Google Peringati Hari Lahir Eadweard J Muybridge

Posted by Sangat Unik


Hari ini Senin, 09 April 2012Google kembali menampilkan logo unik. Kali ini memperingati hari lahir Eadweard J Muybridge yang ke 182 tahun. Terlihat orang menunggangi kuda, jika di-klik pada bagian tengah, gambar tersebut akan bergerak.
Terlahir dengan nama Edward James Muggeridge pada tanggal 09 April 1830 dan meninggal pada tanggal 8 Mei 1904. Dia adalah seorang fotografer Inggris keturunan Belanda yang menghabiskan sebagian besar hidupnya di Amerika Serikat. Tak hanya sebagai fotografer biasa, Muybridge merupakan pelopor sinematografi atau gambar bergerak.
Berawal dari usaha mengabadikan gerak kuda dengan memanfaatkan multi kamera untuk menangkap gerak, Muybridge juga merupakan seorang pencipta zoopraxiscope, perangkat untuk memproyeksikan gambar bergerak sebelum adanya kamera film modern.
Tahun 1872, mantan Gubernur California, Leland Stanford yang juga merupakan pemilik usaha pacuan kuda mempertanyakan apakah keempat kaki kuda diangkat secara bersamaan ketika berlari? Stanford menyebutnya ‘unsupported transit’ dan secara khusus mengundang Muybridge untuk menjawab teka teki tersebut.
Selama proses, Muybridge menggunakan serangkaian kamera besar dengan pelat kaca yang posisinya sebaris, masing-masing pelat kaca tersebut dipicu oleh hentakan saat kaki kuda melewatinya. Foto kaki kuda tersebut kemudian disalin dalam bentuk siluet ke dalam disk dan diamati dengan menggunakan mesin yang disebut Zoopraxiscope. Percobaan inilah yang menjadi cikal bakal tahap peralihan dari gambar diam menuju gambar bergerak atau yang dikenal dengan istilah sinematografi.
source: http://salingsilang.com/baca/google-doodle-peringati-hari-lahir-eadweard-j-muybridge