7 Klub Sepakbola dengan Nilai Kontrak Sponsor Termahal

Posted by Sangat Unik

 

Bisa dibilang, saat ini para pemilik perusahaan maupun investor merambah bisnisnya ke dunia sepakbola. Untuk menjadi sponsor klub sepakbola, khususnya untuk klub yang terkenal, dana yang digelontorkan pun tidak sedikit. Apalagi untuk memasang sponsor di jersey/kostum klub, banyak perusahaan yang tidak main-main dalam hal membayar dengan jumlah uang yang fantastis.

Lantas apa saja list 7 klub sepakbola dengan nilai kontrak termahal? Check it out...

1. Manchester United

 

General Motors, salah satu raksasa otomotif terbesar di dunia, membuat kesepakatan dengan Manchester United untuk menjadi sponsor senilai 30 juta poundsterling. Chevrolet akan menjadi sponsor di kostum United mulai musim 2014-2015 menggantikan Aon. Durasi kontrak 7 tahun membuat nilai sponsorship United meningkat 10 juta poundsterling dari kontrak sponsor sebelumnya, Aon. Salah satu hal yang cukup penting.

2. Barcelona

 

Qatar Foundation, sebuah organisasi nonprofit asal Qatar membayar nilai kontrak sponsor sekitar 25 juta poundsterling dengan raksasa La Liga, Barcelona. Dengan demikian, Qatar Foundation tersebut mengganti tulisan sponsor di kostum Barca yang sebelumnya terpasang logo Unicef.

 3. Bayern München

 

Deutsche Telekom mengikat kontrak dengan klub papan atas asal Bundesliga Jerman, Bayern München dengan banderol sebesar 23,6 juta poundsterling per musimnya. Dengan begitu, logo T-Mobile terpasang di jersey klub yang berjuluk Die Roten tersebut.

4. Liverpool

 

Standard Chartered, sebuah bank terkemuka di dunia, menjadikan logonya sebagai sponsor di kostum The Reds. Alhasil, Standard Chartered rela merogoh dana sebesar 20 juta poundsterling demi mengganti sponsor Liverpool sebelumnya, Carlsberg.

5. Manchester City

 

Rival sekota Manchester United, Manchester City menduduki posisi kelima dengan nilai kontrak termahal. Maskapai penerbangan Etihad Airways mengucurkan dana sebesar 20 juta poundsterling untuk menjadi sponsor di kostum City. Hal ini dinilai oleh banyak pihak, bahwa kesepakatan ini merupakan trik pemilik Manchester City, Sheikh Mansour untuk menghindari Financial Fair Play.

6. Sunderland

 

Secara mengejutkan, klub Barclays Premier League memiliki nilai kontrak sponsor yang cukup besar. Walaupun Sunderland bukanlah tim besar, dana 20 juta poundsterling dari Tullow Oil mengganti logo sebelumnya dengan logo Invest in Africa.

7. Real Madrid

 

Sebuah perusahaan taruhan online asal Australia, bwin menggelontorkan dana sebesar 16,8 juta poundsterling per musimnya demi memasang logo perusahaan tersebut di jersey Los Blancos. Logo tersebut akan habis kontrak pada akhir musim 2013 nanti.


source: http://chrisadd.blogspot.com/2012/08/7-klub-sepakbola-dengan-nilai-kontrak.html