Balita Lumpuh Bisa Berjalan Setelah Mengendarai Kereta Kuda

Posted by Sangat Unik

img
Seorang gadis kecil yang lumpuh dan tuli bisa mulai berjalan lagi setelah belajar mengendarai kereta kuda. Aktivitas yang menyenangkan ini tak hanya meningkatkan rasa percaya diri, tapi juga membuat gadis berusia empat tahun ini mengumpulkan keberanian untuk belajar berjalan. Hasilnya, balita ini berhasil melakukannya.

Gadis kecil bernama Jessica Hyslop ini didiagnosa mengidapcerebral palsy diplegic karena dilahirkan prematur empat bulan. Akibat kondisinya itu, otot perutnya lemah dan membuat gadis kecil ini hampir mustahil dapat berjalan. Tak hanya itu, Jessica juga dilahirkan tidak bisa mendengar alias tuli.

Tapi sang ibu, Angela, selalu mengajak Jessica untuk belajar mengemudi kereta kuda. Akhirnya, gadis kecil yang baru berusia 4 tahun ini memiliki kekuatan untuk menapakkan langkah pertamanya.

"Saya harus menemukan cara agar Jessica bisa melakukan sesuatu secara mandiri sehingga dapat terbangun rasa percaya diri dan harga dirinya. Saya menemukan sebuah selebaran bahwa mengemudi kereta kuda mungkin dapat membantu. Saya membawanya ke sana dan ia segera menyukai kegiatannya seperti bebek yang berenang di air," kata Angela Hyslop, 35 tahun dari Dumfries, Inggris seperti dilansir Daily Record, Kamis (22/3/2012).

Angela melihat terjadi perbedaan besar di daerah perut putrinya yang menakjubkan. Jessica jauh lebih kuat saat ini. Awalnya, otot perut Jessica yang bulat benar-benar lemah. Jessica tidak bisa duduk, berguling atau merangkak sampai seterusnya. Sangat berbeda dibandingkan anak-anak lainnya.

Mengemudi kereta kuda juga telah menyebabkan terjadi perubahan ajaib terhadap koordinasi dan ritme otot Jessica sehingga menghilangkan gejala cerebral palsy. Kemampuan berjalannya telah meningkat begitu banyak. Sekarang dia sudah bisa berjalan-jalan dengan tertatih dan tidak ada orang yang akan melihatnya secara berbeda lagi.

Menurut Angela, kuda pemarah yang menarik kereta Jessica adalah kunci penyembuhnya. Kuda yang diberi nama Dougal ini sebenarnya sedikit pemarah. Tapi ketika bersama Jessica, Dougal membiarkan Jessica melakukan apa saja. Dougal pergi ke mana saja sesuai keinginan Jessica tanpa rewel.

Terapi yang dijalani Jessica ini setara manfaatnya dengan operasi selective dorsal rhizotomy yang menelan biaya 24.000 £ atau Rp 350 juta. Akhir-akhir ini, banyak anak-anak di Inggris yang menjalani pengobatan serupa di Rumah Sakit St Louis, Missouri, Amerika Serikat.

"Bisa mengobati Jessica hingga sejauh ini tanpa operasi adalah bonus. Perbaikan kondisi ini juga sebagian karena Jessica. Dia gadis yang sangat menuntut, sedikit keras kepala dan sekarang bahkan jauh lebih keras kepala," kata Angela.

Jessica sekarang mengendarai kereta kudanya seminggu sekali ditemani pelatih Amanda Saville di sisinya. Jessica dan pelatihnya pernah menempuh jarak sejauh 300 mil dari kandang kuda Chariots of Fire di Lockerbie sampai ke Birmingham pada bulan Oktober lalu

"Jessica telah sampai ke tahap di mana dia telah berhasil meningkatkan kondisi tubuhnya. Sungguh menakjubkan melihat mengemudi kereta kuda bisa memperkuat tubuhnya," kata Angela.



source: http://health.detik.com/read/2012/03/22/142455/1874483/1202/balita-lumpuh-bisa-berjalan-setelah-mengendarai-kereta-kuda?l227551202