Pencipta Mario Bros Dapat Penghargaan Tertinggi Spanyol

Posted by Sangat Unik

Shigeru Miyamoto, didaulat sebagai bapak game modern.

Mengubah video game menjadi "medium yang bisa mempersatukan manusia terlepas dari perbedaan seks, usia, atau status sosial dan budaya

Pencipta game legendaris Super Mario Bros, Shigeru Miyamoto mendapat anugerah tertinggi dari Spanyol karena jasanya "merevolusi" industri permainana digital dunia.

Miyamoto yang berusia 59 tahun mendapatkan penghargaan Prince of Asturias Prize dan hadiah senilai 50.000 euro atau hampir Rp.581 juta untuk sumbangsihnya di bidang komunikasi dan telekomunikasi.

Pencipta game terkemuka Jepang itu dipuja karena ia menciptakan game yang bersih dari aksi kekerasan dan mengubah video game menjadi "medium yang bisa mempersatukan manusia terlepas dari perbedaan seks, usia, atau status sosial dan budaya."

Anugerah itu merupakan satu dari delapan penghargaan yang diberikan oleh Asturias Foundation setiap tahun untuk orang-orang dari bidang pekerjaan berbeda.

"Saya akan terus melanjutkan karya saya sehingga video game akan selalu bisa memberikan kebahagiaan dan kegembiraan bagi orang-orang dari semua generasi di seluruh dunia," kata Miyamoto setelah menerima penghargaan itu.

Miyamoto telah menciptakan lebih dari 100 game dan dikenal sebagai perancang game paling berpengaruh di dunia. 

Ia sering dijuluki "Steven Spielberg-nya dunia game" karena pandangannya yang visioner. Mario Bros sendiri merupakan game paling laris di dunia, yang angka penjualannya mencapai 275 juta keping di seluruh dunia.

Miyamoto juga berada di belakang pembuatan game pertama yang berteknologi 3D - Super Mario 64.

Ia adalah orang yang menciptakan Wii Fit, game pertama di dunia yang dikendalikan dengan gerak tubuh. Ia juga memelopori Wii Music, komposisi game yang digunakan di banyak sekolah di seluruh dunia.

"Dengan kreasi ini dia telah mengubah video game menjadi sebuah revolusi sosial dan membuatnya populer dalam sebuah wilayah yang orang-orang di dalamnya belum pernah mengakses hiburan seperti ini," kata para juri yang memilihnya. 

Lahir di Sonobe, Kyoto, Jepang Miyamoto mempelajari desain industri sebelum untuk pertama kali bergabung dengan Nintendo pada 1977.

Lelaki yang mencintai musik dan desain itu meraih kesuksesannya pada 1981 ketika ia menciptakan Donkey King. Pada 1986 dia menghasilkan The Legend of Zelda. 

Miyamoto merupakan satu dari 21 kandidat yang berasal dari 21 negara yang dinominasikan untuk mendapatkan penghargaan itu.

Dinamai sesuai nama Putra Mahkota Felipe, penghargaan itu dianugerahkan di Oviedo, kota di sebelah utara Spanyol, ibu kota dari wilayah Asturias.

source: http://software.lintas.me/go/beritasatu.com/pencipta-mario-bros-dapat-penghargaan-tertinggi-spanyol-digital-life/