Turun Berat Badan Tanpa Ribet

Posted by Sangat Unik


Turun berat badan? Bagi mereka yang kelebihan berat badan dan obesitas pertanyaan ini ibarat momok yang menakutkan. Karena ujung-ujungnya mereka harus mengekang nafsu makan atau bahkan mengurangi porsi makanannya. Tapi, ternyata tidak semua upaya menurunkan berat badan itu ribet! Berikut saya berikan beberapa cara baru simpel, mudah, dapat dijalankan oleh semua orang dan sudah teruji secara medis:

1. Kunyah Lebih Lama
Dengan mengunyah, makanan akan hancur dan lumat di mulut. Kunyahlah hingga 30-40 kali. Awalnya sulit karena tidak terbiasa, tapi ini sangat mudah. Cara ini dapat menekan prosentase konsumsi kalori dan kondisi ini akan mengirim sinyal ke otak bahwa mulut selalu penuh sehinggaa otak dapat mengendalikan nafsu makan.

2. Teh
Inilah musuh alami lemak. Senjata pamungkasnya adalah antioksidan, theaflavin dan thearubigins. Tapi, minum teh tidak boleh berlebihan karena memiliki dampak samping: pusing dan mulas. Sedangkan efek positifnya adalah menekan resiko serangan jantung. Dahulukan teh seduh daripada teh dalam kemasan.

3. Batasi Menu
Batasi menu makanmu tiap hari, buat menu harian tidak jauh berbeda dari hari ke hari. Ini untuk memperkecil pilihan makanan. Karena, semakin banyak pilihan makanan, kita akan lapar mata dan terdorong untuk makan  dalam porsi lebih banyak. Kebosanan dari hari ke hari juga membuat kita makan semakin sedikit.

4. Tidur Nyenyak
Cukupi waktu tidurmu, untuk orang dewasa antara 6-8 jam. Kurang tidur akan menyebabkan tubuh melepaskan banyak ghrelin (hormon lapar) dan mengurangi leptin (hormon kenyang). Obati insomniamu, karena insomnia dapat mendorong kebiasaan mengemil. Waktu rehat yang cukup akan memberi perut kesempatan istirahat yang cukup sehingga metabolisme kembali stabil.

5. Karbohidrat Vs Protein
Dahulukan asupan protein daripada karbohidrat. Protein dapat berasal dari hewan (daging-dagingan, telor) maupun tumbuhan (kacang-kacangan). Semakin banyak protein yang dikonsumsi akan mengurangi kebutuhan karbohidrat (nasi, jagung, tepung, dll). Pastikan produk protein yang kita makan mengandung asam lemak tak jenuh dan rendah kalori.


6. Gaya Makan
Makan dengan wadah lebih kecil dan menggunakan tiga jari tangan dapat membatasi keinginan makan lebih banyak. Bagi mereka yang beragama Islam, ini dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Dalam sebuah penelitian disebutkan makan dengan mangkok kecil dan garpu akan makan lebih sedikit. Jadi saat ingin makan, sedapat mungkin menggunakan piring kecil, sehingga tak banyak tempat untuk porsi besar.



source: http://doktermerry.blogspot.com/2011/08/turun-berat-badan-tanpa-ribet.html