Minuman Kurang Sehat di Bulan Puasa

Posted by Sangat Unik

Setelah kita berbuka puasa atau saat kita sahur, bagi yang sudah kecanduan minum kopi, sepertinya untuk langsung minum kopi sungguh nikmat sekali, rasanya manis dan masih hangat. Tapi kita nggak tau bahwa sebenarnya kopi ini bisa mempercepat dehidrasi kita.

Selama kita berpuasa, tubuh membutuhkan banyak cairan, sehingga kita menjadi dehidrasi (kehilangan cairan dalam tubuh). Jika kita berbuka puasa dengan meminum kopi, maka nantinya proses dehidrasi tersebut bisa menjadi lebih parah. Ini dikarenakan dalam kopi mengandung zat yang udah kita kenal, yaitu kafein.
Ternyata saya baru tau bahwa zat kafein ini dapat membuat kita menjadi lebih cepat dehidrasi. Yang saya tau sebelumnya bahwa kafein membuat kita menjadi kurang tidur alias begadang. Padahal waktu kita tidur, tubuh kita sebenarnya lagi melakukan proses detoksifikasi (detoks).
 
Detoksifikasi ini yaitu cara tubuh buat melepas racun dalam tubuh. Sehingga kalo kita terus minum kopi, nanti kita jadi keseringan begadang dan tubuh jarang melakukan detoks, hasilnya adalah racun di dalam tubuh kita terus menumpuk dan membuat kita menjadi kurang sehat.
Jadi, jangan kebanyakan minum kopi ya atau minuman yang mengandung kafein, apalagi di bulan puasa ini. Biasakan saat berbuka dengan minuman yang manis seperti teh dan makanan yang bervitamin. Kita bisa mengambil hikmah di bulan puasa ini sebagai salah satu cara kita untuk menjalani gaya hidup sehat dan dengan menu makan dan minum yang sehat juga.
source: http://inginsekalisehat.wordpress.com/2011/08/02/minuman-kurang-sehat-di-bulan-puasa/