Lima fakta tentang Friday 13th

Posted by Sangat Unik


Gadgetan – Hari ini, Jumat (13/04/2012) identik dengan Friday the 13th di Amerika. Biasanya hari Jumat tanggal 13 memiliki suatu arti mistis di budaya Amerika dan dianggap hari yang akan mendatangkan kesialan bagi sejumlah orang.
Asal mula hubungan antara kesialan dengan hari Jumat tanggal 13 tidak cukup jelas. Ada yang mengambil teori dari Alkitab umat Kristen bahwa perjamuan makan malam terakhir dari nabi Isa terjadi di Jumat tanggal 13. Di abad pertengahan, hari Jumat dan 13 dianggap membawa nasib buruk dan di zaman modern ini, takhayul masih dipercaya masyarakat.
Lalu apa ya 5 fakta tentang Jumat tanggal 13 ini, Gadgetan akan mencoba merangkumnya untuk Anda:
1. Paraskavedekatriaphobia dan Friggatriskaidekaphobia adalah sebutan untuk orang yang memiliki rasa takut berlebihan terhadap hari jumat tanggal 13. Ada juga sebutan untuk fobia angka 13 yaitu Triskaidekaphobia.
2. Banyak rumah sakit tidak memiliki ruang 13. Beberapa bangunan tinggi juga melewatkan lantai 13 dan beberapa terminal penerbangan menghilangkan gerbang 13.
3. Presiden AS, Franklin D. Roosevelt, tidak akan bepergian pada hari tanggal 13 bulan apapun. Beliau juga tidak akan pernah menjamu makan jika ada 13 tamu. Selain Roosevelt, Napoleon dan Presiden Herbert Hoover juga seorang Triskaidekaphobic, mereka memiliki ketakutan yang abnormal dengan angka 13.
4. Mark Twain pernah menjadi tamu ke-13 di sebuah pesta makan malam. Seorang teman memperingatkan dia untuk tidak pergi, dan kalau itu adalah “nasib buruk”. Twain kemudian mengatakan kepada temannya kalau tuan rumah hanya punya makanan untuk 12 tamu. Pengunjung yang percaya takhayul di Paris dapat menyewa quatorzieme, atau tamu ke-14 untuk menggenapkan hitungan.
5. Angka 13 dianggap angka yang hadir setelah angka 12. Di budaya Eropa dan Amerika, angka 12 dianggap angka yang sudah sempurna seperti 12 bulan dalam setahun, 12 tanda-tanda zodiak, 12 dewa Olympus, 12 pekerja Hercules, 12 suku Israel, 12 rasul nabi Isa, Natal pada bulan ke-12 dan 12 telur dalam satu lusin.
Menarik ya, tampaknya hari ini ada beberapa orang yang fobia Jumat tanggal 13 sedang berdiam diri di rumah dengan ketakutan. Apakah Anda salah satunya? Apakah Anda percaya hal ini ? 

source: http://gadgetan.com/?p=20538