Mengenang Kejayaan Titanic di Titanic Belfast Centre

Posted by Sangat Unik

Dua pijar yang ditembakkan ke langit dan menghiasi pagi Kota Belfast, Irlandia Utara, Sabtu (31/3), menandai pembukaan peluncuran Titanic Belfast Centre untuk mengenang kisah kapal pesiar yang karam 100 tahun lalu.

Titanic Belfast Centre adalah salah satu dari sejumlah proyek yang dirancang untuk menjadi destinasi pariwisata di Irlandia Utara. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan citra Belfast sebagai daerah kekerasan dan perselisihan sektarian selama puluhan tahun.

Sekitar 100 ribu orang dari 20 negara telah memesan tiket perdana untuk mengunjungi gedung pameran yang dibangun di samping tempat peluncuran Kapal Titanic oleh galangan kapal Harland dan Wolff, seabad lalu.

Gedung peringatan itu berbentuk seperti lambung kapal Titnic dengan ketinggian yang sama. Gedung itu terdiri dari enam lantai yang berisi sembilan galeri. Titanic Centre ini terbuat dari 3.000 panel aluminium.

"Kami membiarkan bangunan itu berbicara sendiri, dengan upacara sederhana, ditandai dengan penembakan dua kembang api - seperti yang terjadi ketika Titanic diluncurkan," kata CEO Titanic Belfast, Tim Husbands.

Di dalam gedung itu, pengunjung akan dipersilahkan melakukan perjalanan interaktif dan menonton cuplikan film mengenai bangkai kapal Titanic yang tenggelam 3.784 meter di dasar Samudera Atlantik. Selain itu, di dekat gedung Titanic Centre berdiri Kantor Perancangan Harland dan Wolff di mana pertama kali Titanic digambarkan.

Titanic Belfast diharapkan mampu menarik 125 ribu pengunjung setahun dari luar Kepulauan Inggris. "Ini semua tentang era baru kami. Ini Menara Eiffel kami ,Guggenheim kami, dan inilah saatnya kami untuk sepenuhnya mengubah bagaimana orang di seluruh dunia melihat kota kami," kata juru bicara Belfast Titanic, Claire Bradshaw.

Pembukaan gedung ini juga dibarengi dengan peluncuran Bir Titanic dan Wiski Titanic di seluruh pub dan keripik kentang Titanic di toko-toko.

Titanic bukan hanya kapal, ikan dan toko makanan kecil serta kafe di timur Belfast telah dinamai kapal tersebut. Bahkan stasiun kereta api terdekat ke gedung Titanic juga diberi nama yang sama pada pekan ini.

Selain itu, di Belfast timur terdapat jalan yang ditinggali ribuan keluarga galangan Titanic yang sudah menetap selama beberapa generasi. 

Pembukaan gedung itu juga dibarengi Festival Titanic yang memperingati 100 tahun tenggelamnya kapal ciptaan orang-orang Belfast yang paling terkenal itu. Ini akan mencakup apa yang disebut sebagai acara pencahayaan terbesar di dunia. Bahkan, sebuah konser yang ditayangkan di seluruh dunia oleh MTV dengan sejumlah bintang global.

"Titanic adalah sebuah merek yang diakui secara global dan proyek ini menyuntikkan ketertarikan baru dan positif di Belfast. Sangat indah untuk melihat Irlandia Utara menjadi berita utama untuk semua alasan yang benar," kata Menteri Pariwisata Inggris Raya, Arlene Foster. 

source: http://www.metrotvnews.com/read/news/2012/04/01/86974/Mengenang-Kejayaan-Titanic-di-Titanic-Belfast-Centre/11