9 Tokoh Dibalik Suara Karakter Game Console

Posted by Sangat Unik

Para penikmat game console pasti tahu siapa sajakah karakter-karakter andalan di beberapa game yang pernah dimainkan dalam mesin game di platform PlayStation 3 maupun Xbox 360 tapi apakah kita juga mengetahui siapa sebenarnya yang mengisi suara karakter tersebut? Seorang pengisi suara memang sangat berperan menjadikan tokoh dalam dunia game menjadi lebih hidup disamping teknologi grafik sebagai salah satu penunjang utamanya. Berikut ini ada 10 pengisi suara dari tokoh game favorit yang mungkin ada yang sudah tahu, atau baru dengar, bahkan mungkin belum pernah mendengar sama sekali.

Mario - Charles Martinet
Super Mario Bros



Lahir pada tanggal 17 September 1955 di kota San Jose, negara bagian California, Amerika Serikat. Besar dari dunia pertelevisian dan perfilman Amerika sejak tahun 1986, baru tahun 1995 Charles didaulat menjadi pengisi suara tokoh game dari era Nintendo yang saat ini dianugrahi game terbarik sepanjang masa yaitu tokoh Mario dalam game Super Mario Bross meskipun sebenarnya Charles sudah mulai bekerja resmi di Nintendo pada tahun 1987.

Suara khasnya dengan logat Italia yang kental sudah sangat melekat dengan tokoh si tukang ledeng keturunan Italia dari Brooklyn yaitu Mario meskipun sebenarnya Charles Martinet tidak punya darah Italia sedikitpun. Suara serak namun lembut, lucu dan nyaman didengar oleh semua kalangan milik Mario adalah buah intuisinya yang kuat menghasilkan image yang tidak akan lepas hingga rilisnya game Super Mario di era modern ini. Mario adalah Charles dan Charles adalah Mario. Selain itu dia juga menjadi pengisi suara dari Luigi, Wario Waluigi, Toadsworth dan berbagai karakter di game tersebut.
Naomi Hunter - Jennifer Hale
Metal Gear Solid



Wanita yang sekarang berumur 38 tahun (lahir 30 Januari 1972) besar di kota Birmingham, Alabama namun terlahir di Kanada mengenyam pendidikan perkuliahan di Alabama School of Fine Arts lalu kemudian pindah ke Hollywood dimana ditempat itulah ia mulai meniti karir menjadi pengisi suara diberbagai seperti radio promotion, film, anime, dan tentu saja video game. Salah satunya menjadi pengisi suara Sam Simpsons dalam kartun seri Totally Spies.

Selain menjadi pengisi suara pada tokoh Naomi Hunter dalam game Metal Gear Solid, Metal Gear Solid: The Twin Snakes and Metal Gear Solid 4: Guns of the Patriots dan Emma Emmerich dalam game Metal Gear Solid 2: Sons of Liberty, Jennifer juga pernah mengisi suara tokoh seri game terkenal lainnya seperti Bastila Shan dalam game Star Wars: Knights of the Old Republic, Star Wars: Knights of the Old Republic II The Sith Lords, pengisi suara Jaden Korr dalam Star Wars: Jedi Knight: Jedi Academy, Commander Shepard versi wanita dalam Mass Effect, dan Samus Aran dalam game Metroid Prime trilogy.
Raziel - Michael Bell
Legacy of Kain Soul Reaver



Michael Bell sudah menjadi aktor pengisi suara sejak tahun 70 hingga 80an, diketahui menjadi pengisi suara beberapa animasi terkenal pada masa itu seperti menjadi pengisi usara Duke dalam animasi G.I. Joe, menjadi Bruce Banner dalam The Incredible Hulk, dan mengisi suara beberapa tokoh animasi The Transformers seperti Prowl, Swoop, Brainstorm, Gort, First Aid, dan Sideswipe. Tak perlu diragukan lagi kemampuannya bukan?

Terlahir pada tanggal 30 Juli 1938 suara Michael Bell masih terdengar pada era 80an hingga era game modern pada saat ini. Pengalamannya yang segudang memikat para developer game untuk menariknya menjadi pengisi suara dalam tokoh yang ada di game mereka. Beberapa diantaranya adalah menjadi pengisi suara Dr. Dmitry Sestrogor (Soldier of Fortune II: Double Helix), The Fear (Metal Gear Solid 3: Snake Eater), Guts (Sword of the Berserk: Guts' Rage), jurnalis Peter Jacob (Eternal Darkness), Haer'Dalis (Baldur's Gate II), John Black (Age of Empires III), Sergius XVII (Xenosaga Episode II), dan menjadi Raziel dalam 3 seri game Legacy of Kain.
Kratos - Terrence 'T.C.' Carson
God of War Series



Siapa yang tidak mengenal nama tokoh pengisi suara yang satu ini, pernah melanglang buana didunia pertelevisian dan perfilman Amerika, pernah menjadi aktor dan bahkan penyanyi di negri paman sam tersebut. Lahir di kota Chicago, Illinios 19 November 1958 silam pernah membintangi sebuah komedi sinetron terkenal berjudul Living Single di stasiun tv FOX menjadi Kyle Barker dan film bertema perang dunia kedua berjudul U-571 ini juga pernah menjadi pengisi suara di berbagai animasi anak-anak seperti Clifford the Big Red Dog, Star Wars: Clone Wars series menjadi tokoh Mace Windu dan Afro Samurai.

