Kulit Hitam Pertama di Sepak Bola Pro

Posted by Sangat Unik


Inggris merupakan pelopor sepak bola profesional. Namun, sepak bola profesional dulu lebih identik dengan pemain kulit putih. Bahkan, tak ada satu pun pemain kulit hitam.

Baru pada 1889 muncullah pemain kulit hitam pertama yang bermain di sepak bola profesional di Inggris, juga pertama di dunia. Dia adalah Arthur Wharton, seorang olahragawan dari Ghana.

Ia lahir di Accra, Gold Coast (sekarang Ghana) pada 1865. Pada 1882, dia datang ke Inggris untuk belajar.

Memiliki bakat sebagai pelari, namanya segera terkenal. Apalagi, dia membuat rekor dunia pertama dalam lari 100 meter dengan catatan 10 detik. Dia kembali mempertahankan rekornya pada 1887.

Selain aktif dalam olahraga atletik, Wharton juga gemar bermain kriket, bersepeda, dan sepak bola. Mulanya, dia bermain di sepak bola amatir dengan membela Darlington sebagai seorang penjaga gawang.

Pada musim 1886-87, dia pindah ke Preston North End. Dia sukses membawa klub yang dulu masih amatir itu ke semifinal Piala FA.

Menjelang 1889, dia memutuskan untuk terjun di sepak bola profesional dengan memperkuat Rotherdam Town, kemudian pindah ke Sheffield United, Stalybridge Celtic, dan Ashton North End.

Dia memutuskan untuk gantung sepatu pada 1902, setelah membela Stockport County. Pertandingan terakhirnya melawan Newton Heath pada Februari 1902. Wharton meninggal dunia pada 1930.

source: http://bola.kompas.com/read/2012/04/01/00223110/Kulit.Hitam.Pertama.di.Sepak.Bola.Pro