Ini Dia Sebab-Sebab Utama Kecelakaan Kapal Pesiar

Posted by Sangat Unik

Costa Concordia yang karam Januari lalu (Foto: jpnn)

Perjalanan dengan kapal disebut memiliki keamanan terbaik dibanding perjalanan darat. Namun, kecelakaan kapal yang berakibat fatal masih kerap terjadi.

Sebenarnya, apa saja yang paling sering menjadi penyebab utama kecelakaan kapal? Simak ulasannya berikut ini, seperti dikutip dari CNTraveler:

Ombak tinggi

Ombak dengan ketinggian hingga 100 kaki di tengah laut adalah fenomena alam biasa yang tidak dapat diprediksi kapan munculnya. Pada 2005, kapal Grand Voyager dari Iberojet Cruises diterjang ombak ini, membuat sistem komunikasinya rusak dan mencederai 20 penumpangnya.

Pada 2010, kejadian sama terjadi pada kapal pesiar Louis Majesty di pesisir Prancis, memecahkan kaca kapal. menewaskan dua dari 1.400 penumpang, serta mencederai 14 penumpang lainnya. 

Badai


Perusahaan pesiar sungguh berhati-hati dalam mengawasi pergerakan badai di tengah laut. Sebab apabila sebuah kapal pesiar terjebak badai, akibatnya bisa fatal. Pada 1998, Kapal Pesiar Fantome terjebak badai Mitch di tengah laut. Badai ini merusak sistem navigasi kapal dan mengubah arahnya serta menewaskan semua kru kapal. Untungnya pada saat itu, seluruh penumpang sudah diturunkan di Belize. 

Api

Dalam 20 tahun terakhir, tercatat 72 kecelakaan api terjadi di kapal pesiar. Pada 2011, ruang mesin di kapal M.S Nordlys terbakar, menewaskan dua penumpang dan mencederai 16 orang lainnya. Kejadian yang sama terjadi pada April 2011, di mana ruang mesin kapal pesiar Azamara Quest terbakar. Untungnya, api cepat dipadamkan oleh kru kapal.

Tabrakan


Batu, karang, dan gunung es telah menenggelamkan lima kapal selama 20 tahun terakhir. Tabrakan antarkapal ataupun kapal dengan dermaga juga kerap terjadi. Salah satu insiden tabrakan kapal yang cukup serius adalah pada 1992, ketika kapal pesiar Yunani menabrak kapal nelayan dan menewaskan lebih dari 30 orang penumpangnya.

Begitu pula dengan Kapal Pesiar Costa Concordia yang menabrak karang di Pulau Giglio dan menewaskan 25 orang penumpang dan kru kapal. Kebanyakan kecelakaan karena kapal ini akibat adanya human error.

source: http://travel.okezone.com/read/2012/05/26/407/636057/ini-dia-sebab-sebab-utama-kecelakaan-kapal-pesiar