Namanya kemudian terkenal didalam dunia gaming dengan menjadi pengisi suara tokoh utama dalam game seri eklusif PS3 yang mengangkat tema mitologi Yunani berjudul God of War yaitu Kratos. Suaran khas Terrence berhasil menghidupkan tokoh Kratos yang kuat dan gahar dalam game tersebut disamping sisi grafis dan penggambaraan karakter tersebut. Selain menjadi pengisi suara dalam game fenomenal GOW hingga seri ketiga ia juga pernah mengisi suara di beberapa tokoh game lainnya seperti Anthony Green dalam game Saints Row, Mace Windu dalam Star Wars series, Kratos - Soulcalibur: Broken Destiny, dan Othello - Unreal Tournament 3.
Solid Snake - David Hayter
Metal Gear Solid



David Heyter selain dikenal sebagai pengisi suara dia juga adalah seorang aktor dan penulis cerita ternama di Hollywood. Seorang tokoh berdarah Kanada yang terlahir di California 6 Februari 1969 ini pernah didaulat menjadi penulis skenario film yang diangkat dari cerita komik pada tahun 2000 lalu yaitu X-Men, pernah juga menjadi asisten penulis di film The Scorpion King, X2: X-Men United dan Watchmen. Dalam dunia pengisi suara David juga memiliki pengalaman yang cukup lumayan, pernah menjadi dubbing dalam anime Fushigi Yugi menjadi Tamahome dan film anime The Castle of Cagliostro menjadi Arsène Lupin III. Suaranya juga pernah muncul dalam kartun seri yang terkenal di era 1994 Spider Man menjadi tokoh Captain America.

Para penggemar game seri Metal Gear Solid pastinya sudah tidak asing lagi dengan suara David Heyter, ya, dia adalah pengisi suara sang tokoh utama yang menjadi icon dalam game Metal Gear Solid yaitu Snake. David selalu mengisi suara tokoh Snake dimanapun game Metal Gear Solid berada, menjadi Naked Snake di Metal Gear Solid: Peace Walker (PSP), Solid Snake di Metal Gear Solid 4: Guns of the Patriots, menjadi Naked Snake dan Big Boss muda dalam prequels Metal Gear Solid 3: Snake Eater dan Metal Gear Solid: Portable Ops, serta masih banyak lagi. Sedikit memberikan kisi-kisi, terdengar kabar santer bahwa David diberitakan akan menjadi penulis utama dalam film Metal Gear Solid movie dan juga menjadi penulis dalam film yang juga diangkat dari game yaitu Lost Planet movie.




Morrigan - Claudia Black
Dragon Age: Origin



Meniti karir menjadi bintang film dan televisi di negri kangguru, Australia, karir Claudia Black berawal saat membintangi seorang tokoh berkepribadian ganda bernama Jill Mayhew dalam tv seri Good Guys Bad Guys. Namanya mulai dikenal saat Claudia membintangi tokoh pejuang wanita didalam beberapa serial tv yang mengangkat tema para hero jaman para dewa seperti Hercules: The Legendary Journeys dan Xena: Warrior Princess, tidak ketinggalan dia juga pernah bermain dalam serial tv terkenal Stargate SG1 menjadi Vala Mal Doran dan memerankan tokoh Pandora dalam film Queen of The Damn.

Claudia Black mulai menekuni dunia game voice actor (pengisi suara) pada tahun 2002 saat itu ia menjadi Aeryn Sun dalam game Farscape: The Game, menyusul kemudian dalam game God of War pertama menjadi Arthemis, Helena dalam game Crysis, A'kanna dalam game Conan dan tahun 2009 hingga 2010 sepertinya menjadi jaman keemasannya setelah suara Claudia dipilih mengisi karakter Chloe Frazer dalam game Uncharted 2: Among Thieves, Admiral Xen dalam game Mass Effect 2 dan tentu saja karakter seorang penyihir sensual dalam game Dragon Age: Origin yaitu Morrigan. Belum berhenti sampai disitu pada even Comic-con yan baru saja digelar, dia didaulat menjadi salah satu pengisi suara dalam game God of War terbaru yang rencananya akan dirilis tahun 2011 mendatang.

