10 Film Ikonik Universal Pictures Sepanjang 100 Tahun

Posted by Sangat Unik

Perusahaan film terkenal di dunia yang berada di Amerika Serikat, Universal Pictures, genap berumur 100 tahun pada 8 Juni 2012 mendatang. Banyak sudah film-film bagus yang selalu melekat dalam ingatan para penggemar film.
Logo Universal pada ulang tahunnya yang ke-100 (Sumber: Google)
Keberadaan Universal Pictures memunculkan nama-nama besar di sejarah dunia perfilman. Sebut saja, Peter Jackson, Alfred Hitchcock, dan Steven Spielberg. Dari tangan menkajubkan mereka, banyak film bagus dan futuristik bisa Anda saksikan.

Menjelang ulang tahun perusahaan yang berlokasi di San Fernando Valley, berikut Talinews sampaikan 10 film ikonik keluaran Universal Pictures, sejak perusahaan film ini didirikan.

1. Traffic In Souls (1913)

Film ini merupakan film panjang pertama yang diproduksi oleh Universal Pictures, yang bercerita mengenai dunia prostitusi di Amerika. Pada 2006, film ini mendapatkan kehormatan tersendiri di National Film Registry, badan resmi pelestarian film dan budaya.

2. Phantom of the Opera (1925)

Tahun awal sejarah berdirinya Universal Pictures, identik dengan kisah-kisah horor dan mengerikan, seperti kisah Man of a Thousand Faces (manusia seribu wajah). Tonggak keberhasilan kisah horor ini ditunjukkan oleh Phantom of the Opera, yang merupakan kelanjutan dari film Chaney, 'The Hunchback of Notre Dome'. Film klasik ini mendapat banyak pujian dari para kritikus film.

3. Film Monster Universal (1931-1941)

Rentang waktu ini banyak diisi Universal dengan membuat film monster. Ternyata, film produksi berseting suasana gothic yang dilingkupi dengan nuansa gelap. Film ini mengorbitkan banyak tokoh terkenal dalam film. Seperti drakula, wolfman, dan Frankenstein.

4. Creature From the Black Lagoon (1954)

Berada dalam situasi perang dunia yang masih panas, masyarakat mengalami ketakutan akan bom atom. Namun, dunia film berusaha menghibur dengan menyajikan film horor fiksi ilmiah, melalui monster hasil mutasi untuk menyelamatkan manusia dari ancaman yang datang dari luar angkasa. Film Creature From the Black Lagoon melambungkan nama tokoh antagonis ikonik, Gillman.

5. Psycho (1960)

Siapa yang tidak mengenal film 'Psycho'. Pertama kalinya dalam dunia sinema, besutan Alfred Hitchcock melalui cerita dengan unsur 'sakit jiwa' seseorang yang dengan sadis menghabisi jiwa para korbannya. Psycho menjadi film abadi sadistis dengan thrillernya yang menggemparkan dunia perfilman.

6. Jaws (1975)

Film karya Steven Spielberg berjudul 'Jaws' menjadi film terlaris di dunia dengan terror hewan laut yang buas itu. Jaws menjadi film yang banyak dinantikan penggemar film, dengan antrean yang panjang. Film ini merupakan satu dari lima film terlaris di dunia yangdiproduksi Universal.

7. ET (1982)

Bintang film Drew Barrymore melambung namanya dalam film sci-fi 'ET'. Ini merupakan film terlaris buatan Spielberg selanjutnya. Saat itu Drew kecil bermain dengan apik dan mendapat banyak pujian. Namanya kemudian diperhitungkan dalam perfilman Hollywood, meski sering timbul tenggelam akibat penggunaan alkohol dan obat terlarang.

8. American Pie (1999)

Komedi terlaris melalui film 'American Pie' membuat Universal membuat sekuelnya. Cerita lucu yang didukung dengan permainan apik semua pemeran, mampu merebut hati penggemar film untuk terus menantikan lanjutan cerita film ini. Bahkan, di tahun 2012 ini, telah dirilis 'American Reunion' yang merupakan kelanjutan dari film ini.

9. King Kong (2005)

Illustrator epic Peter Jackson menjadikan film 'King Kong' tampak seperti sebuah kenyataan. Efek visual dari film ini mampu menyuguhkan tampilan gambar yang sempurna. Film ini juga mengeruk keuntungan mencapai USD $ 207 juta, dan memecahkan rekor keuntungan dari film produksi perusahaan film lain.

10. The Lorax (2012)

Kartun yang menyajikan cerita keluarga yang sangat menyentuh penggemarnya, 'The Lorax' melesat ke urutan teratas dalam box office di Amerika Serikat. Dalam film ini juga perusahaan Universal mengenalkan logo baru perusahaannya. 


source: http://www.talinews.com/2012/03/10-film-ikonik-universal-pictures.html#ixzz1qbb4Oo5K