Liverpool dan Arsenal Tancap Gas

Posted by Sangat Unik

Kepercayaan diri tinggi menyelimuti Liverpool dan Arsenal saat berduel dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Anfield, Sabtu (3/3) ini. Liverpool bakal menginjak pedal gas dalam-dalam untuk menembus Empat Besar. Begitu juga Arsenal yang mengejar Tottenham Hotspur.

Sebelum jeda kalender laga internasional, Liverpool dan Arsenal memperlihatkan performa yang bisa menjadi titik balik perubahan ke arah positif musim ini. Liverpool mengangkat trofi Piala Liga sekaligus mengakhiri masa paceklik gelar enam tahun.

Adapun Arsenal memperlihatkan karakter asli mereka dengan etos spirit kebangkitan saat melibas Tottenham Hotspur 5-2 meski sempat tertinggal 0-2. Kedua kemenangan itu bisa memberi dampak positif, setidaknya secara psikologis, untuk merebut tiket tampil di Liga Champions.

Seperti apa hasilnya jika kedua tim dengan suasana hati positif berduel dengan pertaruhan prestisius berupa tiket ke Liga Champions? ”Setelah laga terakhir lalu, kami tentu yakin, kami mampu finis tidak hanya di empat besar, tetapi juga menandingi Tottenham untuk merebut tempat yang pantas kami dapatkan,” kata Wojciech Szczesny, kiper Arsenal.

Saat ini, Arsenal di peringkat keempat dengan nilai 46, enam angka di bawah peringkat ketiga Tottenham. Tim yang finis Empat Besar klasemen bakal tampil di Liga Champions. Namun, jika menempati peringkat ketiga, mereka lolos otomatis tanpa ikut kualifikasi seperti yang harus dijalani peringkat keempat.

”Jika kami mampu mengulang penampilan saat melawan Tottenham, saya yakin kami mampu memperoleh hasil (bagus) lawan Liverpool dan Newcastle,” kata kiper asal Polandia itu. Setelah bertandang ke Liverpool, pada pekan berikutnya, Senin (12/3), ”The Gunners” menjamu Newcastle, yang kini hanya terpaut tiga poin di bawah Arsenal dan juga mengincar tiket Liga Champions.

Jika melihat posisi klasemen saat ini, ada empat tim yang terlibat dalam perebutan masuk Empat Besar, yakni—berurutan dari peringkat teratas—Arsenal (46), Chelsea (46), Newcastle (43), dan Liverpool (39). Kendati terpaut tujuh poin dari Arsenal dan Chelsea, Liverpool tidak kehabisan peluang karena menyimpan satu laga.

”Arti kemenangan itu, yakni membuat Anda lebih percaya diri dan memberi Anda insentif untuk terus melaju dan berusaha, serta menang dan bermain pada final-final lainnya,” kata Stewart Downing, gelandang kiri Liverpool, terkait sukses timnya menjuarai Piala Liga.

”Dan kami masih memburu tempat di Liga Champions, pada peringkat keempat klasemen. Banyak laga yang harus dijalani dan mudah-mudahan kami mampu menjalani laga dengan baik.”


Potensi imbang
Namun, duel Liverpool versus Arsenal pekan ini berlangsung dalam situasi yang kurang ideal. Kedua tim tak bisa menampilkan kekuatan penuh karena beberapa pemain kunci mereka cedera.

Liverpool kehilangan bek Daniel Agger yang cedera iga saat tampil di final Piala Liga. Kapten Steven Gerrard meragukan setelah mengalami masalah hamstring saat membela timnas Inggris lawan Belanda, Rabu lalu.

Absennya Agger memungkinkan tampilnya kembali Jamie Carragher. Namun, dari beberapa laga terakhir, persoalan lini belakang tim asuhan Kenny Dalglish lebih pada kurang solidnya bek kiri Jose Enrique.

Arsenal juga belum pasti diperkuat striker andalan Robin van Persie (cedera pangkal paha) dan bek Thomas Vermaelen (cedera engkel). Cedera dua pemain itu membuat Pelatih Arsene Wenger berang kepada Belanda dan Belgia, timnas dua pemain itu.

Van Persie dan Vermaelen sebenarnya cedera, tetapi tetap dimainkan dalam uji coba timnas masing-masing. Bersama Belanda, Van Persie tampil melawan Inggris. Sementara Vermaelen membela Belgia melawan Yunani.

Wenger menuduh Belanda dan Belgia memaksakan dua pemain klubnya tampil meski cedera. ”Laga-laga uji coba itu semakin dan terus semakin sulit untuk diterima semua kalangan,” kata Wenger yang berencana komplain kepada Federasi Sepak Bola Belgia.

Dengan sama-sama kehilangan beberapa pemain kuncinya, laga Liverpool versus Arsenal tak tertutup kemungkinan berakhir imbang. Liverpool mencatat penampilan kurang meyakinkan di kandang. Dari 12 laga kandang mereka, delapan laga berakhir seri dan hanya empat yang berhasil mereka menangkan.


Ketajaman bomber City
Selain duel Liverpool versus Arsenal, ada enam laga lainnya pada Sabtu ini. Pemuncak klasemen Manchester City menjamu tim papan bawah Bolton Wanderers, yang tengah terancam degradasi.

Salah satu elan vital kekuatan City musim ini, ketajaman striker. Sergio Ageuro, Edin Dzeko, dan Mario Balotelli menyumbang 39 dari 67 gol Liga Inggris musim ini. Selama ketiganya fit dan tak diskors, City melaju.

Pada laga lain, West Bromwich vs Chelsea, Blackburn vs Aston Villa, Queens Park Rangers vs Everton, Stoke vs Norwich, dan Wigan vs Swansea.



source: http://bola.kompas.com/read/2012/03/03/15051936/Liverpool.dan.Arsenal.Tancap.Gas