Markus Fenix - John DiMaggio
Gears of War



Selain berkecimpung menjadi pengisi suara dalam game, John DiMaggio juga sering mengisi suara dalam beberapa serial kartun ternama di Amerika. Pria berumur 41 tahun dari New Jersey ini pernah mengisi suara tokoh Dreamslayer (Justice League Unlimited), Dr. Drakken (Kim Possible), the Scotsman (Samurai Jack), serta tokoh Aquaman, Gorilla Grodd, a Tiger Soldier, Enemy Ace, Faceless Hunter dan Black Adam dalam Batman: The Brave and the Bold. Entah kenapa banyak tokoh yang ia perankan adalah kebanyakan menjadi tokoh antagonis, bahkan saat menjadi dubber dalam anime ia juga memerankan tokoh jahat seperti Gonza dalam anime Princess Mononoke dan beberapa tokoh di anime Vampire Hunter D: Bloodlust.

Jangan tanya berapa banyak tokoh game yang pernah diisi suara oleh John DiMaggio, kami hanya bisa menjawab dengan 1 kata, banyak! Salah satu yang paling terkenal adalah mengisi suara salah satu karakter bertubuh besar dari game Gears of War bernama Markus Fenix, posisinya tidak tergantikan hingga sekuel ketiga game tersebut dirilis. Beberapa tokoh lain dari game terkenal yang pernah diisi suaranya oleh John adalah, Bender dari game Futurama, Craig Marduk dalam Tekken 6, Tiny Tiger dalam Crash Nitro Kart, Brute Chieftain dalam Halo 3: ODST, dan menjadi Sideways dalam Transformers Revenge of the Fallen.

Nathan Drake - Nolan North
Uncharted



Pria yang besar di Connecticut ini memulai karir awalnya didunia akting dengan ikut dalam General Hospital yang adalah sebuah spin off dari film Port Charles dimana ia juga bertemu dengan dambaan hatinya yang juga ikut berakting dalam acara tersebut Jill Murray yang kemudian dinikahinya. Sayang Nolan North tidak bersinar pada dunia akting hingga ia memilih banting stir menjadi pengisi suara dalam game The Cat in the Hat yang ternyata karirnya melejit dan bersinar didunia tersebut.

Jika dihitung-hitung secara keseluruhan, Nolan sudah menjadi pengisi suara hampir pada 100 game. Ayah dari 2 orang anak yang pernah membintangi serial TV CSI ini sering terpilih mengisi suara tokoh utama dalam game, salah satunya menjadi pengisi suara tokoh utama dua seri game Uncharted yaitu Nathan Drake, bila dilihat memang mukanya sangat mirip dengan karakter tersebut. Selain itu Nolan menjadi pengisi suara Desmond Miles dalam game Assassin Creed pertama dan kedua, Dr. Edward Richtofen - COD: World at War, Will Grey - Dark Void, Hades - God of War, The Prince - Prince of Persia, O'Neil - Sniper: Ghost Warrior dan masih banyak karakter lainnya.

Master Chief - Steve Downes
HALO series



Berbeda dengan para aktor dan aktris pengisi suara yang sudah disebutkan diatas dimana selain menggeluti pekerjaan menjadi seorang pengisi suara game mereka juga pernah mengenyam atau bahkan masih menjadi pengisi suara animasi, dubber, dan bahkan bekerja dibidang seni peran serial tv maupun layar lebar, Steve Downes hanya seorang disc jockey di siaran radio The Drive pada 97.1 WDRV.

Tidak banyak game yang sudah diisi suaranya oleh Steve Downes namun pilihan Bungie Studios untuk menariknya menjadi pengisi suara tokoh utama dalam game mereka di tahun 2001 untuk mengisi suara Master Chief dalam game Halo: Combat Evolved ternyata terbukti tepat. Steve mampu menghidupkan karakter Master Chief hingga posisinya tidak tergantikan pada HALO 2 tahun 2004, HALO 3 tahun 2007, sampai pada sequel terbaru game seri HALO yaitu HALO: Reach yang rencananya dirilis untuk platform Xbox 360 pada tanggal 14 September 2010 mendatang. Ia juga pernah mengisi suara karakter Gunnar dalam game Septerra Core: Legacy of the Creator pada tahun 1999.

Itu tadi beberapa nama pengisi suara yang dapat kami tampilkan mewakili banyak nama yang ada dalam game yang hanya mungkin dikenal melalui media suara yang ditampilkan pada sebuah game dimana mungkin profesi tersebut kadang hanya dipandang sebelah mata meskipun gamenya telah tenar dan terkenal hingga masa berikutnya. Punya nama pengisi suara lain yang belum ada di atas? Sebutkan saja bersama karakter game yang mereka isi suaranya.



source: http://www.gamexeon.com/forum/console-article/71381-9-tokoh-dibalik-suara-karakter-game-console.html