10 Fakta Unik Mengenai Kutub Utara Dan Kutub Selatan

Posted by Sangat Unik


Kutub Utara dan Kutub Selatan bisa dibilang dua tempat yang istimewa karena digambarkan di peta-peta sebagai bagian bumi paling atas dan bawah, padahal kenyataannya Kutub Utara dan Kutub Selatan tidak tepat berada di atas dan bawah bumi. Namun tempat ini tetap menarik karena digambarkan sebagai daerah dingin tak berpenghuni yang seluruh daratannya ditutupi es, tapi benarkah itu? sekarang mari kita lihat perbedaan antara Kutub Utara dengan Kutub Selatan.

10. Musim
 
Antarctic-Ice-Sheet

Kutub Utara memiliki siklus es, artinya setiap beberapa bulan es akan mencair dan kemudian membeku kembali. Beda dengan Kutub Selatan yang tidak memiliki siklus tersebut, kalaupun es mencair di Kutub Selatan mungkin sebabnya adalah Global Warming.

9. Lapisan Ozone
20110405121342 450

Lapisan Ozone di Kutub Selatan sudah berlubang namun di Kutub Utara lapisan Ozon masih terjaga walaupun lapisan tersebut makin menipis dari tahun ketahun. Kok bisa? ternyata suhu di Kutub Utara yang lebih hangat mencegah awan kutub stratospherik (yang dapat merusak ozon) tidak terbentuk.
8. Kutub Selatan lebih adem

Vostoksignpic


Kutub Selatan lebih dingin dari Kutub Utara dimana suhu di Kutub Selatan bisa mencapai minus 49 derajat Celcius, sedangkan suhu terdingin di Kutub Utara berkisar minus 34 derajat Celcius. Rekor suhuterdingin di dunia adalah -89,6 derajat Celcius di Vostok Base, Kutub Selatan.

7. Beruang Kutub Dan Penguin

 
March-Of-The-Penguins-10


Tahukah anda kalau beruang kutub dan penguin tidak hidup ditempat yang sama? Beruang Kutub adalah satwa endemik di Kutub Utara sedangkan penguin hidup di Kutub Selatan. Bisa dibayangkan apa yang terjadi kalau dua satwa ini hidup di kawasan sama, untung buat si beruang, buntung buat si penguin.

6. Emas Hitam

 
Arctic-Oil-Ee001


Menurut US Geological Survey setengah cadangan minyak dunia ada di Kutub Utara, jumlahnya sekitar 10 billion ton minyak mentah, pantas saja negara-negara besar seperti Rusia dan Amerika berebut mengeksplorasi tempat ini. Bagaimana dengan Antartika? walau Kutub Selatan juga memiliki deposito minyak mentah namun berkat perjanjian yang melarang segala macam eksploitasi di tempat ini membuat kawasan ini masih bersih dari keserakahan korporasi dunia.

5. Adakah Penduduk di Kutub Utara dan Selatan?

 
Tromso Story 740X334


Adakah penduduk di Kutub Utara dan Selatan? Kutub Selatan bisa dibilang daerah tanpa tuan,  wilayah ini diatur oleh Perjanjian Antartika, yang menetapkan bahwa wilayah itu sendiri, dan sumber dayanya,harus digunakan semata-mata untuk tujuan damai dan ilmiah. Kebalikannya di Kutub Utara ada 4 juta penduduk yang hidup di kota besar dan kecil.

4. Es dimana-mana

  
Ice-Cap-Antarctica


Sembilan puluh persen es di dunia ada di Kutub Selatan, dan 3/4 persediaan air bersih ada di Kutub Selatan. Begitu besarnya es disana sampai-sampai pangeran Mohammed-al-Faisal dari Saudi Arabia berencana memotong 100 juta ton gunung es dari Kutub Selatan dan membawanya ke semenanjung Arab untuk dicairkan dan dialirkan ke daerah-daerah kekeringan. Sebaliknya ada lebih sedikit es di Kutub Utara.

3. Pilih mana, es atau daratan?

  
Mount Erebus In 2009


Kutub Utara pada dasarnya adalah lautan beku, beda dengan Kutub Selatan yang sebenarnya adalah daratan yang tertutupi es. Ironisnya banyak negara di dunia yang berebut wilayah sebongkah es (Kutub Utara) seperti Kanada, Greenland (bagian dari Denmark), Russia, Islandia, Norwegia, Swedia, Finlandia dan Amerika Serikat daripada Antartika yang sebenarnya adalah sebuah daratan.

2. Polar Vortex

 
Siberian Snows


Sebuah fenomena menarik terjadi di dekat kutub geografis bumi, yaitu pusaran kutub, yang merupakanbadai besar terbentuk dekat tepi vertikal planet ini. Pusaran kutub terjadi di bagian tengah dan atastroposfer dan stratosfer. Pusaran kutub di Selatan lebih kuat dan lama daripada di Utara.

1. Ladang Magnet dan kandungan mineral

  
Earth Magnetic Field-Jj-001


Kutub Selatan jelas memiliki kandungan mineral seperti perak, emas, platinum, dan besi di dalam lapisan tanahnya beda dengan Utara yang hanya berisi es. Ketika kita berbicara tentang kutub utaramagnet, kita merujuk pada wilayah geografis dengan nama yang sama, meskipun kutub utara medan magnet bumi sebenarnya di selatan, dan kutub selatan dari medan magnet terletak di utara. Untuk alasan ini, kompas tidak menunjukkan utara magnet, tetapi utara geografis planet ini. Namun, telahditetapkan oleh konvensi bahwa utara magnet dekat utara geografis dan selatan magnet dekat selatangeografis.

Kutub magnet planet tidak bertepatan dengan kutub geografis karena medan magnet Bumi berubah.Berbeda dengan kutub geografis, magnetik dapat berpindah, dan ini dapat dianggap sebagai fitur umumdari dua kutub. Perbedaannya adalah bahwa kutub utara magnet (selatan dari medan magnet) tidak lagiterletak tepat di wilayah Arktik tetapi bergerak menuju Timur dengan kecepatan 55-60 km setiap tahun.Kutub selatan magnet (utara dari medan magnet) masih tumpang tindih Antartika, tetapi juga bergerakke arah barat dengan kecepatan 10-15 km per tahun.

source: http://www.smartnewz.info/2011/07/10-fakta-unik-mengenai-kutub-utara-dan.html