Steve Jobs Langganan Masuk Daftar Forbes

Posted by Sangat Unik


Kemampuan Steve Jobs mengembalikan kejayaan Apple Inc sebagai perusahaan teknologi informasi terdepan di dunia telah membuatnya hidup dengan kekayaan yang besar.
Data kekayaan yang dirilis majalah terkemukaForbes per September 2011 menunjukkan pendiri Apple Inc itu memiliki kekayaan hingga US$7 miliar atau setara Rp63 triliun (kurs Rp9.000 per dolar AS).
Dari penelusuran VIVAnews.com, Steve Jobs setidaknya masuk dalam tiga kategori dalam pemeringkatan yang dilakukan oleh Forbesselama 2011.  Berikut ini tiga kategori pemeringkatan Forbes dengan nama Steve Jobs berada di dalamnya.

Forbes 400, The Richest People in America(urutan 39)

Dari peringkat orang kaya yang terakhir dikeluarkan Forbes, nama Steve Jobs masuk dalam daftar The Forbes 400, The Richest People in America. Jobs berada pada posisi ke-39 dengan nilai kekayaan hingga September 2011 ditaksir mencapai US$7 miliar.

Dalam pemeringkatan itu, Forbes setidaknya mewawancarai sebanyak 570 individu yang dinilai memiliki prospek cerah.

Untuk mendukung pemeringkatan lebih akurat, Forbes mewawancarai berbagai sumber seperti pegawai, pesaing, mitra kerja, hingga pengacara. Serta memeriksa sejumlah dokumen dari bursa efek setempat, bahkan catatan pengadilan.  

Guna menghitung kekayaan para hartawan itu, Forbes memperhitungkan aset dilihat dari saham di perusahaan terbuka dan tertutup, properti, karya seni, kapal pesiar, pesawat, vila, perhiasan, koleksi mobil, dan kekayaan lainnya.

The World Billionaire (urutan 110 dunia atau 34 di AS)
Sebelum muncul dalam peringkat Forbes 400, majalah terkemuka di dunia ini juga telah memasukkan nama Steve Jobs dalam daftar orang kaya di dunia. Kali ini, pria berusia 56 tahun tersebut masuk dalam urutan ke-110 dunia dan 34 di antara pengusaha asal Amerika Serikat.

Sama seperti pemeringkatan sebelumnya, daftar orang kaya dunia ini juga menggunakan teknik pengumpulan data berdasarkan hasil wawancara dengan pegawai, pesaing, pengacara, dan analis sekuritas.

Forbes juga mencatat kinerja mereka dengan melihat aksi yang telah mereka lakukan seperti negosiasi bisnis, tanah yang dijual, lukisan yang dibeli, dan lainnya.

Terakhir, Forbes mencatat kekayaan para orang kaya ini dengan menghitung nilai aset termasuk di dalamnya kepemilikan saham, properti, kapal pesiar, karya seni, serta tabungan.

The Most Powerful People on Earth (urutan 17 dunia)
Dalam membuat kategorisasi ini, Forbes membuat penilaian berdasarkan kriteria berupa pengaruh tokoh dari empat dimensi yaitu kenegarawanan (populasi penduduk), agama (jumlah pengikut), chief executive officer/CEO (jumlah pegawai), dan media (jumlah audiens).

Kriteria kedua dilihat dari sumber daya finansial yang signifikan para tokoh.  Forbes juga menilai para tokoh ini berdasarkan kekuatan peran ganda yang dijalankan. Terakhir, kategorisasi dilihat dari efektivitas mereka dalam menjalankan kekuasaannya.

Dalam daftar ini, Steve Jobs berada di posisi 17 tokoh paling berpengaruh di dunia.   

Steve Jobs bergabung bersama tokoh dunia lain seperti Kanselir Jerman Angela Merkel, Presiden China Hu Jintao, Presiden AS Barack Obama, serta Editor in Chief Wikileak Julian Assange, pendiri Facebook Mark Zuckerberg, dan pendiri Microsoft Bill Gates.
source: http://bisnis.vivanews.com/news/read/253264-steve-job-langganan-daftar-forbes