ini juga ada nama Hiroshi Aoyama. Sedangkan Toni Elias melengkapi komposisi 6 pembalap di tim LCR Honda MotoGP.

"Selain itu, Jepang juga punya beberapa masalah besar akibat bencana yang terjadi musim semi lalu. Semua sektor industri kami harus mengurangi produksi sampai 30 persen, dan Honda juga terkena imbasnya. Maka, kami juga harus mengurangi biaya."

Padahal, kemampuan Dovi dan Simoncelli menjanjikan musim ini. Dovi sementara berada di posisi 3 klasemen pembalap, sedangkan Simoncelli di posisi 8.

"Jika saya memaksa untuk mengumumkan susunan pembalap 2012, maka saya hanya bisa bilang dua pembalap utama Stoner dan Pedrosa. Karena mereka memang punya kontrak sampai musim depan. Saya harus mengucapkan selamat tinggal kepada Simoncelli dan Dovizioso," lanjut Nakamoto.

"Saya minta kepada mereka agar sabar menunggu, kami akan coba mencari solusi yang diakibatkan oleh masalah uang ini. Anggaran memang akan dipotong, tapi saya belum tahu berapa jumlahnya. Pertengahan Agustus nanti, semuanya akan jelas."

Menurut Motosprint, Honda hanya akan memiliki empat pembalap untuk MotoGP yang akan memakai mesin 1.000cc pada 2012 nanti. Komposisinya, dua pembalap tim utama serta dua untuk satelit. 


• VIVAnews