Awas...Sering Makan Gorengan Bisa Picu Sakit Maag

Posted by Sangat Unik


Makan goreng-gorengan memang nikmat, terlebih saat senggang. Tapi waspadalah jika berlebihan mengonsumsinya bisa mengganggu percernaan Anda. 

Makanan yang dimasak dengan cara digoreng di dalam minyak dengan suhu sangat tinggi dapat menimbulkan gangguan pencernaan. Mulas adalah salah satu efek langsung yang dapat dirasakan jika jumlah gorengan yang Anda asup berlebihan. Selain mulas, gangguan percernaan yang dibiarkan tanpa mengobatan bisa menyebabkan munculnya penyakit lain.

Berikut beberapa masalah perut yang disebabkan makanan yang digoreng, sebagaimana dilansir Boldsky:

Mulas

Makanan yang digoreng pada minyak suhu tinggi menyebabkan banyak masalah, salah satunya mulas.
Seringnya mengonsumsi camilan goreng menyebabkan sensasi terbakar di bagian bawah dada. Ini juga menyebabkan rasa tak enak, seperti mual di dada dan perut. Hal ini dikenal sebagai mulas.

Jika Anda sering memiliki masalah perut mulas, maka gejala refluks yang Anda alami bisa menjadi sangat serius. Cara terbaik menghindari masalah tersebut dengan mengurangi asupan gorengan dan mengonsumsi makanan yang dioseng, dipanggang, direbus, atau dikukus.

Gastroenteritis

Radang pada lapisan perut menyebabkan gastroenteritis. Gejala gangguan ini meliputi gangguan pencernaan, muntah, mual, penurunan berat badan, kembung, kehilangan nafsu makan, dan bersendawa. Perut Anda dipenuhi oleh gas ketika Anda mengonsumsi makanan yang digoreng secara berlebihan dan cenderung merasa kenyang. Anda tidak bisa mencegah masalah tersebut, tetapi mengurangi dengan menghindari junk food.

Maag (luka lambung)

Gorengan pun dapat menyebabkan keasaman pada lambung dan menjadi perih. Untuk menghindarinya, batasi asupan makanan yang digoreng karena masa penyembuhannya membutuhkan banyak waktu.

Ketidaksanggupan mencerna

Perut terasa tak nyaman setelah mengonsumsi gorengan atau konsumsi makanan yang digoreng pada minyak berjumlah banyak dikarenakan makanan tersebut menjadi lebih sulit dicerna.

Masalah ini terjadi karena makanan berlemak yang sangat asam dan berat pada perut. Anda dapat mengatasinya dengan membatasi jumlah makanan gorengan dan memakannya secara perlahan.

Pilih yang dipanggang

Terlalu banyak mengonsumi makanan gorengan dapat menyebabkan gastritis. Untuk mengurangi ketidaknyamanan seperti itu, Anda dapat mengurangi konsumsi gorengan. Sebaliknya, menggantinya dengan makanan panggang, panggang atau makanan direbus.

Jika rasa sakit masih berlanjut, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mendiagnosa masalah dan memberikan resep diet sesuai.
Ganti makanan gorengan Anda dengan sayuran, seperti bayam, brokoli, kacang rebus, gandum, dan yogurt.

source: http://www.masrahmat.com/2012/04/awassering-makan-gorengan-bisa-picu.html