Apakah Hitam Dan Putih Termasuk Dalam Komposisi Warna?

Posted by Sangat Unik

hitam-putih
Mengapa televisi zaman dahulu disebut televisi hitam-putih, bukan disebut televisi berwarna hitam-putih? Sebenarnya, hitam dan putih itu termasuk dalam komposisi warna bukan? Ternyata pertanyaan tersebut adalah salah satu hal yang sering diperdebatkan.
Kalau anda bertanya kepada seorang ilmuwan, apakah hitam dan putih adalah warna? maka sang ilmuan akan menjawab “Hitam bukan warna, putih adalah warna.”
Tapi jika anda bertanya kepada seniman, anda akan mendapat jawaban lain yaitu “Hitam adalah warna, sedangkan putih bukan”.
Manakah yang benar? Ada banyak sudut pandang yang harus kita perhatikan. Mari kita lihat berdasarkan pemahaman tentang bagaimana warna tercipta.
Ada 2 hal tentang bagaimana terjadinya warna yaitu benda nyata dan benda tidak nyata.
1. Warna benda nyata adalah hasil dari pigmen atau molekul. Contoh: warna yang timbul pada kulit adalah hasil warna molekul di bawah permukaan kulitnya. Dan, warna yang dihasilkan pada lukisan adalah hasil dari pigmen warna yang digunakan untuk menggambar.
2. Warna benda tidak nyata bisa diambil contoh pada warna yang keluar pada televisi atau monitor komputer. Warna sebuah objek yang terlihat pada televisi atau monitor komputer adalah warna yang dikeluarkan dari cahaya. Warna yang ada di monitor komputer atau televisi diciptakan oleh gabungan dari photon cahaya yang dikirim dalam sistem elektronik. Namanya adalah RGB (Red-Green-Blue), itulah tiga warna primer aditif pembentuk yang ada di dalamnya.
Apakah Hitam Dan Putih Adalah Warna? Berikut jawaban berdasarkan teori warna pigmen aditif :
1. Hitam adalah arti lain dari ketiadaan warna. Ketika tidak ada cahaya, semua terlihat hitam. Contohnya monitor komputer atau tv yang mati. Maka daripada itu hitam bukanlah warna.
2. Putih adalah campuran dari semua warna dan oleh karena itu putih disebut warna. Contohnya adalah sinar matahari yang merupakan cahaya putih yang terdiri dari semua spektrum warna, yang baru terlihat bila melewati prisma (pelangi).
Cara sederhana lainnya untuk menunjukan bagaimana warna hitam terbentuk yaitu dengan cara mencampurkan 3 warna primer aditif (merah, kuning, biru). Gunakan cat air untuk dapat melihat hasil yang jelas. Walaupun anda tidak mendapatkan hasil hitam pekat, tetapi intinya jelas yaitu yang dihasilkan adalah hitam.
Jadi, kesimpulannya apakah hitam dan putih adalah warna?
Hitam bukanlah termasuk dalam komposisi warna. Karena benda hitam menyerap semua warna dari spektrum yang terlihat dan tidak memantulkan kembali satupun spektrum warna.
Sedangkan Putih, adalah warna. Karena Putih dapat memantulkan semua warna dari spektrum cahaya yang dapat terlihat oleh mata.
source: http://gugling.com/2012/04/05/apakah-hitam-dan-putih-termasuk-dalam-komposisi-warna/