Asal Mula Piala FA

Posted by Sangat Unik

Piala FA musim 2011/2012 telah mencapai babak semifinal. Tiket ke babak final tinggal diperebutkan oleh dua klub asal London, Tottenham Hotspurs dan Chelsea.
Liverpool sudah meraih tiket ke babak final setelah menyingkirkan rival sekotanya, Everton dengan skor 2-1. Tottenham Hotspurs dan Chelsea akan berhadapan di stadion keramat Inggris, Wembley, Minggu (15/4/2012).
Sebelum menyaksikan partai hidup mati kedua klub London tersebut, berikut sekilas mengenai sejarah kompetisi tertua di dunia itu.
Kompetisi Piala FA perdana digelar pada musim 1871/1872 dengan hanya 15 tim yang berpartisipasi. Wanderers menjadi klub pertama yang menjuarai kompetisi perdana setelah berhasil mengalahkan Royal Engineers di Kennington Oval. Wanderers yang berisikan pemain-pemain jebolan sekolah negeri dan pemain universitas tersebut berhasil menjadi juara di hadapan 2.000 penonton yang membayar 1 Shilling untuk dapat menonton pertandingan tersebut. Gol pertama yang dicetak di final Piala FA tercatat atas nama Morton Betts.
Tropi Piala FA yang asli ukurannya jauh lebih kecil dibandingkan tropi masa kini. Tropi asli tersebut dibuat oleh perubahan Messrs Martin, Hall & Co. Harga tropi asli Piala FA tersebut hanya 20 Poundsterling. Aston Villa, pada tahun 1895, merupakan klub terakhir yang memegang tropi asli tersebut. Tropi asli lenyap dari jendela markas Aston Villa di Birmingham dan hingga saat ini belum pernah ditemukan lagi.
Pada bulan Januari 1922, Duke of York yang kemudian menjadi Raja George VI, memotong rumput untuk menandai pembukaan stadion Wembley. Waktu itu Wembley dibangun selama 1 tahun dengan biaya mencapai 750.000 Poundsterling.
Pada tahun 1923, Bolton Wanderers dan West Ham United merupakan dua klub pertama yang melakoni babak final Piala FA di Wembley. Babak final perdana tersebut dipadati oleh 200.000 penonton, melebihi kapasitas resmi stadion. Beruntung, pertandingan berjalan lancar karena penonton berperilaku baik dan berkat usaha keras kepolisian dalam mengamankan pertandingan.
Sejak itu, babak final Piala FA selalu diselenggarakan di Wembley setiap tahunnya, kecuali pada masa perang dunia hingga terakhir pada tahun 2000. Sejak tahun 2000, bangunan yang berusia 130 tahun tersebut kemudian dirobohkan untuk kemudian dibangun kembali dengan nama New Wembley.
New Wembley kemudian menggelar partai final perdana pada tahun 2007. Almarhum Sir Bobby Robson yang menghantarkan Ipswich Town menjuarai turnamen itu mengatakan, ”Final Piala FA merupakan pertandingan tunggal terbaik selain final Piala Dunia, dan itu milik kita.” 

source: http://www.tribunnews.com/2012/04/15/asal-mula-piala-fa