iPad & Angry Birds Mengorbit ke Luar Angkasa

Posted by Sangat Unik

iPad merupakan tablet komputer produksi Apple yang sedang populer saat ini. Sedangkan "Angry Birds", saat ini bisa dibilang adalah ikon game di perangkat mobile yang sedang naik daun, bahkan siap diangkat ke layar lebar.

Seakan tak puas menjadi yang terpopuler di Bumi, iPad dan "Angry Birds" pun siap mengorbitkan popularitasnya di luar angkasa. Orbit di sini tentu dalam arti sebenarnya. Karena iPad dan Angry Birds siap diluncurkan ke luar angkasa, menuju Stasiun Antariksa Internasional (ISS) yang mengorbit, mengelilingi bumi. 

Dua unit iPad sudah dibungkus, dan siap diluncurkan dalam misi antariksa tanpa awak ke ISS akhir bulan ini. iPad ini akan menemani iPod yang sudah digunakan kru di ISS. Sedangkan satu boneka "Angry Birds" berwarna merah, akan menemani misi tiga astronot ke ISS bulan depan.

"(Kosmonot) Rusia akan menerbangkan iPad dalam misi selanjutnya. (Dua iPad) itu akan digunakan untuk tujuan hiburan semata," kata juru bicara NASA Kelly Humphries, seperti dikutip dari collectSPACE.com.

Misi 'mengantar iPad' ini dijadwalkan akan meluncur 30 Oktober dari Baikonur Cosmodrome di Kazahstan. Selain iPad, peluncuran M-13 M juga akan mengantarkan kebutuhan oksigen, air, dan kebutuhan kru angkasa di ISS.

"Mereka meminta untuk mencoba tablet yang berbeda-beda, dan sepertinya akan membandingkannya. Diharapkan kami bisa menerbangkan satu atau lebih (tablet) untuk mereka lagi tahun depan," ucap Humphries.

Sedangkan, boneka "Angry Birds" digunakan sebagai indikator gravitasi-nol. Seperti dijelaskan Kosmonot Anton Shkaplerov, boneka burung pemarah ini akan ditempatkan di balik pintu antara landing module dengan kompartemen tinggal (di dalam pesawat).

Jadi saat dimulainya keadaan tanpa gravitasi, boneka ini akan melayang. Dengan cara ini, para kosmonot tahu kalau mereka sudah berada di luar angkasa.

"Kami biasa menjalankan tradisi membawa semacam 'jimat' kecil. Ketika sudah memasuki angkasa, benda kecil yang biasa kami bawa itu akan melayang. Saat itu kami tahu telah berada di luar angkasa," ucap Shkaplerov, yang dalam misi antariksa ini akan ditemani Anatoli Ivanishin dan Dan Burbank.



source: http://teknologi.vivanews.com/news/read/258998-ipad---angry-birds-mengorbit-ke-luar-angkasa