Anda Perlu Tahu Apa Itu Domain Dan Hosting

Posted by Sangat Unik



Domain dan Hosting Indonesia, Dijaman yang sudah era modern dan globalisasi ini, sudah tidak jaman lagi untuk tidak meng- otak atik yang namanya internet, karena di dalam internet lah semua ilmu tersaji dan terangkum di dalamnya. Semua kalangan dari yang terbawah sampai yang teratas kebanyakan sudah mengenal yang namanya Internet, tapi lagi-lagi ada yang menggelitik dari kebanyakan orang ini.  Yaitu mereka-mereka ini masih tidak tahu menahu bagaimana alur dan cara kerja sehingga kita bisa mendapatkan sebuah informasi dari suatu website/weblog di internet. Masih banyak orang awam yang tidak tahu apa itu domain dan apa itu hosting, apa itu perbedaan diantara keduanya dan juga tidak tahu domain dan hosting Indonesia.


Dalam sepengal tulisan ini saya sebagai penulis akan memberikan sedikit penjelasan mengenai hal itu, seharusnya kita merasa sangsi dan lucu melihat tingkah pengguna-pengguna internet itu, mereka hanya memanfaatkan media-media internet seperti website hanya untuk mengambil informasi semata dan tidak punya keinginan untuk mendalami bagaimana suatu website/blog itu dapat terhubung dengan internet melalui domain dan hosting yang menjadi satu kesatuan dari website itu sendiri.

Langsung saja untuk menyingkat waktu, pertama saya akan menjelaskan dan menjabarkan apa itu defenisi dari domain dan hosting.
Domain adalah nama unik dibelakang alamat website/weblog kita yang biasanya yang diakhiri dengan nama unik .com, .net, .org, .biz, .tv dan lain sebagainya yang dimaksudkan  untuk mengidentifikasi nama server komputer kita seperti web server atau email server di jaringan komputer. 


Domain sendiri dapat difungsikan untuk mempermudah pengguna atau pemakai internet pada saat melakukan akses ke server, selain itu domain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address. Dulu menurut sejarahnya sebelum dibentuknya domain, kita harus mengingat IP address kita masing-masing (sungguh tidak efektif bagi orang yang kemampuan mengingatnya rendah, bagaimana bisa kita mengingat deretan angka IP address yang begitu panjang) misalnya saja alamat IP server tempat file website kita adalah 77.165.90.89 sebenarnya kita bisa langsung mengetikkan 77.165.90.89 langsung di browser untuk mengakses website kita. Tetapi lagi-lagi ada kendala dengan deretan IP address yang begitu panjangnya, maka dari itulah dibentuklah domain karena setiap orang tentunya akan lebih mudah mengingat deretan kata ketimbang deretan angka. Untuk itu diperlukan domain guna mengganti deretan angka IP address yang begitu panjangnya tersebut agar menjadi deretan kata yang tentunya gampang diingat.misal:namadomain.com akan lebih gampang diingat ketimbang angka 77.165.90.89

Jadi dari sekian penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa domain adalah nama unik atau bisa juga nama berformat huruf abjad (a,b,c,d,e,dan seterusnya) dan angka (1,2,3,dan seterusnya) serta simbol (-) di belakang alamat website/weblog kita (ex: .com, .net, .org, .biz, .tv) yang difungsikan untuk mengganti peran dari IP address yang begitu panjang dan sulit dihafal.

Selanjutnya yang kedua saya akan menjelaskan apa itu hosting dan apakah sama hosting dengan domain, simak baik-baik…!!


Hosting adalah tempat yang difungsikan untuk menyimpan suatu dokumen HTML atau dokumen-dokumen lain yang mendukung suatu website (file, gambar, email, aplikasi/program/script dan database) sehingga nantinya halaman website tersebut dapat muncul/online di internet. Hosting juga dapat diartikan sebagai jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL atau DNS.

Kalau anda masih bingung dengan beberapa pengertian diatas, hosting pada website bisa diumpamakan sebagai papan reklame pada baliho iklan.  Lah si pemilik papan reklame itu adalah si hosting sebagai media jasa penyewaan papan reklame untuk website kita. Tentunya si hosting sebagai media jasa juga memberikan beberapa pelayanan seperti menempatkan papan reklame di tempat strategis, ukuran papan reklame yang memadai, dan pelayanan lainya. Itulah perumpamaan dari pengertian hosting.

Untuk contoh yang konkrit apabila kita mempunyai website yang sudah ber-hosting apabila kita mau meng-update sesuatu posting atau dokumen ke internet tetapi kita masih banyak kesibukan kita bisa menggunakan layanan hosting itu sebagai media simpanan sementara untuk dokumen/posting yang belum di publikasikan karena kesibukan tadi, dan apabila kita sudah santai kita bisa mempublikasin dokumen itu kembali melalui simpanan sementara dokumen tersebut di hosting.

Nah, untuk sesi yang terakhir setelah kita mengetahui apa itu hosting dan domain, kita selayaknya mempraktekkan hal-hal diatas untuk website kita dan juga menambah wawasan ke depan terhadap perkembangan domain dan hosting Indonesia yaitu dengan membeli domain dan hosting Indonesia dari jasa pembelian domain dan hosting terpercaya di Indonesia. 

source:http://aditya-trihutama.blogspot.com/2011/04/anda-perlu-tahu-apa-itu-domain-dan.html