Ternyata Lagu "Iwak Peyek" Hasil Jiplak Lagu Refrein "Take em All" Cock Sparrer

Posted by Sangat Unik

Grup band Punk Rock, Cock Sparrer (foto: Youtube)

“Iwak Peyek” terus menjadi kontroversi. Bukan karena goyangan Trio Macan, tapi melainkan asal usul lagu tersebut. Sekalipun Trio Macan sudah berdamai dengan Arek Band, asal usul lagu tersebut terus jadi perbincangan di dunia maya.

Di sejumlah forum, milis-milis di dunia maya banyak yang menyebut bahwa sebenarnya nada asli “Iwak Peyek” bukanlah ciptaan Trio Macan, Arek Band, dan H Imron.

Dari penelusuran Redaksi Jurnaldunia.com, terungkap bahwa nada “Iwak Peyek” bermula dari refrain lagu grup band Punk Rock legendaris asal Inggris, Cock Sparrer, berjudul “Take ‘em All”. Refrain lagu tersebut sangat mirip dengan lagu “Iwak Peyek” milik Trio Macan dan Arek Band.

Lagu band yang dibentuk di London Timur tahun 1972 itu tidak pernah mendapatkan komersil dari lagu mereka, tapi pengaruh mereka di kalangan band punk rock jalanan cukup kuat. Karena sering dinyanyikan, refrain lagu “Take ‘em All” sering digunakan suporter untuk memberikan semangat tim mereka.

Salah satunya adalah suporter Emerald City, kemudian refrain lagu tersebut juga sering dipakai suporter Olympiakos dan pernah ditayangkan di Youtube pada tahun 2006 lalu. Refrain itu akhirnya sampai ke Indonesia dan dimasukkan lirik “Iwak Peyek” oleh H Imron yang digunakan untuk memberikan semangat kepada suporter Persebaya. Selanjutnya dipopulerkan Trio Macan seperti yang ada sekarang ini.

source: http://www.jurnaldunia.com/2012/04/ternyata-lagu-iwak-peyek-hasil-jiplak.html