Royal Wedding Dari Masa ke Masa

Posted by Sangat Unik

Royal Wedding Dari Masa ke Masa


Pernikahan keluarga kerajaan, khususnya Inggris, selalu menyita perhatian jutaan orang di dunia. Acara yang hampir selalu digelar secara besar-besaran itu seakan bisa menghipnotis dunia internasional dengan kegiatan bak negeri dongeng dengan venue-venue menarik.
Yang terbaru - dan sudah jadi topik hangat sejak tahun lalu adalah pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton yang bakal dihelat di Westminster Abbey, London. Tempat bersejarah ini telah menorehkan sejumlah acara besar yakni pernikahan keluarga kerajaan selama lebih dari 60 tahun terakhir.
Dan berikut ini adalah daftar Royal Wedding selama masa pemerintahan Ratu Elizabeth II, dan apa saja yang terjadi dalam event-event tersebut:
  • PUTRI MARGARET DAN ANTONY ARMSTRONG-JONES

    Tanggal pernikahan: 6 Mei 1960 di Westminster Abbey, London
    Fakta: Saudara perempuan Ratu Elizabeth ini mulai membuka diri soal gagalnya pernikahannya dengan pengawal bernama Peter Townsend tahun 1953, saat dirinya menjadi janda.

    Ia kemudian menikah dengan fotografer bernama Antony Armstrong-Jones, yang menciptakan Earl of Snowdon, dalam siaran langsung pertama royal wedding di televisi. Teman-teman mereka juga ikut hadir di acara ini.

    Keduanya kemudian dikaruniai dua anak yakni David yang menjadi Chairman dari rumah lelang Cristie, dan pelukis bernama Sarah.

    Rumor perselingkuhan mereka mulai merebak pada 1966, dan akhirnya membuat mereka berpisah di tahun 1970-an dan resmi bercerai tahun 1978, ketika Antony menikah lagi. Margaret akhirnya menutup usia di tahun 2002.
  • PUTRI ANNE DAN MARK PHILLIPS

    Tanggal pernikahan: 14 November 1973 di Westminster Abbey, London
    Fakta: Anne adalah putri pertama Ratu Elizabeth yang menikah. Ia mengikat janji dengan seorang letnan angkatan bersenjata bernama Mark Philips dalam upacara pernikahan yang berlangsung di Westminster Abbey dan difilmkan secara berwarna serta ditayangkan langsung di seluruh dunia.

    Tidak seperti biasanya, Phillips yang merupakan peraih medali emas berkuda, tidak menambahkan gelar untuk dua anak mereka - Peter dan Zara Phillips. Annedan Phillips akhirnya bercerai di tahun 1992.
  • PANGERAN CHARLES DAN LADY DIANA SPENCER

    Tanggal pernikahan: 29 Juli 1981 di St Paul's Cathedral, London
    Fakta: Disebut sebagai pernikahan terbesar sepanjang abad 20, sang pewaris tahta kerajaan Inggris menikahi Diana Spencer dalam upacara megah yang dihadiri berbagai kepala negara di seluruh dunia dan keluarga kerajaan. Britain bahkan sampai menetapkan hari tersebut sebagai hari libur nasional dan acaranya sendiri ditayangkan live di seluruh belahan dunia.

    Pernikahan tersebut diadakan di St Paul's Cathedral dengan alasan bahwa tempat tersebut lebih mampu menampung lebih banyak orang ketimbang Westminster Abbey. Selain itu juga untuk menghindari rute yang lebih panjang.

    Meski tidak memiliki darah biru, namun Diana adalah putri dari seorang earl (gelar di bawah count). Dari pernikahannya dengan Charles, mereka dikaruniai dua putra yakni Pangeran William dan Harry. Sayangnya pernikahan itu tidak abadi. Keduanya berpisah pada 1992 dan bercerai 4 tahun kemudian. Diana meninggal dalam kecelakaan mobil di tahun 1997.
  • PANGERAN ANDREW DAN SARAH FERGUSSON

    Tanggal pernikahan: 23 Juli 1986 di Westminster Abbey, London
    Fakta: Setelah pernikahan Charles, semua mata tertuju pada putra kedua Ratu Elizabeth yang akhirnya menikahi Sarah Fergusson - orang biasa dan merupakan putri dari seorang mayor, lima tahun kemudian. Event skala besar pun diadakan sesuai dengan template pernikahan Charles sebelumnya.

    Andrew dianugerahi Duke of York. Mereka kemudian dikaruniai dua anak - Putri Beatrice dan Eugenie. Tapi lagi-lagi pernikahan kerajaan ini tak awet. Andrew danSarah bercerai di tahun 1996, namun hubungan mereka tetap dekat.
  • PUTRI ANNE DAN TIMOTHY LAURENCE

    Tanggal pernikahan: 12 Desember 1992 di Crathie Kirk, Balmoral
    Fakta: Anne menjadi anggota keluarga kerajaan Inggris yang bercerai dan kemudian menikah lagi - sejak 1905. Ia menikah dengan pimpinan Royal Navy Timothy Laurence dalam sebuah upacara sederhana di gereja yang hanya digunakan keluarga kerajaan ketika mereka berada di Balmoral, Skotlandia.

    Gereja di Inggris tidak mengizinkan orang yang bercerai untuk menikah lagi di gereja yang sama, sedangkan gereja di Skotlandia tidak ada larangan untuk hal itu.
  • PANGERAN EDWARD DAN SOPHIE RHYS-JONES

    Tanggal pernikahan: 19 Juni 1999 di St George's Chapel, Windsor Castle
    Fakta: Putra bungsu Ratu ElizabethEdward, menikahi manajer public relationnya sendiri, Sophie Rhys-Jones dalam upacara pernikahan yang lebih sederhana ketimbang kakak-kakaknya. Ia kemudian diberi gelar Earl od Wessex, dan dikaruniai dua anak dari pernikahan itu.
  • PANGERAN CHARLES DAN CAMILLA PARKER-BOWLES

    Tanggal pernikahan: 9 April 2005 di Windsor Guildhall
    Fakta: Setelah hubungan lama mereka diterima oleh publik, Charles dan Camilla akhirnya menikah di Windsor dalam sebuah upacara pernikahan sederhana. Tidak hanya sampai di situ, acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian berkat di St George's Chapel dengan kehadiran Ratu Elizabeth.

    Awalnya pernikahan itu direncanakan akan bertempat di Windsor Castle, namun kemudian diubah ke Guildhall.

    Status Charles dan Camilla adalah janda dan duda. Inilah yang akhirnya menimbulkan kontroversi karena keduanya menikah di gereja - apalagi di kemudian hari Charles bakal dinobatkan sebagai supreme governor of the Church of England.

    Pernikahan sendiri sempat ditangguhkan satu hari untuk memberikan kesempatanCharles menghadiri acara pemakaman Paus John Paul II.
  • PETER PHILLIPS DAN AUTUMN KELLY

    Tanggal pernikahan: 17 Mei 2008 di St George's Chapel di Windsor Castle
    Fakta: Cucu termuda Ratu ElizabethPeter Phillips akhirnya menikahi seorang konsultan manajemen asal Kanada bernama Autumn Kelly dalam acara pernikahan sederhana yang hanya dihadiri pihak keluarga. Autumn berpindah keyakinan dari Katolik menjadi penganut Anglican untuk menjaga posisi Petersebagai pewaris tahta ke-11.

    Peter yang merupakan putra Anne, bekerja di Royal Bank of Scotland dan tidak mengembang satupun tugas kerajaan.
source: Kapanlagi.com