Game Mampu Bantu Deteksi Penyalahgunaan Narkoba

Posted by Sangat Unik

Headline

Kini untuk mendeteksi penyalahgunaan narkoba dapat menggunakan sebuah video game. Benarkah?
Seperti dikutip dari Ubergizmo, kini para dokter di Northwestern Memorial Hospital menggunakan sebuah video game untuk membantu mereka mengidentifikasi tanda-tanda kecanduan dari pasien mereka.
Video game itu berdasarkan pada penelitian sebelumnya yang dibuat oleh Dr. Michael M. Fleming dari Northwestern University Feing School of Medicine. Menggunakan teknologi yang sama oleh FBI ketika melakukan interogasi.
Game tersebut menggunakan suara narator untuk mensimulasikan respon berdasarkan pada pertanyaan dokter, dan dokter tersebut harus bisa mengindikasi indikator atas kemungkinan adiksi.
Lalu game tersebut mensimulasikan dialog yang direkam oleh Dr. Fleming ketika ia mewawancara lebih dari 1.000 pasien narkoba. "Mengerjakan hal ini bukanlah hal yang mudah," ujar Dr. Fleming.
Software dari game tersebut dikembangkan oleh Dr. Dale Olsen, bekas Professor of Engineering di Johns Hopkins University. Game tersebut memerlukan biaya sekira US$50 per jam, dan dirancang untuk digunakan sebanyak 10 sesi, masing-masingnya berdurasi 15-20 menit.
Dr.Olsen mengatakan bahwa game tersebut bertujuan agar para dokter bisa lebih kolaboratif dengan para pasien mereka.

source: http://teknologi.inilah.com/read/detail/1865197/game-mampu-bantu-deteksi-penyalahgunaan-narkoba